Merawat Interior Mobil Demi Kenyamanan Berkendara


Sabtu, 26 Desember 2015 - 01:21:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Merawat Interior Mobil Demi Kenyamanan Berkendara

Dalam Haluan Otomotif Minggu, Ryan Ang­ria­wan dari Scuto Laminating dan Salon, mengetengahkan tips dalam perawatan inte­rior mobil yang simpel dan mu­dah dipraktekkan. Kare­na selain rasa nyaman, pera­watan berkala pada interior mobil juga dapat mencegah terjadinya karat, keropos, atau kerusakan yang dita­kutkan memamah interior itu sendiri

Bicara interior, secara umum dibagi kepada lima bagian utama. Antara lain karpet yang melapisi mobil, dashboard, jok atau tempat duduk penumpang, langit-langit atau plafon, serta pengharum kabin mobil. Kelimanya akan diulas se­rin­ci mungkin.

Tak disangkal lagi, kar­pet adalah bagian interior yang paling sering kotor. Betapa tidak, sepatu dan sandal penumpang tentu tidak selalu dibuka saat masuk ke mobil, sehingga beragam material akan ter­tinggal dan menumpuk di karpet yang umumnya me­mi­liki pori-pori.

Selain menyikat atau menyapu karpet, perawatan akan lebih maksimal bila menggunakan vacum clea­ner. Karena, beragam mate­rial kecil yang hinggap dapat tersedot maksimal oleh alat tersebut. Sebab ditakutkan, jika hanya disapu dan diki­paskan, material kotor akan mengendap dan mengun­dang jamur, sehingga umur karpet cenderung lebih sing­kat dari yang dibutuhkan.

Namun untuk lebih mak­simal, mencuci karpen de­ngan sabun khusus, sete­lah menyerap material ter­se­but harus pula dilakukan. Setelah dicuci bersih, karpet harus dikeringkan semak­simal mungkin agar tidak memendam air yang juga dapat mengundang jamur. Biasanya, pusat carwash menawarkan pencucian kar­pet, namun pemilik ken­da­raan harus teliti melihat jenis gundar apa yang digunakan oleh pekerjanya, agar jangan sampai teknik pencucian itu malah merusak karpet.

Untuk dashboard, tak disangsikan adalah bagian interior yang paling mudah kusam karena kerap kali terkena paparan sinar mata­hari. Dashboard kusam yang begitu dekat dengan pe­ngen­dara sendiri memang se­ring mengundang ketidak­nya­manan saat berken­da­raan. Oleh karena itu, pera­watanya harus dilakukan secara berkala.

Membersihkan debu yang menempel pada dash­board dengan media lembut adalah hal yang dapat dila­kukan setiap waktu. Selain itu, sudut-sudut sempit se­per­ti blower pendinging udara juga dapat dijangkau dengan bantuan kuas kecil dengan permukaan yang lembut pula. Karena apabila langsung mengelap dash­board tanpa mengibaskan materialnya, dikhawatirkan ada material kasar yang dapat menggores permu­kaan dashboard dan meng­ha­silkan baret yang sulit dihilangkan.

Setelah dibersihkan de­ngan kuas atau kemoceng, upayakan mengelap dash­board dengan air hangat bersih atau cairan pem­bersih khusus dengan cara menggosok permukaan dash­board secara merata. Saat menggosok, usahakan jangan terlalu keras saat menekannya.  Setelah dirasa bersih, lap bagian-bagian yang basah tersebut dengan kain khusus agar kering sehingga tidak sampai me­ning­galkan flek di per­mu­kaan dashboard.

Setelah kering, Anda bi­­sa mengoleskan cairan anti UV untuk memberikan per­lin­dungan dan meng­ki­lap­kan permukaan dash­board dan konsol sekaligus untuk men­jaganya dari ke­lem­ba­pan. Jika Anda hen­dak me­mar­kir mobil, se­baik­nya ca­ri tempat yang teduh, tutup se­mua kaca pintu untuk me­minimalisir dari terkena pa­paran sinar matahari dan de­bu. Dan jika Anda hendak me­markir mobil dan me­ning­gal­kan­nya untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya guna­kan tutup atau pe­lin­dung mobil.

Selanjutnya adalah jok. Kenyataannya, banyak pe­mi­lik mobil yang mem­beri­kan perawatan sebatas mela­pisi kain jok dengan pelapis jok atau seat cover. Setelah itu, biasanya tidak dilaku­kan­ apa-apa. Padahal, mes­ki­pun telah diberi pelapis jok, perawatan berkala tetap harus dilakukan, serupa mengelap dan mengen­cang­kan pelapis.

Selain itu, banyak dite­mu­kan jok dengan baret-baret yang dihasilkan oleh guratan benda tajam, selain itu ada pula jok yang bahkan bolong setelah terkena sudu­tan rokok tanpa sengaja. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan barang-barang yang berpeluang menggores jok, serta sedapat mungkin tidak merokok saat berada di dalam mobil.

Bagian atap mobil atau plafon, juga menjadi bagian yang sering dilewatkan oleh pemilik kendaraan. Pada­hal, bagian ini yang langsung bersentuhan dengan papa­ran panas matahari. Untuk itu, perawatan terhadap pla­fon mutlak tetap diper­lu­kan semaksimal mung­kin.

Cara pembersihan pla­fon yang dianjurkan adalah dengan melakukan penge­lapan dengan kain yang tidak terlalu basah. Setelah dirasakan cukup, lanjutkan dengan mengelapnya de­ngan kain kering, hingga benar-benar kering. Arti­nya, jangan biarkan plafon dalam keadaan lembab, karena dapat mengundang tumbuhnya jamur dan keku­sa­man pada bagian tersebut.

Setelah semua bagian ter­sebut terasa bersih dan nya­man, jangan lupa me­ma­sang pengharum ruangan khu­sus mobil. Pengharum amat penting untuk menya­man­kan pengendara, untuk itu pilihlah pengharum yang s­esuai dengan selera. Untuk po­sisinya, banyak yang me­ma­­sanya di depan blower AC, di dekat lampu interior uta­ma, maupun di atas dash­boar. Hal itu juga tergan­tung ke­nyamanan pengendara. ***

 

Oleh:
JULI ISHAQ PUTRA



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Juni 2016 - 02:33:50 WIB

    Merawat Rambut Wanita Berhijab

    Merawat Rambut Wanita Berhijab Rambut yang ditutup sebetulnya jauh lebih sehat, bila kemudian perawatan rambut sehari-hari yang dilakukan baik dan benar, maka rambut tertutup ini akan semakin sehat dan bagus..
  • Sabtu, 09 April 2016 - 01:40:22 WIB
    Usaha Tenun Ibu Yumidra

    Merawat Tradisi dan Meraup Rupiah

    Merawat Tradisi dan Meraup Rupiah Kerajinan tenun songket merupakan salah satu produk tekstil tradisional yang dapat ditemukan di banyak daerah di Indonesia. Masing-masing daerah memiliki ciri dalam teknik pembuatan dan motif. Ciri ini menjadi identitas buday.
  • Sabtu, 02 Januari 2016 - 01:53:23 WIB

    Merawat Mesin Injeksi Sendiri

    Jangan antipati dulu dengan perawatan mesin injeksi. Teknologi mesin modern justru mempermudah perawatan sebuah kendaraan. .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM