Cacingan Turunkan Kemampuan Belajar Anak


Kamis, 31 Desember 2015 - 02:53:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Cacingan Turunkan Kemampuan Belajar Anak

Menurut dr. Reza Adit­ya Digambiro, M.kes, M.­Ked(PA), Sp.PA, pengajar Fakultas Kedokteran Uni­versitas Trisakti dan Kepala Pap Smear Center RS Ib­nusina Grogol, Jakarta Ba­rat, angka kecacingan yang tinggi ini diikuti per­ma­salahan kurang gizi serta anemia defisiensi zat besi (iron-deficiency anemia). Berdasarkan riset-riset yang telah dilakukan se­be­lum­nya, anemia defisiensi besi berkaitan erat de­ngan tergang­gu­nya fungsi be­lajar (kog­nitif). Mes­kipun hu­bungan lain­nya, antara in­feksi cacing de­ngan ke­mam­puan belajar anak telah lama diketahui, na­mun belum je­las apakah fungsi belajar anak menurun diakibatkan oleh infeksi cacing atau akibat ren­dah­nya status sosio ekonomi keluarganya.

Infeksi cacing tidak se­lalu hanya terdiri dari satu jenis cacing saja, sebagai contoh infeksi ascaris lum­bricoides.

Seringkali dijum­pai in­feksi campuran (mi­xed) antara Ascaris lum­bricoides dengan cacing jenis Tri­chiuris trichiura.

Infeksi cacing ke­ba­nyakan terjadi pada daerah kumuh, dengan kondisi sanitasi yang buruk. Ke­biasaan buang air besar (BAB) di sungai atau saluran irigasi juga sa­ngat berpengaruh ter­hadap tingginya angka kesakitan akibat infeksi cacing ini.

Pada umumnya sungai yang tercemar di daerah dengan angka kejadian cacingan yang tinggi, pe­nuh dengan sam­pah dan kotoran ma­nu­sia. Pada keluarga yang telah di­berikan pemahaman me­ngenai pentingnya sa­nitasi dan kebersihan ling­kungan, biasanya selalu meng­gu­nakan air minum kemasan dalam memasak sehari-hari.

Hal ini mem­bantu pen­cega­han dan pe­nularan ke­ca­cingan pada anak-anak­nya.

Secara teori, Mo­ham­mod dalam presentasinya di Pertemuan Ahli Para­sitologi di Tokyo me­nya­takan bahwa cacing dalam usus dapat menghambat penyerapan nutrisi sehingga menyebabkan anak-anak menjadi kurang gizi serta dapat menganggu fungsi usus, sehingga secara tidak langsung menyebabkan tu­runnya kemampuan kog­nitif (belajar) pada anak-anak.

Pada anak-anak yang diperiksa dan dijumpai te­lur cacing pada tinjanya, sebaiknya segera diobati di fasilitas kesehatan terdekat untuk mencegah ke­ku­ra­ngan gizinya.

Obat yang dapat dibe­rikan di anta­ranya adalah Mebendazole dan Pyrantel Pamoate, serta yang lebih penting adalah pemberian edukasi ke­se­hatan dan ke­utamaan men­jaga keber­sihan diri serta ling­ku­ngannya. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 31 Desember 2015 - 02:52:29 WIB

    Gejala Cacingan Pada Anak

    Penyakit cacingan sering dianggap sebagai penyakit yang sepele oleh sebagian besar kalangan masyarakat. Padahal penyakit ini bisa menurunkan tingkat keĀ­sehatan anak..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM