Afrika Selatan Negara Terkorup di Afrika


Sabtu, 26 Desember 2015 - 03:16:05 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Businesstech.com me­nga­bar­kan Kamis (24/12/2015), hasil poll pendapat itu didapat dari 43 ribu responden dari 28 negara di sub Sahara Afrika. Wawancara yang dilakukan dari Maret 2014 hingga September 2015 itu juga menyebutkan bahwa 58% res­ponden mengaku korupsi makin meningkat dewasa ini. Empat dari lima responden warga Afrika Selatan mengatakan korupsi me­mang makin banyak.

Sementara itu, ‘’Responden yang tinggal di Afrika Selatan, Ghana dan Nigeria juga me­nya­takan bahwa korupsi me­ningkat sekitar setahun sebelum poll pen­dapat dilakukan,’’ bunyi laporan tadi. ‘’Afrika Selatan, Ghana dan Nigeria, merupakan tiga negara yang paling korup di Afrika,’’ sambung laporan tersebut.

Namun poll pendapat Global Corruption Barometer itu di­sangkal Corruption Watch. ‘’Ha­silnya jelas-jelas salah,’’ kata David Lewis, Direktur Organisasi Pe­merhati Korupsi Afrika Selatan. Menurut David, pertanyaan yang me­mpertanyakan bagaimana pen­dapat responden tentang korupsi selama 12 bulan belakangan, ‘’T­idak mencerminkan tingkat ko­rupsi sebuah negara,’’ katanya. ‘’Pendapat perorangan bukan be­rar­ti kasus korupsi di Afrika Se­latan jadi meningkat jumlahnya,’’ kata David.

Direktur Corruption Watch itu tak lupa menekankan bahwa kasus korupsi yang aktual hampir tidak mungkin bisa dikalkulasi secara akurat. ‘’Salah satu dampak yang merugikan adalah berkurangnya kepercayaan pada pemerintahan dan sektor swasta,’’ sambung David Lewis.

Namun pendapat itu disanggah Coralie Pring. Koordinator riset Transparansi Internasional yang ikut andil dalam poll pendapat itu menyatakan, ‘’Kami anggap, me­ngerti pendapat warga biasa me­rupakan masalah vital, karena mereka yang merasakan korupsi dalam kehidupan sehari-hari,’’ kata Coralie Pring. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 April 2016 - 03:57:08 WIB

    500 Imigran Afrika Tenggelam di Laut Mediterania

    MEDITERANIA, HALUAN — Badan pengungsi PBB menduga ada sekitar 500 imigran dari Afrika yang tenggelam di laut Mediterania dalam perjalanan dari Libya menuju Italia. Peristiwa ini disebut tragedi yang terparah sejak dimulainy.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM