Dumai Akan Akreditasi Seluruh Puskesmas


Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:04:05 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Paisal, kepada sejumlah awak media, mengatakan semua Puskesmas sekarang ini tengah dipersiapkan menuju terakreditasi sebagai suatu kewajiban atas fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama.

Pihaknya sejauh ini terus melaksanakan berbagai langkah guna terwujudnya akreditasi Puskesmas tersebut, seperti studi banding ke Puskesmas Selomerto Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, bersama DPRD Dumai beberapa waktu lalu.

“Hasil studi banding ini langkah awal untuk mengenal, menyusun perencanaan dan persiapan menuju Puskesmas terakreditasi untuk dilaksa­nakan di Dumai. Semua itu tentunya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” katanya.

Dari kegiatan studi banding ini disepakati Dinas Kesehatan Dumai bersama Puskesmas harus segera melakukan berbagai langkah dan upaya guna mencapai status terakreditasi, dan DPRD akan mendukung penganggaran yang diperlukan.

Langkah lainnya, kata dia, mengadakan sosialisasi program akreditasi tingkat Puskesmas kepada semua stakeholder  terkait, seperti, Kepala Puskesmas dan jajaran, pegawai yang dipilih sebagai tim atau panitia persiapan akreditasi, para kepala bidang dan seksi Dinkes.

Selanjutnya, pelatihan pendamping akreditasi pada 15-27 November 2015 dengan pemateri dari Balai Pelatihan Teknis Petugas Kesehatan (BPTPK) Gombong, Jawa Tengah, dan Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Yogyakarta.

“Peserta pelatihan pendamping akreditasi Dumai dinyatakan lulus dan bersertifikasi, dan dilanjutkan menggelar workshop diseminasi instrumen dan standar Puskesmas. Akreditasi Puskesmas diatur dalam UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,” ujarnya.

Langkah mewujudkan Puskesmas ter­akre­ditasi ini, pungkasnya, membutuhkan usaha keras dan melibatkan berbagai pihak baik internal maupun eksternal agar memberikan nilai strategis dalam pemberian jaminan mutu layanan kepada masyarakat. (h/zul)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 Mei 2017 - 07:25:38 WIB
    OPERASI PEKAT 2017

    Polres Dumai Amankan Ratusan Miras

    DUMAI, HALUAN - Polres Dumai melakukan operasi Penyakit masyarakat (Pekat) dibeberapa titik lokasi, operasi dilakukan selama dua hari dan berhasil menyita ratusam Minuman keras (Miras) berbagai jenis merk. .
  • Sabtu, 06 Mei 2017 - 03:10:51 WIB

    Dumai Dilanda Banjir

    Dumai Dilanda Banjir DUMAI, HALUAN - Polres Dumai mengerahkan personil didukung sejumlah kendraan operasional dalam rangka tanggap banjir, Jumat (5/5). Genangan yang muncul merata di hampir seluruh kawasan kota dipicu hujan deras jelang Subuh hi.
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:21:48 WIB

    Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Dumai, TNI Ambil Bagian

    SIAK, HALUAN — Koramil 09/Minas Siak, Riau memfasilitasi pembebasan lahan warga setempat yang terkena pembangun jalan tol Pekanbaru-Dumai. .
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:11:36 WIB

    164 Tempat Hiburan Dumai Tak Berizin

    DUMAI, HALUAN – Sekitar 164 tempat usaha atau tempat hiburan di Kota Dumai, Provinsi Riau, seperti gelanggan permainan (gelper), biliar, salon, wisma, panti pijat, kara­oke dan warnet tidak mengantongi izin usaha..
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 01:34:11 WIB

    Dukun Gadungan Tipu Warga Dumai Rp70 Juta

    Dukun Gadungan Tipu Warga Dumai Rp70 Juta DUMAI, HALUAN — Se­orang war­ga Dumai Anton Se­tiawan Wija­ya (23), akhirnya mela­porkan du­kung gadungan, Arm, yang bera­la­mat di Lubuk Gaung, Kecamatan Su­ngai Sem­bilan, Dumai. Korban me­rasa tertipu karena .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM