El Nino Terkuat 2016

Dunia Terancam Kelaparan


Kamis, 31 Desember 2015 - 04:20:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi

BBC.co.uk melaporkan, kekurangan pangan akan terjadi di Afrika dengan puncaknya pada Februari 2016. Wilayah lain yang berpotensi menderita ada­lah Karibia, serta Amerika Tengah dan Selatan.

Keempat wilayah itu di­perkirakan akan menderita dalam enam bulan ke depan, terhitung sejak pesta per­gantian tahun.

El Nino adalah feno­mena cuaca yang secara pe­riodik memperburuk ke­keringan. El Nino men­jadikan 2015 sebagai tahun ter­panas dalam sejarah dunia.

“Di banyak negara tro­pis, kami melihat penu­runan curah hujan yang cu­kup besar, antara 20 sampai 30 persen,” ujar Dr Nick Klingaman dari University of Reading.

“Indonesia telah me­ngalami kekeringan buru, monsun India sekitar 15 persen di bawah normal. Hal sama juga terjadi di Brasil dan Australia,” lan­jut­nya. Klingaman mem­per­ki­ra­kan 31 juta orang di se­kujur Afrika terancam kela­paran. Inilah yang meng­khawatirkan badan-badan pemberi bantuan.

Rincinya, sepertiga pen­duduk Ethiopia, atau sekitar 10,2 juta orang, mem­bu­tuh­kan bantuan ke­manusiaan sepanjang 2016.

Inggris telah me­ngan­tisipasi situasi ini, dengan mempersiapkan pemberian bantuan bagi 2,6 juta orang, dan 120 ribu anak kurang gizi. Di Malawi, sekitar tiga juta orang akan mem­bu­tuh­kan makanan.

“Jika kita gagal ber­tindak sejak saat ini, kita akan gagal membantu orang yang ren­tan kelaparan,” kata Nick Hurd, Menteri Pem­ba­ngu­nan Internasional Ing­­gris, dalam per­nya­taan­nya.

Badan-badan in­ter­na­sio­nal lainnya, seperti Oxfam, khawatir El Nino sepanjang 2016 akan memperburuk situasi di Suriah, Sudan Selatan, dan Yaman.

Di Amerika Tengah, hujan yang tidak menentu akan berdampak buruk bagi dua jura orang di Gua­temala, Honduras, El Sal­vad­or, dan Nikaragua. Ban­jir diperkirakan akan terjadi di sekujur wilayah ini.

“Jutaan orang di Ethio­pia, Haiti, dan Papua Nu­gini, telah merasakan dam­pak kekeringan dan panen gagal,” ujar Jace Cocking, dari Oxfam.

Secara historis, masih menurut Cocking, harga pa­ngan akan naik sekitar lima sampai sepuluh persen. Tana­man kopi, beras, dan kakao, yang dipastikan akan naik.

Lebih buruk lagi, akhir dari El Nino akan diikuti La Nina — fenomena cuaca yang berlawanan. Fenomena ini kali terakhir ter­jadi tahun 1997-1998. Arus Pasifik yang panas tiba-tiba men­dingin. Pola cuaca berubah, dengan hujan di banyak wi­layah dunia.

La Nina akan mengirim banjir tak terperi di sejumlah wilayah yang baru saja sem­buh dari kekeringan. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 Juli 2018 - 16:06:39 WIB

    Prancis vs Kroasia Malam Ini, Siapa Juara Piala Dunia 2018?

    Prancis vs Kroasia Malam Ini, Siapa Juara  Piala Dunia 2018? MOSKOW,HARIANHALUAN.COM- Laga Prancis vs Kroasia pada  final Piala Dunia 2018, Minggu (15/7) jam 10 malam WIB,  merupakan pertandingan puncak yang bakal  berlangsung seru..
  • Jumat, 13 Juli 2018 - 11:15:19 WIB

    Kroasia Ciptakan Sejarah Baru di  Piala Dunia

    Kroasia Ciptakan Sejarah Baru di  Piala Dunia MOSKOW, HARIANHALUAN.COM- Kroasia lolos ke final Piala Dunia 2018 setelah mendepak Inggris di semifinal. Kemenangan ini menjadi sejarah baru untuk sepakbola Kroasia. Kroasia selanjutnya akan berhadapan dengan Prancis di laga .
  • Ahad, 01 Juli 2018 - 07:49:48 WIB

    Dua Gol Cavani Usir Ronaldo dari Piala Dunia 2018  

    Dua Gol  Cavani Usir Ronaldo dari Piala Dunia 2018   SOCHI,HARIANHALUAN.COM -- Timnas Uruguay sukses mengusir Portugal dari Rusia setelah menang 2-1 dalam laga 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht, Sochi,  Minggu (1/7) dini hari tadi..
  • Selasa, 26 Juni 2018 - 13:27:22 WIB

    Anak Asal Indonesia Ini Jadi Pendamping Pesepak Bola di Piala Dunia Rusia

    Anak Asal Indonesia Ini Jadi Pendamping Pesepak Bola di Piala Dunia Rusia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM--Sebagai official restaurant dari 2018 FIFA World Cup Russia, McDonald’s telah mengadakan program eksklusif “Aku Duta Cilik Piala Dunia 2018” untuk mencari 2 anak Indonesia. Pencarian tersebut .
  • Sabtu, 23 Juni 2018 - 23:21:01 WIB

    Dihajar Belgia 5-2,  Tunisia  Terlempar dari Piala Dunia

    Dihajar Belgia 5-2,  Tunisia  Terlempar dari Piala Dunia MOSKWA,HARIANHALUAN.COM-Menang telak 5-2 atas Tunisia pada laga Grup G di Stadion Spartak, Sabtu malam (23/6/),   Timnas Belgia memperbesar  peluang melaju ke babak 16 besar  Piala Dunia 2018. Sebaliknya, kekalahan telak .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM