Kasus Terompet Sampul Alquran

Polisi Periksa 25 Saksi


Kamis, 31 Desember 2015 - 04:21:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Polisi menurut Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Liliek Darmanto, sudah memeriksa 25 saksi. Ke-25 saksi yang diperiksa ini merupakan produsen, penjual serta Alfamart. Dari pemeriksaan terungkap tidak ada unsur kesengajaan dalam kasus terompet berbahan sampul Alquran ini.

Polda Jateng juga juga sudah bertemu dan menyampaikan kepada sejumlah ormas Islam guna menyikapi terompet berbahan sampul Alquran yang sempat disesalkan oleh sebagian umat Islam ini. Pembuatnya hanya memproduksi terompet yang merupakan pernik tahun baru dari limbah percetakan yang ternyata bahan tersebut berupa limbah sampul Alquran yang tak digunakan.

“Semoga penjelasan dari persoalan ini dapat dipahami semua pihak dan tidak ada dampak negatif bagi masyarakat di Jawa Tengah,” ucap Liliek di Semarang, Rabu (30/12). Sebelumnya polisi memastikan sudah menarik seluruh terompet berbahan sampul alquran. “Baik terompet yang sudah jadi dan limbah percetakan seberat 2,3 ton berupa sampul Al Quran yang belum digunakan sudah disita dari berbagai wilayah di Jawa Tengah,” kata Liliek.

Juga Ditemukan di Bogor

Terompet berbahan kertas ayat Alquran juga ditemukan anggota TNI di Babakan Pasar, Bogor Tengah, Bogor. Sebanyak 47 terompet disita dan dibawa ke Markas Koramil Bogor Tengah. Setelah diperiksa, dalam terompet itu ditemukan teks lagu rohani Kristen serta ayat Alquran berukuran kecil. “Barang bukti diamankan di koramil dengan pedagangnya, supaya tidak terjadi hal yang diinginkan,” ujar Danramil Bogor Tengah Kapten Inf Tb. Eka Purnama, Rabu (30/12/2015). Dalam melancarkan razia terompet, pihaknya mengerahkan sejumlah intel sebagai pembeli di beberapa pasar di Kota Bogor. “Perintahkan babinsa ke lapangan dengan cara membeli. Akhirnya terbukti ada bacaan shalat jum’at dan bacaan doa,” katanya. (h/rol)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:16:10 WIB

    2016, Polisi Terbanyak Lakukan Kekerasan Pers

    JAKARTA, HALUAN — Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers mencatat, kekerasan terhadap profesi wartawan sepanjang 2016 meningkat. Hal itu terungkap dengan melakukan advokasi litigasi dan nonlitigasi serta pantauan perkembangan per.
  • Selasa, 27 Desember 2016 - 00:45:38 WIB
    DIDUGA MENISTAKAN AGAMA

    Imam Besar FPI Dilaporkan ke Polisi

    Imam Besar FPI Dilaporkan ke Polisi JAKARTA, HALUAN — Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) melaporkan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ke Polda Metro Jaya, Senin (26/12). PMKRI menilai Rizieq telah menistakan agama, lewat.
  • Selasa, 29 November 2016 - 14:00:00 WIB

    Sempat Tertunda, Rombongan Aksi 2 Desember dari Padang Dikawal Polisi

    Sempat Tertunda, Rombongan Aksi 2 Desember dari Padang Dikawal Polisi PADANG, HALUAN—Massa peserta aksi demo 212 atau demo 2 Desember dari Kota Padang mulai berangkat pada Selasa (29/11) pukul 10.00 WIB. Meski tertunda dari seharusnya berangkat pada malam hari, namun kerangkatan berjalan sesu.
  • Selasa, 18 Oktober 2016 - 02:11:19 WIB

    101 Polisi Ditangkap Pungli

    JAKARTA, HALUAN — Polri terus melakukan bersih-bersih institusi­nya dari praktik pungutan liar (pungli). Dalam 2 minggu terakhir, sedikitnya ada 101 personel yang ditangkap dari 81 kasus berbeda..
  • Kamis, 08 September 2016 - 02:03:21 WIB

    MK Tolak Permohonan Uji Materi UU Kepolisian

    MK Tolak Permohonan Uji Materi UU Kepolisian JAKARTA, HALUAN — Mahkamah Kons­titusi menolak permohonan uji materi UU Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan UU Kepo­lisian yang dimohonkan oleh seorang ibu rumah tangga, Sri Royani. “Menyatakan menolak permohonan Pemohon unt.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM