2050, Populasi Muslim Ungguli Kristen


Senin, 28 Desember 2015 - 03:05:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kristen mengungguli Mus­lim sejak abad ketujuh, dan Islam akhirnya akan me­nga­lahkan Kristen,” kata Alan Cooperman, direktur penelitian Pew Research Center.

Saat ini, Kristen adalah aga­ma terbesar di dunia dengan populasi sepertiga penduduk bumi yang beragama, atau 2,2 miliar pemeluk. Penelitian Pew Research Center mem­per­li­hat­kan Islam adalah agama paling cepat berkembang.

Cooperman mengatakan pa­da 2050, sekitar 30 persen ma­syarakat dunia akan beragama, naik dibanding tahun 2010 yang hanya 23 persen. Itu berarti jumlah Muslim yang akan ber­tambah, Kristen tidak.

Pada 2050, jumlah Kristen dan Muslim akan sama. Bahkan bukan tidak mungkin populas Muslim akan lebih tinggi di­banding Kristen. Jika kecepatan pertumbuhan Islam berlangsung terus, Pew Research Center mem­per­kira­kan jumlah Muslim akan jauh lebih tinggi dibanding Kristen pada 2070.

“Ini bukan berarti jumlah orang Kristen akan menurun,” ujar Cooperman, seperti di­kutip worldbulletin.net.

Umat Kristen akan me­ning­kat dari 2,1 miliar tahun 2010 menjadi 2,9 miliar tahun 2050. Muslim meningkat dari 1,6 miliar pada tahun 2010 menjadi 2,8 miliar pada tahun 2050.

Pertumbuhan ini berkaitan tingginya kelompok usia muda pa­da pemeluk Islam, dan ting­ginya fertilitas. Pemeluk Buddha rata-rata jauh lebih tua, atau di atas 30 tahun, engan angka kelahiran rata-rata 1,6 anak. Pada tahun 2010, sepertiga dari populasi Muslim berusia di bawah 15 tahun. Setiap wanita Muslim rata-rata memiliki 3,1 anak. Sedangkan wanita Kristen memiliki 2,7 anak.

Namun, menurut Coo­per­man, banyak yang akan terjadi antara 2010 sampai 2050. “Kami tidak tahu apa yang akan terjadi jika ramalan ini terbukai, mung­kin akan ada perang, revolusi, kelaparan, penyakit, dan lain­nya,” kata Cooperman. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM