Daerah Memasuki Tahun 2016

Menyemai Harapan, Menerabas Tantangan


Sabtu, 02 Januari 2016 - 01:54:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Menyemai Harapan, Menerabas Tantangan GeĀ­nius Umar

Genius: Pariwisata Primadona

Bagi Kota Pariaman di tahun 2016 ini,   pem­ba­ngunan infrastruktur fisik dan pariwisata, termasuk salah satu pembangunan primadona yang terus di­kembang . Fokus tersebut tidak jauh beda dari tahun sebelumnya, yaitu tahun 2015.

“Pariaman kota yang sedang membangun, oleh sebab itu dukungan semua pihak masih sangat di­pe­rlukan dalam mem­percepat pembangunan tersebut,” kata Wakil Walikota, Ge­nius Umar , menjawab Ha­luan, Jumat malam (31/12).

Pembangunan infra­struk­­tur fisik pada tahun 2015. Lebih dari 160 item di Kota ini, diantaranya dari pra­sarana jalan, jalan ling­kung, juga kembatan, serta irigasi dan sejumlah pem­bangunan sarana fisik lainya untuk menunjang daya tarik wisatawan ke Kota Tabuik ini.

Pembangunan sarpras ter­sebut, tidak hanya di bidang ke PU-an, tetapi hampir di semua instansi teknis mereka membangun untuk kota sesuai program-programnya demi mencapai tingkat kesejahteraan ma­syarakat yang lebih baik.

Pembangunan kita usa­hakan semakin tahun se­makin baik, pemb­angunan pada tahun 2015 sudah ber­jalan cukup baik, bila di­ban­ding tahun 2014. Yang jelas sepanjang tahun telah ter­jadi peningkatan pem­ba­ngunan hampir di semua sektor, sebut Genius Umar.

Salah satu contoh, pem­bangunan infrastruktur ja­lan dua jalur di sepanjang jalan Siti Manggopoh di wilayah Utara. Belum lagi jalan lingkung yang baru di bangun. Cukup sesat akses untuk memperlancar geliat ekonomi tersebut dibangun pemerintah bersama ma­syarakat.

Dari sisi pariwisata, juga ditingkatkan. Hampir di­semua sektor potensi yang ada di kembangkan sesuai peruntukanya. Sebut saja pembangunan sarana wisata di pantai gandoriah, di pan­tai cermin, tujuanya di­ha­rap­kan bisa menjadi mahnit bagi wisatawan ke Kota Pariaman.

Selain itu dari sisi pa­riwisata pembangunan juga ditingkatkan. Di pulau Ang­so di bangun dermaga, be­gitupun di pantai Pariaman.

Fasilitas pariwisata lain­nya seperti taman-tamam di sepanjang pantai pariaman, sudah diperbaiki dari pantai cermin sampai pantai Gan­doriah. Dengan adanya per­baikan dan pembangunan fasilitas publik tersebut, pari­wisata pariaman ber­tambah diminati pelancong.

Seperti Genius Umar, juga pada tahun depan pe­merintah kota Pariaman akan bergerak mem­per­can­tik objek wisata pantai dari muara ke pantai mang­guang.

Daerah kita sudah ramai dan mulai dikenal di dunia luas, tahun ini (2015), su­dah 2,5 juta orang yang datang berkunjung ke Pariaman, berwisata ke sini untuk menikmati indahnya pantai Pariaman, sebut Genius.

Makin ramainya ke­da­tangan pelancong ke sini, ma­syarakat hendaknya ha­rus memanfaatkan kon­disi ini dengan membangun Usa­ha Kecil dan Menengah, mi­sal kuliner dan ce­dera­mata yang khas daerah ini.

Penataan akan d­i­la­ku­kan kembali, sehingga me­nam­pilkan daya tarik yang terus menerus membaik dari waktu ke waktu, yang akhirnya menjadi daerah tujuan wisata utama dari berbagai daerah juga bela­han dunia internasional.

Pembangunan pari­wi­sata di Kota Pariaman ham­pir didukung semua sektor lintas sektoral, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Di­nas Kelautan Perikanan Kota Pariaman dengan nilai investasi selama tahun 2015 lebih kurang Rp25 Milyar dan sebagian dana itu ada yang dari pusat.

Dan untuk pem­ba­ngu­nan dermaga di Pulau dan di muaro ini, sekitar Rp 8 Milyar, dana itu berasal dari bantuan pusat.

Menurut Genius, Pari­a­man memang membuat pe­rubahan yang begitu cepat disisi birokrasi telah ber­kerja dengan cepat tetapi ka­lah cepat dengan per­tum­buhan pasar, dan tahun 2016 kita akan kejar ber­bagai ketinggalan tersebut.

Semetara kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pa­riaman, Asrizal, secara ter­pisah mengatakan, selama tahun 2015 lebih 160 item pekerjaan pembangunan infrastruktur fisik yang su­dah dilakukan di Kota pa­riaman, sebut saja, jalan lingkungan dan jembatan, pelebaran jalur dua di jalan Siti manggopoh wilayah pariaman Utara.

Pembangunan infra­struk­­­tur tersebut telah mem­bantu meningkatkan arus mobilitas dari luar daerah ke kota pariaman dan se­ba­liknya. Dampak yang ditim­bulkan adalah percepatan geliat pembangunan di dae­rah ini.

Sementara salah se­orang warga masyarakat pariaman, linda melihat pembangunan yang dilaksanakan pe­merin­tah cukup bagus, di tahun 2015, secara kasat mata bisa dilihat, di bidang in­fras­truktur, banyak jalan yang sudah di bangun dan dile­barkan.

Namun dia berharap tahun 2016 ini seiring pesat pembangunan yang bakal di­laksanakan teruslah be­rim­bas kepada geliat eko­nomi masyarakat menuju tingkat yang lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya. **

 

Laporan :
TRISNALDI, OSNIWATI DAN  RUDI GATOT



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM