Koto Marapak Wakili Pariaman dalam Penilaian PKK KB-Kes


Rabu, 23 Desember 2015 - 02:35:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Wakil Walikota Pa­ria­man, Genius Umar menga­takan mengatakan,  ke­da­tang­an tim penilai jelas memberikan arti yang besar terhadap pembangunan Ko­ta Pariaman dalam me­ning­katkan kesejahteraan ma­sya­rakat. Dan kegiatan ini hen­dak­nya mampu menjadi se­suatu yang efektif dan ber­manfaat dalam upaya me­nunjang pembangunan da­erah dengan prestasi-prestasi dalam setiap bidang.

Saat ini,  Kota Pariaman dengan 4 kecamatan punya 7 unit puskesmas induk, 12 unit puskesmas pembantu, 18 unit polindes serta 42 unit poskesdes.  Dan ter­hadap pelayanan KB, juga telah tersedia unit pe­la­yanan KB untuk men­jang­kau wilayah- wilayah yang ada di Kota Pariaman yang didukung  mobil unit pe­ne­ra­ng­an KB guna mem­beri­kan informasi program KB dan kesehatan kepada masyarakat.

Genius menjelaskan, setiap tahun Pemerintah Kota Pariaman terus me­leng­kapi sarana pelayanan KB dan kesehatan untuk Puskesmas, bidan desa dan para kader,  seperti Obgyn Bed, KIE Kit, Implant Kit, IUD Kit dan BKB Kit.

Sementara dari segi per­sonel, kota ini telah  me­miliki  178 orang bidan tersebar di berbagai institusi pelayanan kesehatan se­bagai tenaga pelayanan dan 14 orang penyuluh KB se­bagai tenaga motivator yang sudah dilengkapi dengan kendaraan roda dua dan media penyuluhan lainnya serta 137 Posyandu dengan dukungan kader sebanyak 1.090 orang,

Wakil Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny Lucy Genius mengatakan, ke­giatan penilaian sekaligus evaluasi kesatuan gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2015 ting­kat Provinsi Su­ma­tra Barat, Kota Pariaman diwakili  De­sa Koto Marapak.

Operasional kesatuan gerak PKK KB-Kes  di­fo­kus­kan kepada upaya pe­ning­katan partisipasi ke­luarga dalam pelayanan Keluarga Berencana, pe­rila­ku hidup bersih dan se­hat(PHBS), kesehatan ling­kung­an dan meningkatkan aktifitas Posyandu sebagai sarana pelayanan kesehatan terpadu.

Tim penilai Provinsi Sumbar yang diketuai Eti Zachclul mengatakan, ke­datangan­nya tidak hanya sekedar menilai tapi juga melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap pro­gram PKK-KB Kes yang sudah dilaksanakan di Kota Pariaman secara umum.

Tim menilai empat ka­tegori yaitu, pelaksanaan terbaik PKK-KB kes , pe­lak­sanaan terbaik Posyandu, pelaksanaan terbaik ling­kungan bersih dan sehat, pelaksana PHBS rumah tangga.

­Ketua tim juga mem­per­kenalkan anggota tim yang dibawa dari Provinsi Sum­bar, yaitu Nazli Nazir dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Amrison dari BKKBN Provinsi Su­matera Barat, dan Fauziah dari PKK Provinsi Sumatera Barat. (h/tri)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 Agustus 2018 - 16:42:23 WIB

    Semarak HUT ke-73 RI, Pawai Alegoris di Nagari Kotobaru Meriah

    Semarak HUT ke-73 RI, Pawai Alegoris di Nagari Kotobaru Meriah AROSUKA, HARIANHALUAN--Ribuan warga Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok tumpah ruah menyaksikan pawai alegoris yang digelar nagari itu dalam rangka memeriahkan perayaan hari ulang tahun ke 73 kemerdekaan RI, S.
  • Rabu, 14 Februari 2018 - 09:43:11 WIB

    Jalan Lingkung Koto Tinggi Agam Diresmikan

    Jalan Lingkung Koto Tinggi Agam Diresmikan AGAM, HARIANHALUAN.COM – Bupati Agam Indra Catri meresmikan pemakaian jalan beton lingkung Jorong Koto Tinggi, Nagari Ampek Koto, Kecamatan Palembayan yang dibangun PT.PLN, Senin (12/2). .
  • Jumat, 28 Juli 2017 - 17:13:06 WIB

    Irigasi Nagari Koto Tinggi Sudah 10 Tahun Tidak Berfungsi

    Irigasi Nagari Koto Tinggi Sudah 10 Tahun Tidak Berfungsi AGAM, HARIANHALUAN.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Doddi bersama masyarakat Jorong  Kubang Pipik Nagari  Koto Tinggi Kecamatan Baso bersihkan saluran irigasi yang telah rusak parah dan  tidak dapat difungsi lag.
  • Kamis, 20 April 2017 - 09:56:51 WIB

    Nagari Koto Nopan Lestarikan Gordang Sambilan

    Nagari Koto Nopan Lestarikan Gordang Sambilan PASAMAN, HALUAN--Bupati Pasaman, Yusuf Lubis berharap mengapresiasi kesungguhan masyarakat Nagari koto Nopan dalam melestarikan, kesenian tradisional Gordang Sambilan.Gordang Sambilan adalah kesenian tradisional khas Rao Pasa.
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 00:52:46 WIB

    Man Koto Baru Raih Adiwiyata Nasional

    KOTOBARU, HALUAN — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Koto Baru Kab. Solok kembali menorehkan prestasi besar di penghujung tahun 2016 ini. Anugerah prestisius Adiwiyata Nasional (sekolah berwawasan lingkungan) diterima madrasah i.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM