BP Batam Dibubarkan Januari 2016


Kamis, 31 Desember 2015 - 02:54:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Target kami BP Batam dihapus pada Januari 2016. Kami sudah melakukan kajian bersama menteri terkait,” katanya saat pidato pelantikan Nuryanto seba­gai Penjabat Gubernur Ke­pulauan Riau di Gedung Daerah Tanjung­pinang, Ra­bu.

BP Batam sebelumnya bernama Otorita Batam, yang dibentuk berdasarkan Kepu­tusan Presiden Nomor 41/1973 tentang Daerah Industri Pulau Batam. BP Batam di­ben­tuk ber­dasar­kan Pera­turan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2000 tentang Kawasan Per­dagangan Bebas dan Pe­labuhan Bebas.

Tjahjo mengatakan, pem­bubaran BP Batam ka­rena berbagai permasalahan yang muncul selama ini, terutama terkait tumpang tindih kewenangan antara BP Batam dengan Peme­rintah Kota (Pemkot) Ba­tam yang dapat meng­ham­bat investasi.

“Memperhatikan per­masalahan yang terjadi sela­ma ini, BP Batam harus dibubarkan. Tumpang tin­dih kewenangan antara BP Batam dengan pemkot meng­hambat pembangunan dan investasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pem­bubaran BP Batam akan di­lak­sanakan cepat, namun tidak menunggu undang-undang diubah, karena wak­tu yang dibutuhkan untuk me­ngu­bah ketentuan itu cukup lama. “Revisi peraturan ten­tang BP Batam tetap dilak­sanakan, tetapi kami akan fokus membuat peraturan baru sebagai payung hu­kum,” ujarnya.

Pemerintah pusat beren­cana menetapkan Batam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), seperti dela­pan daerah lainnya di In­donesia. Kewenangan yang diberikan dalam penge­lola­an kawasan itu terbatas, seperti sebagai penggerak perekonomian di Batam.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) diharapkan mampu mengawasi aktivitas perekonomian di Batam agar semakin berkembang.

“Kalau Kawasan Eko­nomi Khusus ini selesai dibentuk, kewenangan ber­ada di tangan gubernur. Investasi tidak hanya dila­ku­kan swasta, melainkan juga dibebankan pada pemerintah,” katanya. (hr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Mei 2017 - 01:43:06 WIB

    BP Batam Permudah Impor Mesin

    BATAM, HALUAN - Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam bersama Kantor Bea Cukai mempermudah investor dengan tidak memeriksa bahan bahan baku, dan mesin yang diimpor untuk keperluan industri..
  • Selasa, 07 Juni 2016 - 02:24:25 WIB

    BP Batam Hibahkan Aset ke Pemko Batam

    BATAM, HALUAN — Ber­dasarkan laporan dan reko­men­dasi tim teknis Dewan Kawasan (DK) Batam, dalam rapat pem­bahasan DK pe­rihal penyelesaian aset, maka dipu­tuskanlah be­berapa aset lahan yang semula dimiliki BP Bata.
  • Senin, 30 Mei 2016 - 05:47:58 WIB
    Belum Jalankan Program

    BP Batam Tunggu Audit BPKP

    BATAM, HALUAN — Untuk men­ja­lankan sejumlah program terkait ke­bijakan atas lahan di Batam, Badan Pe­ngusahaan (BP) Batam masih menunggu hasil audit dari Badan Pe­ngawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)..
  • Rabu, 27 April 2016 - 02:39:19 WIB

    BPT-PM Luncurkan Mobil Pelayanan Keliling

    PEKANBARU, HALUAN — Badan Pelaya­nan Terpadu dan Penanaman Modal (BPT-PM) Kota Pekanbaru, melaunching pengo­perasian mobil pelayanan keliling kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Senin (25/4/), di Jalan Ahmad Yani, Pek.
  • Sabtu, 23 April 2016 - 03:56:48 WIB
    Januari Hingga April

    BPSK Terima 56 Pengaduan

    PEKANBARU, HALUAN—Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Pekanbaru, terhitung sejak Januari hingga bulan April 2016 menerima sebanyak 56 pengaduan konsumen. Angka pengaduan tersebut didominasi terkait kasus dengan piha.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM