Pessel Kembangkan Pengolahan dan Pemasaran Ikan


Senin, 28 Desember 2015 - 02:54:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran (P2KP) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat, Syahrul di Painan, akhir pekan lalu mengatakan, untuk unit usaha pengolahan ikan, pihaknya berencana mendirikan toko pemasaran hasil olahan ikan.

Sesuai rencana awal, toko itu nantinya berlokasi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Painan. Kami akan sasar wisatawan yang setiap minggunya selalu memadati Pantai Carocok, kata dia.

Sementara untuk usaha pengolahan ikan, pe­merintah daerah akan terus melakukan pembinaan pada sebanyak 44 kelompok usaha rumah tangga yang menjadi binaan DKP Pesisir Selatan.

Pengembangan itu, tambahnya dilakukan melalui bantuan anggaran pada program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (GPEMP).

Program GPEMP merupakan salah satu program unggulan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan potensi ekonomi di daerah secara optimal.

Kegiatan itu ditujukan untuk mengembangkan masyarakat pesisir yang mata pencahariannya ber­sumber dari eksplorasi dan pemanfaatan sumberdaya pesisir dan kelautan.

“Selain itu, juga dibina melalui program bantuan Pengembangan Usaha Mina Pe­rikanan (PUMP) yang masing-masing kelompok nantinya akan diberi alokasi dana Rp50 juta. Dengan besaran modal itu, setiap kelompok usaha dapat membeli berbagai peralatan untuk mengolah ikan dengan skala industri rumah tangga,” jelasnya.

Selain itu, DKP Pesisir Selatan pada 2016 juga mengalokasikan dana dari APBD sebesar Rp900 juta untuk pembinaan dan promosi.

Ia berharap bagi masyarakat atau kelompok masyarakat yang tersentuh program pembinaan dan pemberdayaan untuk dapat memanfaatkan program ini semaksimal mungkin.

“Sebab tujuannya adalah untuk kesejahteraan dan perbaikan ekonomi masyarakat,” harapnya.  (h/ans)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Juli 2018 - 12:27:44 WIB
    MENGATASI MASALAH HARAG TBS

    Tiga Perusahaan Sawit Bakal Hadir di Pessel

    Tiga Perusahaan Sawit Bakal Hadir di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) bakal menerbitkan izin prinsip bagi tiga perusahaan kelapa sawit yang akan beroperasi di daerah setempat. Hadirnya perusahaan sawit di daerah itu akan mengatasi masal.
  • Kamis, 21 Juni 2018 - 13:34:29 WIB

    Libur Lebaran Dongkrak Ekonomi Pessel

    Libur Lebaran Dongkrak Ekonomi Pessel PAINAN, HARIAN.HALUAN.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pesisir Selatan, memprediksi pertumbuhan ekonomi daerah sepanjang triwulan II 2018 lebih tinggi dari triwulan sebelumnya. .
  • Jumat, 09 Maret 2018 - 17:38:46 WIB

    Batik Tulis Loempo Pessel Diminati Wisatawan

    Batik Tulis Loempo Pessel Diminati Wisatawan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Usaha kerajinan batik tulis tradisional Loempo di Kenagarian Ampuan Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus berkembang..
  • Rabu, 26 Juli 2017 - 11:01:39 WIB

    Harga Gambir di Pessel Anjlok

    Harga Gambir di Pessel Anjlok PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Petani Gambir di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), kembali mengeluh akibat tidak stabilnya harga komoditas tersebut sejak  beberapa bulan terakhir..
  • Senin, 16 Januari 2017 - 10:47:33 WIB

    Produk VCO Asal Pessel Sulit Dipasarkan

    Produk VCO Asal Pessel Sulit Dipasarkan PAINAN, HALUAN - Hingga saat ini industri kreatif di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) belum mampu berkembang baik. Hal ini dikarenakan belum tersedianya tempat yang memadai, serta persaingan harga .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM