Perusahaan di Solsel Diminta Bayar UMP Sesuai Aturan


Senin, 28 Desember 2015 - 02:51:55 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kendati Dewan Pe­ngu­pahan (DP) belum ter­ben­tuk di Solsel, kami meng­harapkan perusahaan per­ke­bunan membayarkan UMP sesuai standarisasi dan hi­dup layak,” kata Nur­ha­si­din, Kepala Seksi Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan, kepada Haluan, Sabtu, (26/12).

Ia menegaskan, bagi perusahaan yang melanggar ketentuan perundang-un­dang­an yang mengatur ten­tang pembayaran UMP bagi tenagakerja atau karyawan, perusahaan tersebut akan diberikan sanksi berupa pembekuan hingga pada tindakan pidana ber­dasar­kan ketentuan PP 78 tahun 2015 Tentang Pengupahan. Peraturan itu diperkuat oleh Pasal 185 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, perusahaan akan di­an­c­am dengan sanksi pidana paling singkat satu tahun dan paling lama empat ta­hun atau didenda Rp100 juta-Rp400 juta.

Khusus UMP, kata Nur­hasidin, diberlakukan bagi tenaga kerja yang masa ker­ja­nya kurang dari satu tahun. Sedangkan karyawan atau tenaga kerja yang masa ker­ja­nya lebih dari satu tahun, sesuai PP 78 Tahun 2015 Pasal 42 ayat 2, pembayaran upah dilakukan melalui perundingan dipartit antara pihak perusahaan dan te­na­ga­kerja. Penetapan upah tersebut dilakukan tiap ta­hun berdasarkan hidup la­yak dan perkembangan eko­nomi dan mengacu kepada tingkat inflansi, domestik dan bruto.

“Bagi karyawan peru­saha­an yang masa kerja lebih dari satu tahun, tidak diberlakukan lagi UMP. Tapi perundingan bipartit dan diberikan haknya sesuai kebutuhan hidup layak atas dasar perkembangan eko­nomi,” jelasnya.

Sementara itu, sesuai Pasal 5 PP 78 tersebut, lanjut Nurhasidin, bagi pe­ru­sahaan yang tidak mem­bayar Tunjangan Hari Raya, uang servis, serta tidak men­yu­sun struktur skala upah sampai jangka waktunya tidak dihiraukan denda, maka diberlakukan sanksi ad­ministrasi berupa peng­hentian sementara dan pem­bekuan dunia usaha.

“Pembekuan usaha dila­kukan setelah pembinaan berupa teguran lisan dan tertulis. Kemudian diajukan surat permohonan pe­nang­guhan dari Dinas Tenga Kerja kabupaten ditembus­kan ke provinsi,” tutupnya. (h/jef)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 23 Februari 2017 - 09:53:43 WIB

    Banyak Perusahaan di Pasbar Belum Salurkan Dana CSR

    PASBAR, HALUAN—Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menilai perusahaan perkebunan di daerah masih banyak yang belum maksimal menyalurkan dana pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Sosial Responsibility/CSR).
  • Ahad, 12 Februari 2017 - 16:11:21 WIB

    Diduga Masih Ada WNA Ilegal, Bupati Pasbar Perintahkan Razia Perusahaan Sawit

    Diduga Masih Ada WNA Ilegal, Bupati Pasbar Perintahkan Razia Perusahaan Sawit PASBAR,HALUAN-- Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Syahiran menginstruksikan jajaran Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) untuk melakukan razia menertibkan pekerja asing Ilegal yang ada di semua perusahaan kelapa .
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 00:26:16 WIB

    Perusahaan Otobus Keluhkan Angkutan Travel

    SOLOK, HALUAN — Calon penumpang angkutan umum jurusan Solok-Padang akhir-akhir ini mulai mengeluh karena tidak adanya bus umum yang melayani trayek Solok-Padang setelah jam 17.00 wib..
  • Senin, 14 November 2016 - 00:26:46 WIB

    Koperatif dan Patuh Aturan, Sejumlah Perusahaan Diganjar Penghargaan

    SOLSEL, HALUAN — Pemerintah Solok Selatan (Solsel) memberikan piagam penghargaan bagi perusahaan yang kooperatif dan patuh terhadap aturan yang berlaku. Pemkab Solsel menilai perusahaan tersebut layak mendapatkan penghargaa.
  • Jumat, 21 Oktober 2016 - 15:39:36 WIB

    Sejak Beroperasi, Perusahaan Teh PT Mitra Kerinci Tidak Punya IMB

    Sejak Beroperasi, Perusahaan Teh PT Mitra Kerinci Tidak Punya IMB SOLSEL, HALUAN - Perusahaan perkebunan teh terbesar di Asia Tenggara, PT Mitra Kerinci (PTMK) tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sejak awal beroperasi. PTMK merupakan anak perusahaan BUMN PT Rajawali Nusantara Indo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM