Berbagai Lomba Peringati Maulid dan HAB Kemenag


Selasa, 29 Desember 2015 - 02:46:15 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Setidaknya sebanyak 30 orang Qori dan Qoriah yang berasal dari tiga panti asu­han, masing-masing Panti Asuhan Bukit Kili, Panti Asuhan Padang Belimbing dan Panti Asuhan Batu Ba­giriak Alahan Panjang, me­ngi­kuti MTQ antar Panti Asuhan, Selasa.

Kepala MTsM Bukit Kili Hj. Salmita, S,Ag me­ny­ebutkan kegiatan ini diha­rap­­kan dapat me­num­buh­kan motivasi dan semangat bagi siswa khususnya anak panti asuhan. Karena sela­ma ini dalam berbagai even jarang sekali anak panti ini dilibatkan. Sedangkan nabi me­ngajak kita untuk mem­bahagiakan dan meng­gem­birakan anak yatim. “Atas dasar itulah MTsM Bukit Kili mencoba membuat te­ro­bosan untuk memotivasi para penghuni panti,” be­bernya .

Lebih lanjut Hj. Salmita mengatakan kedepannya MTsM Bukit Kili akan men­jadikan ini sebagai agenda rutin serta akan menambah cabang lainnya dengan pe­serta tetap dari Panti Asu­han “ 30 orang peserta ini dibagi dalam dua tingkatan yakni anak-anak dan re­maja,” kata Salmita.

Tak mau ketinggalan pa­rasantri MDAyang berasal dari 14 kecamatan se-Ka­bu­paten Solok juga ikut me­me­­riah­kan pe­ri­nga­tan HAB ke 70 di­ling­ku­ngan Kemenag Ka­bupaten Solok Selasa (22/12). Pe­serta utu­san kecamatan ini ber­jum­lah 28 grup yang terdiri utusan kecamatan masing-masinya dua grup. Satu grup minimal 12 orang dan mak­simal 16 orang.

Penampilan san­tri MDA ini mampu me­mu­kau pe­nonton yang memenuhi aula Hubbul Wathan dan Kantor Kemenag baik lewat vocal, kekompakan grupnya dan kostum yang dikenakan. Ke­tua dewan juri Elvi Yoseva menyebutkan selain sebagai hiburan, kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai sarana dakwah dalam mempertebal keimanan dan pengetahuan agama baik santri maupun masyarakat.

Sementara itu, dua hari se­belumnya di MDA Mas­jid Ra­ya Selayo juga digelar lom­ba Qasidah an­tar MDA yang diikuti oleh 17 MDA yang berasal dari Ka­bupaten dan Kota Solok. Acara ini dibuka oleh KUA Ku­­bung yang di­wakili Penyuluh Agama Ke­camatan Fauzi, S,Ag. “Pem­­binaan dan pendekatan ke­agamaan perlu dilakukan sejak dini.

Selain berbagai metode pengajaran pe­nge­nalan aga­ma juga bisa me­lalui seni salah satunya Qa­sidah. Jadi selain hiburan Qasidah juga bisa sebagai sarana dak­wah,” kata Fauzi.

Sementara itu ke­pa­la MDA Selayo Ahmad Iskandar mengatakan selain untuk memperingati Maulid Nabi acara ini juga untuk menutup PBM akhir se­mester ganjil tahun 2015/2016. Pada acara yang di­tutup pada Minggu Sore lalu itu,  MIN Kota Solok ber­hasil menjadi juara I, se­dangkan juara dua diraih oleh MDA Al Ikhwan Bukit Kili dan juara tiga SDN 08 VI Suku Kota Solok. (h/ndi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 07 November 2016 - 00:33:56 WIB
    MENGENANG 45 TAHUN HOERIDJAH ADAM

    ISI Padang Panjang Gelar Berbagai Kegiatan

    ISI Padang Panjang Gelar Berbagai Kegiatan PADANG PANJANG, HALUAN — Mengenang 45 tahun wafatnya salah seorang seniman asal Kota Padang Panjang Hoeridjah Adam yang terkenal dengan berbagai karya seni tari dan koreografinya, ISI Padang Panjang menggelar berbagai kegia.
  • Sabtu, 09 Juli 2016 - 14:37:38 WIB

    Sepekan Libur Lebaran, Sawahlunto Suguhi Wisatawan dengan Berbagai Hiburan Tradisional

    Sepekan Libur Lebaran, Sawahlunto Suguhi Wisatawan dengan Berbagai Hiburan Tradisional SAWALUNTO, HALUAN-Selama sepekan libur lebaran Idulfitri 1437 Hijriah, berbagai hiburan rakyat disuguhkan untuk memanjakan wisatawan dan perantau yang mudik lebaran tahun ini, begitu pula yang dilakukan oleh Sawahlunto untuk .
  • Kamis, 10 Maret 2016 - 04:05:15 WIB

    Wabup Safari ke Berbagai Nagari

    Wabup Safari ke Berbagai Nagari PASBAR, HALUAN — Wakil Bu­pati Pasaman Barat, H. Yulianto membaurkan diri dengan ma­syarakatnya di Pasaman Barat. Tak tebang pilih, Wabup melakukannya dengan cara bersafari ke nagari-nagari yang ada di Pasaman Barat. Deng.
  • Senin, 28 Desember 2015 - 02:51:30 WIB
    Hadapi Porprov 2016

    KONI Solsel Benahi Berbagai Cabor

    SOLSEL,HALUAN—Ko­mite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ka­bu­paten Solok Selatan (Solsel) terus melakukan pem­be­nahan di segala lini cabang olahraga (cabor). Hal itu dilakukan untuk men­yam­but Pekan Olahraga Pro.
  • Rabu, 09 Desember 2015 - 02:13:36 WIB
    Tour de Mandeh

    Panitia Sudah Susun Berbagai Kegiatan

    PAINAN, HALUAN — Pa­nitia pelaksana iven pari­wisata Tour de Mandeh su­dah mulai menyusun ber­bagai kegiatan dalam me­meriah kegiatan yang akan digelar pada Minggu (20/12) tersebut..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM