PDAM Upayakan Perbaikan Layanan, Pelanggan Malah Menunggak


Senin, 28 Desember 2015 - 02:50:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Beberapa langkah terus kami benahi termasuk lang­kah perbaikan yang terus dilakukan,” kata Yal­fis, Direktur PDAM Solsel ke­pa­da sejumlah wartawan, Sabtu (26/12).

Ia menjelaskan, pem­be­na­han mulai dari pe­nempa­tan Yuli Sastra Jhon yang seorang PNS dengan penga­laman pamong di berbagai instansi pemerintah, baik Pemprov Sumbar maupun di Solsel. Selain itu juga mengganti dan me­nempat­kan pegawai yang memiliki komitmen untuk memaju­kan PDAM.

Pihaknya telah pula me­n­gop­timalkan beberapa unit PDAM dengan dukungan badan pengawas. Akhir dari pembenahan internal itu, kata yalfis, untuk men­du­kung pelayanan yang mak­simal bagi pelanggan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan perbaikan ke­luar yang juga menyangkut kepada kewajiban pe­lang­gan terhadah tagihan reke­ning pelanggan setiap bulan.

Ia menuturkan, meski pihaknya mengupayakan perbaikan pada semua sum­ber sejak awal tahun ini, serta memaksimalkan fun­gsi instalasi pengolahan air, namun hal itu tidak ber­ban­ding lurus dengan kesadaran masyarakat untuk me­m­bayar kewajibannya setiap bulannya. Padahal, per­baikian yang dilakukan oleh PDAM memerlukan biaya yang cukup besar setiap bulan. Biaya itu untuk me­me­nuhi kebutuhan bahan kimia untuk pengolahan air tersebut.

“Sampai akhir No­vem­ber 2015 ini, pelanggan PDAM bertambah se­ban­yak 1.555 pelanggan. Pada Januari 2015, jumlah pe­lang­gan sebanyak 7.079. Kini menjadi 8.634 pe­lang­gan. Akan tetapi, jumlah kenaikan yang belum per­nah dicapai pada tahun-tahun sebelumnya itu, be­lum juga mampu menutupi biaya operasional PDAM setiap bulan. Ini karena pelanggan yang rutin mem­bayar setiap bulan hanya sekitar 55 persen, sedangkan sisianya menunggak dengan berbagai alasan,” keluhnya.

Oleh karena itu, ia me­m­­bentuk Tim Pemutusan Sa­m­­bungan Air pada setiap unit untuk menertibkan pelanggan yang menunggak dan menagih tunggakan pel­ang­gan. Tim yang dibentuk 10 Desember 2015 itu di­bentuk untuk me­mak­simal­kan pemasukan PD­AM se­tiap bulan.

Tim itu, kata Yalfis, akan bekerja sampai semua pelanggan yang tertunggak didatangi selama beberapa bulan ke depan. Bagi pe­lang­gan yang enggan untuk membayar serta menolak untuk diputuskan sam­bung­an­nya, PDAM akan men­ye­rah­kan penyelesaian kepada pihak ke tiga.

“Kami akan mencarikan solusi bagi pelanggan yang koperatif untuk membayar akan. Adapun pelanggan yang tidak mau membayar, terpaksa kami putuskan sambungannya. Sampai ha­ri ini, hanya beberapa pe­lang­gan yang enggan untuk membayar tanpa alasan yang jelas. Sementara se­le­bihnya membayar dengan baik,” paparnya. (h/jef)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Juli 2017 - 13:36:21 WIB

    Layani Konsumen, PDAM Bukittinggi Luncurkan Mobil Unit Reaksi Cepat

    Layani Konsumen, PDAM Bukittinggi Luncurkan Mobil Unit Reaksi Cepat BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- PDAM Tirta Jam Gadang Kota Bukittinggi terus meningkatkan pelayanannya kepada konsumen, dengan meluncurkan satu mobil unit reaksi cepat sebagai kenderaan operasional..
  • Senin, 17 April 2017 - 09:50:06 WIB

    Pasokan Air PDAM Agam Dikeluhkan Pelanggan

    Pasokan Air PDAM Agam Dikeluhkan Pelanggan AGAM, HALUAN - Pelanggan PDAM Tirta Antokan di Lubuk Basung mengeluh karena semakin tidak stabilnya penyaluran air bersih ke rumah pelanggan akhir-akhir ini. .
  • Kamis, 16 Maret 2017 - 08:54:04 WIB

    Ombudman akan Kaji Layanan PDAM Bukittinggi

    Ombudman akan Kaji Layanan PDAM Bukittinggi PADANG, HALUAN--Ombudsman Perwakilan Sumbar segera turun ke lapangan, guna membuktikan kebenaran isi surat balasan dari PDAM Tirta Jam Gadang Bukittinggi terkait dugaan mal administrasi tidak memberikan pelayanan dalam keters.
  • Sabtu, 11 Februari 2017 - 08:15:07 WIB

    Wako Pecat Dirut PDAM Padang Panjang

    Wako Pecat Dirut PDAM Padang Panjang PADANG PANJANG, HALUAN - Diduga tak becus dan tak mampu mengurusi semua tugas yang telah diamahkan kepadanya, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang, Herryzal AA resmi dipecat dari jabatannya. Pemecat.
  • Kamis, 13 Oktober 2016 - 17:09:28 WIB

    PDAM Bongkar Proyek Milik PU, Wabup Limapuluhkota Meradang

    PDAM Bongkar Proyek Milik PU, Wabup Limapuluhkota Meradang LIMAPULUHKOTA, HALUAN--Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan meradang. Ia kesalnya karena dibongkarnya salah satu proyek yang bernilai jutaan rupiah yang ternyata baru selesai dibangun pada tahun 2015 lalu..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM