MAN 2 Bukittinggi

Tiada Hari Tanpa Inovasi Berbuah Prestasi


Sabtu, 02 Januari 2016 - 01:49:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tiada Hari Tanpa Inovasi Berbuah Prestasi Kepala MAN 2 Bukit­tinggi Dra. Roslindawati, RS, S.Pd

Betapa ti­dak, jalan da­ri pintu masuk yang dulunya ber­lubang –lubang dan tidak rata hingga pusat lingkungan, kini be­rubah rata, rapi dan bersih hingga nyaman dilalui ken­daraan maupun pejalan kaki.

Rumput-rumput liar yang hampir memenuhi la­han kosong bahkan dija­dikan tempat pembuangan sampah sebelumnya, kini berubah menjadi taman-taman bunga dilengkapi gazebo nan penuh pesona.

Lebih menarik lagi, la­bor sains berupa miniatur mini penuh sentuhan artistic yang disebut satu-satunya labor unik  sangat mempe­sona, yang belum dimiliki sekolah yang sama di Suma­tera Barat. Demikian juga sejumlah bangunan ruangan belajar, kantor , perpus­takaan, labor, musholla, asrama siswa, kantin dan bangunan lainnya yang reot-reot segera direnovasi serta dilengkapi berbagai perala­tan yang sesuai kebutuhan.

Kepala MAN 2 Bukit­tinggi Dra. Roslindawati, RS, S.Pd yang dipercaya menakodai sekolah ini sejak Maret 2013 lalu mengung­kapkan, ketika mengawali tugas disekolah ini untuk melakukan perubahan ia mengajak warga sekolah dengan prinsip “Tiada Hari Tanpa Inovasi” untuk me­ciptakan suasana baru, baik membenahi lingkungan, sarana dan prasarana ad­minitrasi sekolah serta pro­gram-program unggulan bidang akademik maupun akademik.

Berkat tangan di­ngin­nya, diawal tugas, sekolah yang dipimpinnya berhasil  menduduki posisi pertama diatas kota Padang Panjang dan RRI Bukitttinggi seba­gai satker yang menyam­pai­kan LPJ Bendahara paling cepat, tepat dan akurat pada Tahun Anggaran 2013 (Po­sisi rekon s/d bulan No­pember 2013) . Terpilih sebagai juara pertama seko­lah sehat tingkat propinsi sumatera Barat 2014, Akre­ditasi sekolah naik B ke A 2014 serta meraih peng­hargaan sekolah Adiwiyata Nasional 2015.

Keberhasilan meraih sekolah Adiwiyata Nasional 2015, pemerintah kota Bu­kit­tinggi mengapresiasi de­ngan memberi penghargaan berupa piagam penghargaan dana sebesar Rp6.5 juta. “Sekaligus persembahkan MAN 2 bagi kota Bukit­tinggi dalam memperingati  HJK ke-231,” ungkap Ros­lin­dawati

Seiring pembenahan pi­sik sekolah dibantu empat wakil kepala sekolah yakni wakil bidang Kurikulum Deswita, SP, bidang kesis­waan Asmudin, S.Pd, S.Ag, bidang sarana dan prasarana Drs. Jon Mawardi , bidang Humas keagamaan Can­dra,S.Pdi serta kepala TU Syafruddin, bersama selu­ruh guru terus berinovasi men­ciptakan program unggulan.

Dibidang akdemik, pem­­binaan oliempiade kepa­da siswa yang baru masuk lang­sung dilakukan klasifikasi olimpiade apa yang akan diikuti, baik ekonomi, fisika, kimia, matematika ataupun biologi. Kegiatan ini didu­kung sejumlah guru ber­kualifikasi S2 lulusan ITB dan UI diantaranya  Murni Dian, S.Pd.MFis, Hj. Kur­niati, S.Pd,MKim, dan Firda Roza, S.Si yang tanpa lelah melatih dan  mendidik siswanya.

Bagi siswa yang berhasil meraih gelar prestasi baik  iven ditingkat kota, propinsi apalagi nasional, pihak seko­lah memberikan reward termasuk kepada guru pem­bimbing. Berikutnya  yakni program  English Clinic. Dibawah binaan Mister Arian­to dan kawan-kawan, siswa   dilatih percakapan dengan mendatangkan turis asing kesekolah. Siswa pro­gram english clinik yang sudah diberi PIN wajib melakukan percakapan meng­gunakan bahasa Ing­gris baik dilingkungan mau­pun luar sekolah, pidato dan drama Bahasa Inggris.

Program unggulan beri­kut­nya yang tak kalah lanjut­nya, yakni Darul Arabi. Sama halnya dengan English clinic, Siswa dilengkapi PIN harus  menggunakan baha­sa arab dalam percakapan.  Khusus dalam program Da­rul Arabi, disamping Pem­bina yang ada, pihak  seko­lah akan mendatangkan syekh dari Arab, minimal dua kali sebulan.

Selanjutnya  program Tahfis Al Qur’an yang di­lak­sanakan pada mata pelajaran Mulok (Muatan LO­okal) dengan target seto­ran hafalan AlQur’an kepa­da guru pembimbing khsu­sus. Setiap akhir semester diadakan ujian tahfis hingga 10 juz, dan kepada peserta yang lulus diberikan sertifikat.

 Inovasi lainnya Untuk meningkatkan kualitas pen­didikan, pihak sekolah  meng­­gelar kegiatan pela­tihan cara cepat menghafal Al Qur’an, training Motivasi Siswa bertajuk “Mem­ban­gun Mental dan Spiritual Menghadapi Tantangan Glo­bal” dan Training Moti­vasi Guru dan pegawai  ber­ta­juk “Implementasi Lima Nilai Budaya Kerja Dalam Membangun Kinerja”.

Training motivasi belajar ini siswa dilatih  bagaimana cara menyeimbangkan otak kiri dan kanan. Sebab sela­ma ini, dalam belajar yang lebih aktif adalah otak kiri karena lebih banyak dengan materi bersifat hafalan, se­mentara kerja otak kanan kurang terlatih.

Prinsip kerja otak paling suka dengan tantangan dan perubahan, tidak terduga, spontan dan berubah-ubah berbeda dengan prinsip kerja otak kiri yang lebih terukur dan terencana, lebih mate­matis lebih detail. Sing­kat­nya, otak kiri lebih suka melakukan hal-hal yang sa­ma dengan cara yang sama, hal ini tentunya sa­ngat ber­ten­tangan dengan otak kanan yang sangat suka dengan perubahan dan tantangan.

Buah dari inovasi  MAN 2 berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Dia­taranya juara pertama  lom­ba KSM (Kompetisi Sains Madrasah) bidang ekonomi tingkat kota Bukittinggi dan provinsi Sumatera Barat serta  juara III tingkat nasio­nal atas nama Adek Saputri (siswa kelas XII IPS).

Lomba Hadist tingkat Sumatera Barat yang digelar di MAN 2 Padang, MAN 2 Bukittinggi berhasil keluar sebagai juara pertama atas nama Fadila Syahada(siswa kelas XII Keagamaan). Jua­ra Tulis dan baca puisi ting­kat Sumatera Barat berhasil meraih  juara II atas Fadi­latul Khaira (siswa kelas XII IPA).

Sementara lomba Aksi­oma Pidato Bahasa Inggris berhasil meraih   juara II tingkat kota Bukittinggi Putri atas nama Nova Aulia dan Juara II putra atas na­ma Syukri Afdal serta Juara III putra atas nama Rahmad syah Arif.

Berikutnya,  dengan me­manfaatkan kipas angin bekas, baterai bekas  serta barang-barang bekas lain­nya dibawah binaaan  Drs. Jon Mawardi dan Eva Za­riani, S.Pd. , dua pelajar yakni Aulia Risman Naim dan Indah Permata Sari siswa kelas XII IPA 1 ber­hasil menemukan energi listrik bertenaga angin dan berhasil mewakili kota Bu­kit­tinggi ketingkat Provinsi Sumatera Barat dengan Ju­dul Karya” Siswa MAN 2 Bukittinggi Berhasil Mene­mukan Energy Listrik” pada lomba KIR (Karya Ilmiah Remaja) 2014 yang digelar kementerian Agama be­kerja­sama dengan Lembaga Ilmu Pengetuan Indonesia (LIPI).

Pada Ujian Nasional (UN) 2015 keluarga besar MAN 2 kembali berbesar hati, karena berhasil meraih nilai  tertinggi tingkat Ma­drasah Aliyah (MA)  se- Sumatera Barat atas nama Adri Yasper. Atas keber­hasilan itu siswa yang kini jadi mahasiswa Fakultas Teknik Unand  mendapat apresiasi dari pemerintah kota Bukittinggi dengan menganugerahinya  re­ward  berupa piagam peng­hargaan serta uang sebesar Rp1,5 juta.

Berbagai keberhasilan itu kata Roslinda tak mung­kin diraih tanpa adanya dukungan luar biasa baik keluarga besar sekolah yang dipimpinnya, kementerian agama, pemerintah kota, masyarakat  maupun dari pihak keluarganya sendiri.

Berkat dukungan luar biasa, semua yang dilak­sanakan sebagaimana hara­pan kementerian agama de­ngan motto Madrasah Lebih Baik, Lebih Madarasah su­dah sangat terasa. Minat masya­rakat untuk menye­kolahkan anaknya ke MAN 2 terus mengalami peningkatan.

“Disamping masyarakat merasa bangga, anak-anak yang bersekolah juga merasa bangga, nyaman dan aman menjalani pendidikan di­ling­kungan yang asri , bersih, sehat dan  kondusif.  ***



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM