Bencana Alam Landa AS dan Inggris


Selasa, 29 Desember 2015 - 03:33:35 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Tornado merobohkan rumah, memutus aliran listrik, dan mengacaukan lalu lintas warga yang kem­bali dari liburan Natal.

Wilayah yang ter­dam­pak paling parah adalah Garland, timur laut Dallas. Di sana, delapan orang te­was, mobil terbakar di jalan tol, dan rumah rata dengan tanah.

Tiga korban tewas lain ditemukan di jaringan ke­reta api bawah tanah Dallas, wilayah keempat dengan penduduk terbanyak di AS, yang dihuni sekitar tujuh juta orang.

“Itu kehancuran total,” kata juru bicara kepolisian Garland, Letnan Pedro Ba­ri­neau. ”Keadaannya sulit bagi yang terkena badai mengerikan seusai Natal,” kata dia.

Diyakini, lima korban di Garland tewas setelah ke­n­­daraan yang ditumpangi tersambar tornado di Jalan Tol (State Highway) 190 dan Jalan Antarnegara Ba­gian (Interstate) 30.

Lebih dari 600 bangu­nan di Texas Utara rusak akibat tornado dan badai tersebut.

Layanan Cuaca Na­sio­nal melaporkan, enam tor­nado muncul di Texas, dan satu lainnya di Oklahoma pada Sabtu.

Badan tersebut telah mengeluarkan peringatan cuaca buruk di sebagian besar wilayah AS tengah pada Minggu, termasuk pe­ringa­tan badai salju di New Mexico, Texas, Oklahoma, dan Kansas, serta ancaman banjir bandang sepanjang Texas hingga Ohio.

Sekitar 400 pe­ner­bang­an di AS dibatalkan se­pan­jang Minggu. Rangkaian tornado pada akhir pekan terjadi setelah tornado se­belum liburan Natal di AS Selatan yang menewaskan sedikitnya 17 orang.

Banjir Bandang di Inggris Utara

Regu penyelamat dan tentara mengungsikan ratu­san orang dari rumah me­reka di York, Inggris bagian uta­ra, akibat banjir bandang.

Akibat cuaca ekstrim, hujan deras menyebabkan aliran Sungai Foss di York meluap sehingga banjir ter­jadi di Yorkshire dan Lan­cashire.

Banjir mengakibatkan setidaknya 3.500 rumah terkena dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya di daerah tersebut.

Peringatan banjir ban­dang telah dikeluarkan be­be­rapa kali sebelum ben­cana terjadi sesudah hujan besar pada hari Natal. Di antaranya 20 titik banjir sangat parah terjadi di Ing­gris, Wales dan Skotlandia.

Perdana Menteri Inggris John Cameron berjanji akan membantu mereka yang sangat membutuhkan per­to­longan dengan mengirim lebih dari 500 anggota mi­liter ke daerah banjir.

Sesudah memimpin pe­r­­­c­akapan lewat telepon ja­rak jauh, PM David Ca­meron mengatakan, tingkat ketinggian sungai dan curah hujan memberi dampak yang belum pernah ada sebelumnya, dan beberapa di antaranya berakibat pada banjir yang serius. (h/kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 00:55:38 WIB

    2016, Tahun Bencana HAM dan Bangkitnya Fasisme

    NEW YORK, HALUAN—Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menilai, 2016 merupakan tahun bencana Hak Asasi Manusia (HAM) sehubungan banyaknya kasus pelanggaran HAM ditemukan, khususnya meningkatnya fasisme..
  • Jumat, 29 April 2016 - 03:45:07 WIB
    Serangan Udara Hancurkan Rumah Sakit

    Aleppo di Ambang Bencana Kemanusiaan

    Aleppo di Ambang Bencana Kemanusiaan SURIAH, HALUAN — Serangan udara menghantam sebuah rumah sakit di daerah yang dikuasai pemberontak di Aleppo, Suriah. Peristiwa itu menewaskan sedikitnya 27 orang, termasuk tiga anak dan seorang dokter anak terakhir di kota .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM