Kelompok Bersenjata di Aceh Menyerah


Rabu, 30 Desember 2015 - 02:37:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kelompok Bersenjata di Aceh Menyerah KEPALA BIN Sutiyoso saat jumpa pers di Lhokseumawe.

“Proses bicara dengan Din Minimi sudah dimulai dua bulan terakhir,” kata Sutiyoso, dalam jumpa pers dengan sejumlah wartawan di Hotel Lido Graha Lhokseumawe, Selasa (29/12/2015).

“Saya sudah laporkan ke Presiden Jokowi (Joko Widodo), Wapres Pak JK (Jusuf Kalla), Menko Polhukam (Luhut Pandjaitan) dan Menkumham RI (Yasonna Laoly), “ ucapnya. 

Kepala BIN berada di Aceh sejak kemarin dan memutuskan menjemput langsung Din Minimi pada Senin (28/12/2015) malam. Bahkan, Sutiyoso sempat berfoto bersama seluruh anggota kelompok bersenjata itu. Pendekatan yang dilakukan BIN ini akhirnya membuat kelompok Din Minimi memutuskan turun gunung dan menyerahkan seluruh senjata yang mereka miliki.

Sutiyoso meluruskan kabar yang sebelumnya beredar bahwa hanya 11 anggota Din Minimi yang menyerah.

“Totalnya 120 orang yang turun gunung dan saya sudah bicara dengan mereka. Bahkan semalam saya menginap di rumah Din Minimi,” tutur Sutiyoso.

Dia menyebutkan, puluhan senjata, amunisi, magasin, dan granat milik Din Minimi telah diserahkan. Seluruh senjata itu akan dibawa ke kantor BIN di Jakarta.

“Arahan Presiden jelas, selesaikan persoalan Din Minimi dengan pendekatan yang lembut. Hasilnya, Anda lihat sendiri bahwa Din mau turun gunung,” ucap Sutiyoso. (h/kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:20:01 WIB

    Relawan Wanita Bakal Jemput Kelompok Santoso

    JAKARTA, HALUAN — Tim Evaluasi Penanganan Terorisme atau Tim 13 terus berupaya menjemput 16 orang kelompok Santoso yang masih ber­sem­bunyi di hutan Poso, Sulawesi Tengah. Tim yang bekerja sama dengan Medical Emergency Re.
  • Senin, 18 Januari 2016 - 04:50:01 WIB
    Terduga Jaringan Bahrun Naim

    Polisi Tangkap 12 Kelompok Radikal Lama

    JAKARTA, HALUAN — Pasca peristiwa pe­ngeboman di Thamrin, Jakarta, Kamis (14/1) lalu, Polri melakukan pengembangan de­ngan menangkap 12 orang yang diduga terkait dengan Bahrun Naim. .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM