Kemarau Diprediksi Datang Lebih Awal

Masyarakat Diimbau Antisipasi Karhutla


Rabu, 30 Desember 2015 - 02:02:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Karena itu, seluruh ma­syarakat diimbau untuk se­jak awal melakukan an­tisipasi, supaya malapetaka itu jangan sampai terulang lagi di Bumi Lancang Ku­ning. Hal itu dinilai penting, mengingat musim kemarau untuk tahun 2016 men­da­tang, diprediksi akan datang lebih awal.

“Itu yang selalu kami te­kankan dalam setiap per­temuan dengan ma­sya­ra­kat,” ungkap anggota DPRD Riau daerah pe­milihan Rokan Hilir, Kar­mila Sari, Senin (28/12).

Dikatakan, dalam ke­giatan resesnya yang dila­kukan baru-baru ini, im­bauan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya Karhutla, memang selaku ditekankan.

“Masyarakat kita ingat­kan untuk tidak membakar lahan dan mengaktifkan Masyarakat Peduli Api (MPA). Apalagi tahun de­pan diprediksi Februari akan ada El Nino atau mu­sim kemarau datang lebih cepat,” ujarnya.

Rp16 Miliar

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Ed­war Sanger mengatakan, ang­ga­ran untuk pe­nang­gulangan Karhutla pada tahun 2016, meningkat men­jadi Rp16 miliar. Angka itu meningkatkan signifikan dibanding tahun ini yang hanya dianggarkan Rp1,4 miliar.

“Alhamdulillah tahun ini meningkat anggaran kita. Tentunya ini bisa kita lebih kita maksimalkan lagi dalam pe­nanganan Karhutla,” ujar­nya.

Ditambahkannya, ang­garan sebesar itu belum termasuk anggaran pe­na­nganan Karhutla di instansi lain, seperti Dinas Ke­hut­a­nan dan Dinas Ke­sehatan serta Badan Lingkungan Hi­dup (BLH). Dimana nan­tinya seluruh stake holder akan bersinergi melakukan pencegahan dan pe­nang­gulangan sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing.

Sejauh ini, tambahnya, pihaknya juga sudah mem­bahas segala antisipasi ke­mung­kinan terjadinya ma­la­petaka itu di tahun men­datang. Di antaranya, de­ngan meningkatkan so­sia­lisasi bekerja sama dengan BPBD di kabupaten/kota.

Melalui aparatur di dae­rah, tokoh masyarakat ter­ma­suk perusahaan per­ke­bunan juga sudah diberikan pe­ma­haman dan pe­nang­gulangan Karhutla.

“Dengan pengalaman ka­mi tentu sudah kami siap­kan kemungkinan-ke­mung­kinan yang mungkin terjadi. Kita sudah berkoordinasi satu sama lainnya, sosialisasi juga kami tingkatkan untuk memberikan pemahaman kepada ma­sya­rakat dan pe­rusahaan supaya jangan membakar lahan,” ujarnya lagi. (hr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 November 2016 - 00:07:50 WIB

    Gubernur Imbau Polisi Berikan Rasa Aman ke Masyarakat

    TANJUNGPINANG, HA­LUAN — Guber­nur Kepri, Nur­din Basirun mengimbau agar armada kepolisian dapat terus memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh ma­syarakat di Provinsi Kepri..
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:55:49 WIB

    Masyarakat Kerap Menjadi Korban Dari PLN

    PEKANBARU, HALUAN — Anggota DPR Komisi VII bidang ESDM, Sayed Abubakar, meminta PT PLN untuk serius menangani krisis listrik di Provinsi Riau yang kini kondisinya kembali memburuk..
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 03:29:37 WIB

    Gubernur Kepri: Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

    Gubernur Kepri: Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat TANJUNGPINANG, HALUAN — Gubernur Kepri, Nurdin Basirun siap bekerja keras untuk mewujudkan kesejah­teraan masyarakat Kepri. Nur­din juga akan terus men­dekat­kan diri dengan rakyat, men­jem­put masalah dan meng­uraik.
  • Kamis, 21 April 2016 - 01:52:08 WIB

    Masyarakat Beting Berharap Peningkatan Status Pelabuhan

    BETING, HALUAN — Masyarakat Desa Beting, Kecamatan Rangsang Pesisir, sangat berharap perbaikan dan peningkatan status pelabuhan. Lokasi Pelabuhan Desa Beting salah satu pelabuhan yang dilintasi trayek kapal penumpang Dumai-.
  • Senin, 11 April 2016 - 04:05:56 WIB

    Wako Dorong Masyarakat Bangun Kreativitas

    PEKANBARU, HALUAN — Dalam rangka mening­kat­kan perekonomian kerak­yatan, Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus, terus men­dorong masyarakat pelaku usaha untuk membangun kreativitas dan inovasinya. Terlebih bagi Sumber Daya .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM