33 Tahun SMK-PP N Padang Mengatas


Sabtu, 19 Desember 2015 - 01:40:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
33 Tahun SMK-PP N Padang Mengatas Siswa dan guru SMK PP Padang Mengatas.

Pada 20 Desember ta­hun 2015 ini, tidak terasa sekolah yang berada di Ka­bupaten Limapuluh Kota ini sudah berumur 33 tahun.

“Ya, sudah 33 tahun berdirinya SMK PP N Pa­dang mengatas ini,” ujar Nensardi, Kepala SMK PP N Padang Mengatas.

Semenjak berdiri, se­kolah yang bertetanggaan dengan Balai Pembibitan Unggul (BPTU) Padang Mengatas ini, setidaknya sudah mengganti namanya tiga kali. Dari awal, bernama Sekolah  Pertanian Pem­bangunan (SPP), Sekolah Peternakan Menengah Atas (Snakma) Padang Me­n­ga­tas. Kemudian, sampai 2006 berganti lagi menjadi UPT SPP Negeri Padang Me­nga­tas dan di tahun 2010 sam­pai sekarang menjadi SMK PP Negeri Padang Menga­tas. Sekolah dengan enam kali pergantian pimpinan itu, sampai saat ini telah memiliki 2.830 lulusan.

“Semenjak berdiri, su­dah ada 33 angkatan dengan 2.830 lulusan. Alumni su­dah banyak tersebar di Indo­nesia,” ucap Nensardi.

Nensardi yang telah me­n­jabat sebagai Kepala SMK PP  Negeri Padang Me­nga­tas semenjak 2013 lalu itu menjelaskan, dari berdiri sampai sekarang, banyak perubahan yang berarti di SMK PP Negeri Padang Mengatas.

Seperti dari fisik pem­bangunan sekolah dan pres­tasi yang telah diraih selama ini. Sekolah yang dibangun di atas lahan seluas 8 hektare tersebut, kini sudah di­leng­kapi berbagai gedung pen­dukung proses belajar men­gajar.

Seperti asrama siswa dengan kapasitas 125 siswa, gedung pertemuan dan ser­ba guna, masjid, ruangan belajar, perpustakaan, labor, lapangan olahraga serta di­leng­kapi fasilitas IT se­per­ti internet dan komputer. Dari segi prestasi, tidak terhitung lagi diperoleh SMK PP Ne­geri Padang Mengatas.

 Bahkan, di tahun 2015 ini, sekolah kejuruan dengan hasil UN yang paling bagus setiap tahunnya di Lima­puluh Kota ini, berhasil juara LKS tingkat nasional.

“Untuk menuju sekolah sukses, yang saya terapkan hanya 3P,” terang Nensardi lagi.

Yaitu, penampilan, pela­yanan dan prestasi (3P). “Penampilan harus ba­gus, pelayanan harus baik se­hing­ga nantinya prestasi akan mengalir. Ini yang membuat besar SMK PP Negeri Padang Mengatas,” ujarnya.

Sekolah dengan pro­gr­am keahlian Agribisnis Pro­duk Ternak ini, juga me­mi­liki hewan peliharaan se­ba­gai praktek siswa. Kandang yang berada di belakang sekolah, dipelihara 8 sapi, 3 kambing dan 2 biri-biri untuk praktek lapangan bagi siswanya. 

Salah seorang guru yang telah mengajar semenjak sekolah tersebut berdiri menceritakan, dari tahun ke tahun banyak perubahan ke arah positif yang terjadi di SMK PP Negeri Padang Mengatas. Seperti jumlah siswa yang meningkat setiap tahunnya, kondisi ling­kung­an sekolah dan infrastruktur yang  dimiliki SMK PP  Negeri Padang Mengatas.

 ”Banyak yang berubah bahkan sekolah ini jauh lebih maju dari kondisi saat berdiri dahulu,”ujar Mirda Herdi, siswa tamatan tahun 1986 tersebut.

Selain alumni dari SMK PP Negeri Padang Me­nga­tas, Mirda Herdi yang saat ini sudah menjadi Wakil Kepala Sekolah itu me­ra­sa­kan perubahan di sekolah tersebut.

 Saat ini, memasuki umur ke-33 tahun, SMK PP Negeri Padang Mengatas memiliki 442 siswa dengan 63 guru pengajar.  Begitu juga, sekolah yang ber­se­be­lahan dengan Markas De­ta­semen Zeni Tempur II Pa­dang Mengatas itu juga me­mili­ki paket keahlian baru Agribisnis Ternak Unggas.

 Saat perayaan yang ke-33 tahun ini, SMK PP Ne­geri Padang Mengatas hanya dirayakan sesederhanya m­u­­­ng­kin. Hari jadi  diisi be­rbagai perlombaan antar sekolah di Kabupaten Lima­puluh Kota.

“Perayaan hari jadi su­dah dimulai semenjak se­pe­kan yang lalu,”ucapnya.

 Seperti jalan sehat ke lahan BPTU Padang Me­nga­tas bersama masyarakat di Kecamatan Luak pada Mi­ng­gu (13/12) kemarin. Ke­seni­an KIM, olahraga ke­a­kra­ban antar sekolah se­perti perlombaan voli antar SMP dan futsal antar SMA dan SMP se- Kabupaten Lima­puluh Kota. 

“Lomba futsal dan voli hingga Jumat ini dan 20 Desember diadakan acara puncak,” ucapnya. Acara puncak diisi dengan se­re­moni dan pertemuan antar alumni serta kegiatan ber­sa­ma Dinas Pendidikan Ka­­­bu­paten Li­mapuluh Kota.  ***

 

Laporan:
DADANG ESMANA
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 20 Februari 2016 - 00:19:41 WIB
    Koppas Talawi

    2015, Bukukan SHU Rp233,4 Juta

    2015, Bukukan SHU Rp233,4 Juta Koperasi Pasar (Koppas) Talawi lahir dan berkembang menjadi salah satu koperasi terbaik di Kota Sa­wahunto. Sejumlah prestasi mem­banggakan juga berhasil diraih koperasi iini. Keberhasilan itu ten­tunya tak terlepas dari s.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM