Sumbar Menghadapi MEA

Peternakan Berbasis Rakyat Cocok Diterapkan


Senin, 28 Desember 2015 - 02:54:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Peternakan rakyat ten­tunya berbasis sumber daya lokal yang dapat men­jadi identitas komoditas ternak Indonesia di mata regional,” katanya di Pa­dang, Minggu (27/12).

Dia menyebutkan be­be­rapa faktor yang men­jadikan ternak rakyat co­cok diterapkan yakni me­rupakan ternak lokal, iden­titas budaya khas serta jangkauan pasar.

Menurutnya pada haki­katnya peternakan rakyat akan memprioritaskan pe­ngembangan ternak asal daerah masing-masing.

Selain karena sudah turun temurun dalam ke­biasaan beternak, ternak lokal juga cenderung en­demik di sebuah tempat sehingga pengemb­angan­nya lebih mudah dan tidak terlalu memakan biaya bila dialokasikan pada tempat asalnya.

Selain itu dalam hal minat konsumen ternak lokal memiliki keunggulan seperti ayam kukuk Ba­lenggek atau Itik Bayang. “Menghadapi persaingan MEA, ternak lokal poten­sial menjadi komoditas unggulan,” ucapnya.

Di samping itu pe­ngem­bangan peternakan rakyat ini juga dapat men­jadi andalan Indonesia untuk memunculkan suatu kebudayaan dari usaha beternak ini.

Menurutnya tidak ha­nya dalam produksi, me­lalui pengayaan dan pe­ngem­bangan suatu peter­nakan juga dapat bernilai wisata dan ekonomis se­hingga akan meng­un­tung­kan bagi masyarakat Indo­nesia. “Keuntungan lain dari Peternakan rakyat yakni jangkauan pasar yang luas,” katanya.

Menurut dia ke­cen­de­ru­ngan saat ini ternak yang didapat melalui perka­wi­nan silang atau jenis broiler dan semacamnya nilai ju­alnya akan semakin menu­run, namun pangsa pasar dari ternak lokal saat ini grafiknya meningkat dan meluas. “Tentunya ini men­jadi kesempatan In­donesia dalam mengem­bangkan peternakan ber­basis masyarakat terse­but,” ujarnya.

Sementara itu Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Muladno menilai peternakan berbasis rakyat akan menguntungkan Indo­nesia dalam hal persaingan komoditas.

Menurutnya negara ASE­AN lain tentunya telah memiliki senjata utama dalam mempersiapkan ko­moditas ternaknya untuk MEA tersebut.(h/ans)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 01 April 2016 - 04:02:14 WIB
    Rumah Makan Rindu Minang Diresmikan

    Lapangan Golf Anai Resort untuk Agrowisata Peternakan

    Lapangan Golf Anai Resort untuk Agrowisata Peternakan PADANG PARIAMAN, HALUAN — Komisaris utama PT Andalas Anaipermai International, Siswono Yudohusodo menyatakan, kehadiran Rumah Makan Rindu Minang di Kawasan obyek wisata Anai Resort adalah bentuk ingin sato sakaki dalam par.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM