Dinkes Targetkan Dokter Kecil Maju Tingkat Nasional


Rabu, 23 Desember 2015 - 02:27:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Tahun 2016, kita menargetkan untuk dokter kecil dari sekolah dasar di Agam bisa masuk tingkat nasional,” kata Kepala Dinas Kesehatan Indra didampingi Kasi Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM), Azra Nofrizal di Lubuk Basung.

Ia menjelaskan, pada 2016 telah menggangarkan dana sekitar Rp25 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam, untuk melaksanakan penilaian lomba dokter kecil di tingkat kecamatan dan Kabupaten Agam.

Disamping itu, pihaknya juga akan melaksanakan lomba untuk kader Posyandu yang berada di 23 Puskesmas yang ada di Kabupaten Agam. Tambahnya, kriteria penilaian yakni, penilaian kecerdasan, pengetahuan terhadap kesehatan, interaksi sosial, kepemimpinan dan analisa.

Saat ini jumlah dokter kecil sebanyak 3.446 murid dari 470 unit sekolah dasar (SD) di 16 kecamatan. Sedangkan untuk kader Posyandu tercatat sebanyak 850 orang.

“Pada 2015, dokter kecil dan kader Posyandu Kabupaten Agam hanya bisa masuk tiga besar di Provinsi Sumatera Barat dan diharapkan pada 2016 bisa masuk ketingkat nasional,” katanya.

Untuk itu, pada 2016 akan dilakukan berbagai pembinaan kepada peserta agar bisa masuk ke tingkat nasional. Itu dimulai dengan persiapan dan pembinaan.

Selain mencari utusan dari Kabupaten Agam, lomba ini juga bertujuan untuk menciptakan kader-kader anak bangsa yang memiliki pola pikir hidup sehat.

Lalu, membangun pola pikir sikap dan perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk meningkatkan derajat kesehatan diri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lainnya.

“Kami berharap dengan lomba yang akan dilaksanakan pada 2016 terciptakan generasi yang berprilaku hidup sehat dan bersih,” ujarnya. (h/amc)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 01 Juni 2017 - 19:33:36 WIB

    Pernah Ada Pesta Gay di Payakumbuh, Dinkes: 625 Pria Terdeteksi LGBT

    Pernah Ada Pesta Gay di Payakumbuh, Dinkes: 625 Pria Terdeteksi LGBT PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Masyarakat beberapa waktu lalu sempat geger dengan terbongkarnya pesta seks antara laki-laki dengan laki-laki atau yang disebut pasangan gay di Jakarta. Ternyata pesta yang sama juga pernah ter.
  • Rabu, 31 Mei 2017 - 12:19:30 WIB

    PKK-Dinkes Mentawai Sinergi Berantas TB

    MENTAWAI, HALUAN–Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK) Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Mentawai akan bersinergi mengentaskan penyakit Tubercolocis (TB) di Kepulauan Mentawai, dimana penyakit.
  • Rabu, 26 April 2017 - 09:49:07 WIB

    Dinkes Pasaman Gelar Pemeriksaan IVA Gratis

    PASAMAN, HALUAN - Deteksi dini gejala kanker serviks (kanker rahim), Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman gelar pemeriksaan Insveksi Visual Asam Asetat atau biasa dikenal IVA tes bagi 3.000 Ibu Rumah Tangga (IRT) di daerah itu. .
  • Jumat, 16 September 2016 - 02:42:13 WIB

    Dinkes Tingkatkan Pengawasan Peredaran Obat Palsu

    PASAMAN, HALUAN — Untuk meng­antisipasi peredaran obat palsu dan kadaluarsa, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman mulai meningkatkan pengawasan peredaran obat kesejumlah Apotek yang ada..
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 03:42:17 WIB

    Dinkes Lakukan Pembinaan Kesehatan Anak Usia Sekolah

    Dinkes Lakukan Pembinaan Kesehatan Anak Usia Sekolah PARIAMAN, HALUAN — Dinas Kesehatan Kota Pariaman dalam waktu dekatakan me­lakukan penjaringan dan pem­binaan kesehatan anak usia sekolah. Untuk itu, Selasa, (26/7), 20 orang tenaga Promkes dari 7 puskesmas di Kota Paria­.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM