Pasar Songket Silungkang Segera Ditempati


Selasa, 29 Desember 2015 - 02:54:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pasar Songket Silungkang Segera Ditempati Pasar Songket Silungkang dengan pagu anggaran Rp5 miliar rampung. Pengerajin tenun songket Silungkang dipastikan bakal segera dapat menempati areal pasar representatif. (FADIL)

Didanai Kementerian Perdagangan dengan ang­garan Rp5 miliar, Pasar Songket Silungkang dengan kapasitas 75 unit, dengan luas masing-masing sem­bilan meter persegi itu, akan mulai dimanfaatkan Fe­bruari 2016 mendatang.

“Alhamdulillah, hari ini proses pembangunan Pasar Songket Silungkang telah rampung 100 persen,” ujar Kepala Dinas Perin­dag­kopnaker Sawahlunto, Des­wanda kepada Haluan.

Deswanda didampingi Kepala Bidang Perdagangan Gustav mengungkapkan, saat in pihaknya telah mem­persiapkan 30 pedagang dan pengerajin tenun songket Silungkang yang akan me­nempati areal pasar repre­sentatif tersebut.

Pasar Songket Silung­kang menjadi satu-satunya pasar yang dikhususkan menjual kerajinan tenun yang telah berurat-berakar di Nagari Silungkang itu. Dalam tahun 2016, Peme­rintah Sawahlunto akan melengkapi dengan pem­bangunan fasilitas taman, parkiran, pagar, serta pe­ngerjaan plafon.

“Yang pasti, mulai Fe­bruari Pasar Songket akan mulai dihuni para pedagang. Baik pedagang tenun song­ket, maupun pedagang sou­venir lainnya, yang menjadi kekhasan Sawahlunto,” ung­kap Deswanda.

Selain tenun, Pasar Song­ket Silungkang juga akan diisi dengan kerajinan souvenir, maupun kuliner khas Sawahlunto.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf me­ngatakan, keberadaan Pasar Songket Silungkang, diha­rap­kan akan mampu me­ning­katkan daya jual kerajinan yang dihasilkan masyarakat Sawahlunto.

Ali Yusuf meyakini, seba­gai satu-satunya Pasar Songket Silungkang di In­donesia, akan mampu mem­berikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk ber­kun­jung ke Sawahlunto, dalam mendapatkan kera­jinan yang telah hadir se­menjak ratusan tahun silam itu.

Jika tidak adal aral me­lin­tang, kawasan Pasar Song­ket Silungkang juga akan semakin lengkap de­ngan rencana pembangunan hotel, yang bersebelahan dengan bangun Pasar Song­ket yang telah ada. (h/dil)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Oktober 2018 - 18:45:47 WIB

    Tampung 100 Kios, Pasar Kuraitaji Diresmikan

    Tampung 100 Kios, Pasar Kuraitaji Diresmikan PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Pasar Kuraitaji Pariaman, yang berpredikat nomor dua terbaik dalam pengelolaan pasar tinggkat Provinsi Sumatera Barat, diresmikan Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, Kamis (4/10)..
  • Selasa, 15 Mei 2018 - 13:55:07 WIB

    BPJS Ketenagakerjaan Solok Gelar Pasar Murah

    BPJS Ketenagakerjaan Solok Gelar Pasar Murah SOLOK, HARIANHALUAN,COM--BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok mengadakan pasar murah. Ada 1069 paket yang disiapkan untuk peserta saat menyambangi pasar murah tersebut..
  • Sabtu, 10 Februari 2018 - 09:22:36 WIB

    Rekanan Dukung Penuh Peresmian Pasar Padang Panjang

    Rekanan Dukung Penuh Peresmian Pasar Padang Panjang PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM – PT Hutama Karya (HK) selaku rekanan Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang dalam pembangunan Pasar Pusat Kota Padang Panjang, sangat mendukung penuh niat Pemko untuk meresmikan Pasar Pusa.
  • Senin, 18 Desember 2017 - 16:49:33 WIB

    Bank Danamon Serahkan Bantuan untuk Pedagang Pasar Aur Kuning

    Bank Danamon Serahkan Bantuan untuk Pedagang Pasar Aur Kuning BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Bentuk kepedulian terhadap korban kebakaran Pasar Aur Kuning Bukittinggi yang terjadi beberapa waktu yang lalu, Bank Danamon melalui Yayasan Danamon Peduli serahkan bantuan berupa tiga unit .
  • Jumat, 10 November 2017 - 11:23:58 WIB

    Pedagang Tolak Usulan Pemko Bukittinggi Relokasi Pasar Atas Buntu

    Pedagang Tolak Usulan Pemko Bukittinggi  Relokasi Pasar Atas Buntu BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Sepuluh hari pascakebakaran Pasar Atas Bukittinggi, tempat relokasi pedagang masih belum menemui titik terang. Pemko Bukittinggi dan pedagang masih bersikap tarik ulur dalam menentukan tempat.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM