OJK Optimis BPR Terus Tumbuh di Sumbar


Rabu, 23 Desember 2015 - 02:44:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Saat ini jumlah BPR di Sumbar terbanyak di Sumatera, mencapai 100 unit, kami optimistis akan terus tumbuh,” kata Wakil Kepala Kantor OJK Sumbar, Bob Hasfian di Padang, Senin.

Menurut dia saat ini aset BPR di Sumbar mencapai sekitar Rp1,5 triliun dan jika dikelola dengan baik maka keberadaannya akan terus berkembang.

“Meski saat ini secara eksternal terjadi pelemahan ekonomi global, namun jika dikelola dengan baik maka BPR akan bertahan,” ujarnya.

Ia mengatakan selama ini yang menjadi penyebab ditutupnya sejumlah BPR karena faktor internal berupa pengelolaan yang tidak profesional dan melanggar asas moralitas.

“Jika pengurusnya jujur, manajemen juga baik maka BPR akan terus bertahan,” ujar dia.

Ia menambahkan selaku otoritas yang berwenang melakukan pengawasan secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap seluruh bank di Sumbar minimal sekali dalam setahun.

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumbar mencatat pertumbuhan aset BPR di Sumbar mulai meningkat tumbuh 7,2 persen pada triwulan III 2015 dibandingkan triwulan II yang hanya 2,7 persen.

Meningkatnya pertumbuhan aset disebabkan pertumbuhan ekspansi penyaluran kredit oleh BPR di Sumbar setelah tumbuh negatif pada dua triwulan sebelumnya, kata Kepala Perwakilan BI Sumbar Puji Atmoko.

Ia mengatakan perkembangan dana pihak ketiga (DPK) BPR di Sumbar menunjukkan kecenderungan perbaikan dengan pertumbuhan yang cukup tinggi.

Jumlah DPK yang berhasil dihimpun BPR pada triwulan III mencapai Rp1,18 triliun dengan per­tumbuhan sebesar 15,1 persen atau tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang hanya 9,4 persen, ujar dia.

Meningkatnya pertumbuhan DPK tersebut terjadi pada seluruh jenis simpanan, dengan pertumbuhan terbesar pada deposito dan kemudian tabungan, lanjut dia.  (h/ans)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:25:53 WIB

    OJK Cabut Izin Usaha BPR Mitra Bunda Mandiri

    PADANG, HALUAN — Otoritas Jasa Ke­uangan (OJK) sebagai otoritas yang mengatur dan mengawasi lembaga keuangan, telah mencabut izin usaha PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Bunda Mandiri terhitung 22 Januari 2016..
  • Jumat, 15 Januari 2016 - 03:16:26 WIB

    OJK Terbitkan Izin Usaha Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan

    JAKARTA, HALUAN — Oto­ritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan persetujuan izin usaha kepada Lembaga Penge­lola Informasi Perkreditan (LPIP)..
  • Kamis, 31 Desember 2015 - 03:59:48 WIB

    Gadai Online Siap Ikut Aturan OJK

    JAKARTA, HALUAN — Aturan minimum modal gadai swasta didukung oleh pelaku gadai online. Meski belum ada aturan detail yang menjelaskan aturan gadai bisnis online, namun pelaku gadai online siap ikut dalam aturan yang dikelua.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM