PBB Kecam Iran dan Korut Langgar HAM


Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:34:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Sebanyak 119 negara mendukung resolusi yang mengecam pelanggaran berat di Korut dan mendorong Dewan Keamanan PBB untuk mengajukan Pyongyang ke Mahkamah Pidana Internasional.

Resolusi yang dirancang Uni Eropa dan Jepang itu ditentang oleh 19 negara termasuk sekutu Korut, Tiongkok, Rusia, Sudan, Kuba, Iran, Mesir, Zimbabwe dan Venezuela. Sebanyak 48 negara abstain.

Jumlah suara itu menunjukkan kecaman lebih keras terhadap Korut, dibandingkan resolusi serupa pada 2014 yang diadopsi dengan 116 mendukung, 20 menentang, dan 53 abstain. Resolusi itu menuntut penutupan jaringan penjara Korut yang diduga menampung 100 ribu tahanan dalam kondisi mengerikan.

Korea Utara bereaksi keras terhadap resolusi itu, dan menyebutnya sebagai “produk konfrontasi politik” oleh Amerika Serikat dan para sekutunya. Sebuah reso­lusi yang dirancang Kanada dan mengungkap kepri­ha­tinan serius atas hukuman mati di Iran diadopsi dengan suara 81 mendukung, 37 menentang dan 67 abstain.

Iran mendapat kritikan keras atas pemberlakuan hukuman mati yang kejam, dengan lebih dari 800 orang telah dieksekusi tahun ini, dan merupakan angka tertinggi dalam beberapa tahun. Resolusi tersebut merupakan yang pertama dibuat atas catatan hak asasi manusia Iran, yang diadopsi sejak tercapainya kesepa­katan nuklir bersejarah dengan negara-negara besar.

Di antara negara yang menentang resolusi itu adalah Tiongkok, Kuba, Rusia, Suriah, Afrika Selatan, India, Indonesia, Irak dan Lebanon. Resolusi tersebut tidak mengikat, namun secara politis penting sebagai bentuk penilaian internasional terhadap rejim-rejim tersebut, demikian laporan AFP. (h/ant)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:09:56 WIB

    PBB Setuju Lanjutkan Misi di Kolombia

    NEW YORK, HALUAN — Dewan Ke­amanan PBB pada Senin setuju untuk melanjutkan pe­ngerahan misi baru PBB untuk Kolombia, yang akan mengawasi gencatan senjata sam­pai sebuah perjanjian damai final ter­ca­pai..
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:54:55 WIB

    PBB Prihatin Krisis di Irak Utara

    New York, HALUAN— Seorang pejabat senior PBB pada Selasa (18/10) menyuarakan keprihatinan yang mendalam atas peningkatan krisis kemanusiaan di Mosul, kota di Irak Utara..
  • Selasa, 27 September 2016 - 02:24:12 WIB

    Dubes AS PBB Sebut Rusia Bertindak Barbar

    SURIAH, HALUAN — Duta Besar AS untuk PBB menuduh Rusia melakukan tindakan barbar dalam pemboman di Aleppo, Suriah. Ia meminta Rusia mengakui tuduhan itu..
  • Jumat, 23 September 2016 - 02:32:07 WIB

    Duterte Undang Sekjen PBB

    MANILA, HALUAN — Terus dikritik soal pembunuhan di luar hukum, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengundang Sekjen PBB dan pakar HAM internasional untuk menyelidiki dirinya. Duterte juga meminta mereka menghadapinya secara .
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 06:13:43 WIB

    Kevin Rudd Minta Dukungan Jadi Sekjen PBB

    Kevin Rudd Minta Dukungan Jadi Sekjen PBB PERTH, HALUAN — Mantan Perdana Menteri (PM) Australia, Kevin Rudd, secara resmi telah meminta dukungan dari negara untuk mendukung pencalonan dirinya sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perse­rikatan Bangsa-Bangsa (PBB) m.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM