Tahun 2016 di Sawahlunto

Produksi Ikan Ditargetkan 200 Ribu Ton


Kamis, 31 Desember 2015 - 03:59:21 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Hal ini sekaligus me­nutupi kekurangan produksi di tahun sebelumnya.

“Dari data yang di­him­pun tahun 2015, kita hanya mampu mencapai produksi ikan perairan darat se­ba­nyak 165 ribu ton, dari target semula sebanyak 170 ribu ton pertahunnya,” kata Kadis Pertahut Sawahlunto Hilmet.

Dari total data yang di­himpun itu sebutnya, ber­asal dari kolam milik ma­syarakat jenis air tenang dan kolam terpal, yang me­ru­pakan kelompok binaan dari pihaknya, dengan ban­tuan pengadaan bibit gratis hasil produksi Balai Benih Ikan (BBI) Muarokalaban, dengan total sebanyak 240 ribu ekor ikan berbagai jenis diantaranya, Nila, Pa­tin, Lele, Mas Rayo dan Gurame.

Ia menambahkan, untuk mengejar jumlah target itu pihaknya menerapkan ber­bagai macam strategi dian­taranya menambah kelom­pok binaan dan memacu produksi benih pada BBI, hingga mencapai 300 ribu ekor benih ikan berbagai macam jenis.Selain itu lan­jutnya, pada binaan unit pembenihan rakyat (UPR), juga akan ditingkatkan men­jadi 150 ribu ekor benih untuk jenis Mas Rayo dan 600 benih ikan lele.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Heri Sut­risno, tidak tercapainya target tahun 2015, dia­kibat­kan beberapa faktor salah satunya akibat kemarau panjang dan juga dise­babkan adanya kolam ikan milik kelompok masyarakat yang dalam masa perbaikan oleh pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui dana alokasi khusus (DAK) SILP­A tahun 2014 dan DAk 2015.

“Ada tiga kolam milik kelompok masyarakat yang diperbaiki melalui DAK SILPA 2014, dan dua ke­lom­pok mengunakan DAK tahun 2015,” sebutnya.

Ia berharap, upaya yang dilakukan pihaknya, akan dapat menyangga ke­bu­tu­han konsumsi ikan masya­rakat kedepannya, yang juga mampu menumbuhkan eko­nomi warga dari sektor budidaya ikan perairan da­rat. (h/mg-rki)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Oktober 2018 - 15:11:44 WIB

    Terkendala Bahan Baku, Rendang Jamur BUMDes di Sawahlunto Tetap Produksi

    Terkendala Bahan Baku, Rendang Jamur BUMDes di Sawahlunto Tetap Produksi SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Meski harus berburu bahan baku ke daerah tetangga, usaha rendang jamur tiram Desa Kolok Nan Tuo Sawahlunto terus tumbuh..
  • Kamis, 09 November 2017 - 21:46:50 WIB

    Perdana, PT Petrokimia Gresik Salurkan Pupuk ke Mentawai, Produksi Keltan Diharapkan Meningkat

    Perdana, PT Petrokimia Gresik Salurkan Pupuk ke Mentawai, Produksi Keltan Diharapkan Meningkat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Akhirnya, pupuk bersubsidi dapat dimanfaatkan bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai. Nantinya, pupuk ini dapat dimanfaatkan bagi para kelompok tani (Keltan) guna meningkatkan hasil produk.
  • Rabu, 20 September 2017 - 15:25:34 WIB

    Produksi Padi 17 Daerah Tidak Naik

    Produksi Padi 17 Daerah Tidak Naik PADANG, HARIANHALUAN.COM – Berdasarkan evaluasi produksi pada 2015 dan 2016, hanya lima daerah di Sumbar yang produksi padinya meningkat di atas lima persen. Lima daerah itu adalah Agam dengan produksi 13,93 persen, Kota So.
  • Kamis, 16 Maret 2017 - 12:29:03 WIB

    Produksi Buah-buahan di Agam Meningkat

    AGAM, HALUAN -- Produksi buah-buahan masyarakat Agam meningkat, terutama buah-buahan yang dikembangkan melalui program Agam Menyemai seperti pepaya, mangga jambu biji dan lainya..
  • Senin, 22 Agustus 2016 - 03:06:57 WIB
    PASOKAN BAWANG KURANG, HARGA TINGGI

    Bawang Produksi Sumbar Dijual ke Luar

    Bawang Produksi Sumbar Dijual ke Luar PADANG, HALUAN — Harga bawang merah di pasaran sebesar Rp26 ribu per kilogram (kg). Menurut Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumbar, harga tersebut masih di atas normal..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM