Omset Pedagang Terompet Musiman Turun


Rabu, 30 Desember 2015 - 02:04:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Menjual terompet me­ru­pakan salahsatu pilihan bagi sebagian masyarakat untuk meraup rupiah menjelang pergantian tahun. Sebagian masyarakat beralih profesi sementara menjadi penjual terompet, karena bisnis se­kali dalam setahun ini dian­g­gap cukup meng­giurkan.

Salah seorang pedagang terompet yang ada di Kota Padang, Fatma (38) menga­takan, “Sebenarnya saya berjualan terompet ini ha­nya sekali dalam setahun menjelang pergantian ta­hun. Pada hari-hari biasanya saya berjualan baju di ka­wa­san Pasar Raya Padang. Namun karena terompet merupakan salah satu atri­but dalam menyambut per­gan­tian tahun, maka untuk saat ini saya memilih untuk menjual terompet karena akan lebih laku terjual,” katanya.

Harga terompet yang ditawarkan Fatma mulai dari harga Rp15.000 sampai dengan Rp75.000. Untuk terompet sendiri Fatma biasanya membeli dari agen yang ada di kawasan Blok A Pasar Raya Padang. Fatma yang sudah berjualan te­rom­pet setiap momen per­gan­ti­an tahun ini men­gim­buh­kan, “Untuk tahun ini pen­jualan terompet sangat jauh turun dibanding dengan tahun sebelumnya. Biasanya pada tahun lalu, sesudah natal saja omset dari pen­jualan yang saya dapatkan dalam sehari bisa mencapai Rp1.000.000 per hari, kalau 2 atau 1 hari menjelang pergantian tahun omset saya pada tahun kemaren bisa mencapai Rp5.000.000 da­lam sehari. Tapi pada tahun sekarang hanya bisa terjual 6 terompet, dengan omset sebesar Rp200.000 sampai Rp250.000 saja per hari, padahal tahun baru hanya tinggal sekitar 2 hari lagi,” imbuhnya.

Pedagang terompet lain Romi (40) yang sehari-hari biasa menjadi tukang ojek di kawasan Siteba Padang, juga beralih pekerjaan sementara sebagai penjual terompet. Ketika di temui Haluan Ro­mi menuturkan, “Saya baru tahun ini berjualan terompet, sehari-hari saya biasanya menjadi tukang ojek. Sebagai tukang ojek dalam sehari biasanya saya mendapatkan uang sebesar Rp50.000, te­tapi dari hasil penjualan terompet ini da­lam sehari saya bisa men­dapat uang Rp100.000 dua kali lipat dibanding de­ngan hari-hari sebelumnya,” tuturnya.

Fatma dan Romi me­ru­pa­kan sebagian masyarakat yang memanfaatkan momen tahun baru untuk me­nam­bah pemasukan keluarga sebagai penjual terompet. Meski hasil yang di­dapatkan keduanya tidak menentu, namun keikhklasan dalam mencari sesuap nasi demi keluarga terpancar jelas di wajah kedua pedagang te­rom­pet ini. (h/mg-bay)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM