Pembangunan Kawasan Wisata Mandeh Terus Ditingkatkan


Rabu, 23 Desember 2015 - 02:32:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kepala Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif Pesssel H Gunawan  mengatakan, pada tahun 2016  juga dialokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,3 Milyar , dana yang cukup besar tersebut  diguna­kan untuk  membenahi kawasan Mandeh disekitar air Terjun  Sungai Gemuruh Mandeh  seperti, pemba­ngunan dermaga tempat mendarat  parahu,  speed booad  dan kebutu­han lainnya   

Pemda Provinsi Sumbar juga mengalokasikan dana APBD Pro­vinsi 2016  sebesar Rp 300 Milyar , dana tersebut lebih dititik beratkan untuk pembangunan insfrasruktur seperti, jalan dan jembatan    dari Carocok menuju sungai Pisang Padang, kemudian pembangunan pelabuhan  kapal di Carocok sebesar Rp 13 Milyar , katanya

Ia menambahkan, Kawasan objekwisata Mandeh  mendapat bantuan pemerintah mulai  dari tingkat kabupaten sampai ketingkat  pusat, hal ini patut disyukuri oleh masyarakat Pessel , tanpa adanya dukungan dana  dari pemerintah  provinsi dan pusat tentu pemba­ngunannya tidak bakal terlaksana  secara maksimal

Kawasan Mandeh masuk dalam Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN), namun perlakuan untuk pengembangan kawasan Mandeh setera dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) membutuhkan dukungan partisipasi semua pihak baik peme­rintah mapun masyarakat .

Kawasan objekwisata Mandeh juga menawarkan berbagai atraksi  wisata seperti, seperti Snocling, Jumping, Menyelam dan atraksi lainnya, guna menarik simpatisan masyarakat agar Mandeh dapat dijadikan salah satu tujuan wisata di Sumbar .

Pemda Pessel dan Masyarakat sepakat  menjadi kan Mandeh sebagai kawasan wisata eklusif, aman dan nyaman bagi pengunjung, jaminan keamanan merupakan tekad masyarakat dan pemerintah agar pengunjung yang datang kekawasan akan merasa puas, aman dan nyaman 

Sementara itu, Pemda Pessel melalui alokasi daerah  2016 akan melakukan pembenahan kawasan objekwisata Air terjun Bayang Sani  yang terletak di kecamatan Bayang  dan jembatan akar  di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara Pessel

Pada kawasan objekwisata Ba­yang Sani akan dilakukan penguru­kan batu Besar untuk dijadikan kolam  tempat pemandian bagi wisatawan, kemudian di kawasan wisata Jembatan akar  akan dibanun MCK dan  kamar   bilas bagi wisata­wan, ke 2 kawasan wisata ini setiap tahun terutama menjelang mema­suki ramadhan dan hari raya idul Fitri di banjiri oleh pengunjung . (h/mjn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:25:57 WIB

    TMMD ke 103 di Pessel. Bupati Hendrajoni: Kerja Nyata Dalam Pembangunan Nagari

    TMMD ke 103 di Pessel. Bupati Hendrajoni: Kerja Nyata Dalam Pembangunan Nagari PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Program TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD) Reguler ke-103 tahun 2018 di wilayah Kodim 0311/Pessel, secara resmi dibuka ditandai dengan upacara yang dipimpin oleh Bupati Pesisir Selatan Hendr.
  • Kamis, 09 Agustus 2018 - 20:30:59 WIB

    Banyak Lansia di Payakumbuh, Pertanda Suksesnya Pembangunan

    Banyak Lansia di Payakumbuh, Pertanda Suksesnya Pembangunan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Jumlah penduduk yang lanjut usia (lansia) di Kota Payakumbuh yang terus meningkat, dianggap menjadi pertanda kesuksesan pembangunan. Sebab, semakin banyak penduduk lansia berarti semakin banyak p.
  • Selasa, 20 Februari 2018 - 20:17:52 WIB

    Kementerian Maritim Pioritaskan Pembangunan Teluk Tapang Pasbar

    Kementerian Maritim Pioritaskan Pembangunan Teluk Tapang Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM- Pembangunan jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mendapat perhatian serius dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk segera .
  • Selasa, 02 Januari 2018 - 22:10:13 WIB

    Pembangunan Tarok City Mulai Dirampungkan

    Pembangunan Tarok City Mulai Dirampungkan PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni berkunjung ke Kampus UIN II Lubuk Lintah Padang, Senin (1/1/2018). Kunjungan ini salah satunya bertujuan untuk matangkan rencana pembangunan Kawasan Pend.
  • Sabtu, 17 Juni 2017 - 00:49:02 WIB

    Sinkron Antar Instansi Kurang, Pembangunan Tidak Terarah

    Sinkron Antar Instansi Kurang, Pembangunan Tidak Terarah LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Pembangunan dan penataan ruang di Limapuluh Kota disebut Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan cenderung tidak berkesinambungan, dan tidak terarah. Kondisi itu diakibatkan tidak adanya sinkron.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM