Pelajar Dibekali Wawasan Kebangsaan


Selasa, 29 Desember 2015 - 02:51:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Hal itu terungkap oleh Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Pe­nang­gulangan Bencana Daerah (Kesbangpol PBD) Kota Sawah­lunto Azwen, saat memberikan pembekalan tentang wawasan ke­bangsaan bagi ratusan siswa SLTP dan SLTA se- Kota Sawahlunto.

“Jika wawasan kebangsaan su­dah dipahami, maka para siswa akan sangat mudah mengamal­kannya, serta menjadikannya seba­gai pedoman dalam menyikapi tantangan dan ancaman disen­tegritas bangsa yang dihadapi Indonesia dewasa ini,” sebutnya.

Pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa, haruslah cinta tanah air dan tidak lupa akan sejarah bangsa,” ungkapnya.

Azwen mengingatkan, agar se­mua pelajar mampu mencerna slogan “jangan sekali kali melu­pakan sejarah” dengan baik, tidak saja sekedar slogan dan ucapan saja, namun harus menjadi penyemangat generasi muda, karena dengan me­ngi­ngat dan mengetahui sejarah akan mengerti jerih payah para pejuang terdahulu dalam mem­bangun dan memerdekakan bangsa ini.

Dengan mengetahui sejarah dan wawasan kebangsaan akan mem­bangkitkan jiwa patriotisme dan nasionalisme pada diri generasi muda.

Asisten I Setdako Irzam K yang ketika membuka kegiatan tersebut menyebutkan, pembekalan yang dilakukan kali ini, sangatlah baik dalam memberikan input bagi anak didik generasi penerus bangsa, agar memiliki jiwa bela negara dalam memperkokoh ketahan bangsa, termasuk aspek pembentukan kualitas pribadi secara optimal yang cinta tanah air.

Selain itu, juga bisa menjadi motivasi kepada generasi penerus, agar senantiasa kompak dalam bela negara, meskipun mereka berang­kat dari berbagai suku, agama maupun tingkat sosial ekonomi.

“Dengan mengikuti wawasan kebangsaan ini, diharapkan para siswa dapat menimba ilmu pe­ngetahuan, untuk dijadikan wa­hana kehidupan bangsa yang agamis dan tetap bersatu sesuai falsafah Panca sila dan Bhineka Tunggal Ika. (h/mg-rki)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Oktober 2017 - 01:30:12 WIB

    Tiga Pelajar Berjuang di Tingkat Nasional

    Tiga Pelajar Berjuang di Tingkat Nasional PAYAKUMBUH, HALUAN - Tiga pelajar Sekolah Dasar Payakumbuh akan berjuang di tingkat nasional membawa nama Provinsi Sumatera Barat. Mereka akan mengikuti Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) di Provinsi Aceh, pekan depan. Sebel.
  • Rabu, 06 September 2017 - 22:29:16 WIB

    Dibutuhkan Pelajar, Jembatan Gantung Mulai Dibangun

    Dibutuhkan Pelajar, Jembatan Gantung Mulai Dibangun PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Bekas jembatan gantung di belakang SMPN 1 Kampung Dalam, Padang Pariaman, mulai dibongkar. CV Duta Mandiri sebagai pihak yang ditunjuk membongkar jembatan yang runtuh itu membongkar jembata.
  • Senin, 17 April 2017 - 09:53:36 WIB

    Empat Pelajar Ikut Seleksi Paskibra Sumbar

    SOLOK SELATAN, HALUAN - Empat pelajar asal Solok Selatan (Solsel) mengikuti seleksi paskibra tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Empat pelajar tersebut diantaranya berasal dari SMAN 1 Solsel sebanyak tiga orang dan satu.
  • Sabtu, 18 Maret 2017 - 02:36:55 WIB

    1.000 Pelajar Ikuti Program Cuci Tangan Serentak

    TANAH DATAR, HALUAN - Sebanyak 1.000 pelajar se-Kabupaten Tanah Datar melakukan gerakan mencuci tangan serentak, Jumat (17/3) di Lapangan Cinduomato Batusangkar. Pagelaran cuci tangan serentak ini merupakan rangkaian kegiatan.
  • Senin, 13 Februari 2017 - 20:19:24 WIB

    Isap Lem, Enam Pelajar Bukittinggi Digelandang Tim SK4

    Isap Lem, Enam Pelajar Bukittinggi Digelandang Tim SK4 BUKITTINGGI, HALUAN--Enam orang pelajar di Bukittinggi diamankan oleh Tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota (SK4)Bukittinggi, karena kedapatan mengisap lem disaat jam pelajaran belangsung, Senin (13/2)..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM