Jaga Keseimbangan Asupan Makanan Bagi Lansia


Senin, 21 Desember 2015 - 01:26:53 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Karena seiring daya ta­han tubuh yang makin le­mah, kekurangan asupan gizi melalui makanan akan berakibat sulitnya lansia menjalani kehidupan se­hari-hari. Untuk itu, per­hatian dari anak atau orang-orang di sekitar lansia mut­lak amat dibutuhkan, agar asupan gizi lewat makanan bagi lansia tetap terpenuhi.

Dokter Ahli Gizi RSUP Dr. M. Djamil Padang Dr Rifza kepada Haluan ke­marin mengatakan, sama seperti manusia secara umum, keseimbangan ma­kanan yang dikonsumsi lan­sia harusnya memenuhi tiga sumber kebutuhan. Yai­tunya  sumber zat tenaga, sumber zat pembangun dan sumber zat pengatur.

“Sumber zat tenaga tentu berasal dari makanan yang memiliki kandungan kar­bohidrat serupa nasi dan jagung. Namun untuk porsi dan jadwal makan, se­baik­nya diatur secara rutin bagi lansia. Sedangkan sumber zat pembangun berasal dari makanan yang mengandung protein, baik hewani mau­pun nabati. Namun, jika pada anak-anak dan remaja protein berguna untuk me­numbuhkembangkan jari­ngan, maka bagi lansia pro­tein berguna untuk meng­ganti jaringan yang rusak,” jelas Rifza, Sabtu (20/12).

Ia melanjutkan, untuk sumber zat ketiga yang dibu­tuhkan adalah sumber zat pengatur yang didapatkan melalui sayur dan buah-buahan. Kecenderungan ba­nyak lansia yang jarang meng­konsumsi sayur dan buah-buahan tersebut sangat mudah ditemui. Padahal, kegunaannya amat penting sebagai pengatur dan pe­nyeleksi makanan yang di­konsumsi.

“Buah dan sayur itu iba­rat polisi dalam tubuh kita. Ia bisa mengatur mana yang baik dan buruk bagi tubuh atau dengan kata lain me­nangkal radikal bebas. Buah dan sayur sangat penting bagi lansia dan harus men­jadi perhatian karena selama ini banyak yang acuh, baik lansia itu sendiri, maupun orang-orang di sekitarnya,” lanjutnya.

Selain itu, kebutuhan penting lain bagi lansia ada­lah memastikan konsumsi air putih dan olahraga yang mencukupi setiap harinya. Karena menurut Rifza, lan­sia cenderung malas meng­konsumsi air putih, untuk­ itu dianjurkan untuk me­minumnya sedikit-sedikit, namun dalam periode se­sering mungkin. Selain itu, aktifitas olahraga yang co­cok bagi lansia adalah me­lakukan jalan santai dan peregangan semampunya. Aktifitas ini sebaiknya di­mulai pagi-pagi sekali se­belum matahari terbit di mana paparan udara masih tergolong bersih.

“Yang juga patut diawasi adalah kebiasan lansia meng­­konsumsi makanan cepat saji dan goring-go­rengan, itu sangat tidak dian­jurkan dan harus dibatasi sesegera mungkin. Jika lan­sia memang suka ngemil, upayakan cemilan yang ber­gizi bagi mereka,” tukasnya. (h/mg-isq)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 Januari 2016 - 02:39:45 WIB

    Menjaga Kulit Tetap Nyaman di Cuaca Ekstrim

    Menjaga Kulit Tetap Nyaman  di Cuaca Ekstrim JAKARTA, HALUAN — Pe­rubahan cuaca di peng­hu­jung tahun, kerap me­nim­bulkan masalah pada kulit karena terjadi perubahan drastis pada kelembaban kulit. Banyaknya aktivitas ditambah udara yang dingin dan kering dapat m.
  • Rabu, 06 Januari 2016 - 02:40:00 WIB

    dr. Tan: Sehat, Jaga Makanan dan Banyak Bergerak

    dr. Tan: Sehat, Jaga Makanan dan Banyak Bergerak “Kesehatan itu harus bersifat hakiki. Kalau kita sakit, harus dicari penye­babnya. Bukan cuma geja­lanya yang diatasi, itu bukan penyembuhan, tapi meng­ulur-ngulur permasalahan.”.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM