Jepang Bebaskan Visa Paspor Dinas dan Diplomatik


Jumat, 18 Desember 2015 - 03:15:05 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kita sudah sepakat un­tuk membebaskan visa bagi pas­por dinas dan pas­por diplomatik kedua negara bila masuk ke Jepang dan sebaliknya mereka masuk ke Indonesia,” papar Men­lu Retno Marsudi saat kon­pe­rensi pers bersama seusai pertemuan 2+2 dengan pi­hak Jepang di hotel New Otani Tokyo.

Selain soal visa Menlu juga menyampaikan sema­kin pentingnya kerjasama kedua pihak.

“Oleh karena itu kita sepakat bentuk Hot Line antar kita berempat. Menlu dengan menlu dan Men­han­kam dengan Menhankam. Dengan demikian komu­ni­kasi akan semakin baik kerjasama pun semakin me­ningkat,” katanya.

Selain itu Menlu Retno juga mengajak Jepang aktif sebagai pengamat di IORA (Indian Ocean Rim Asso­ciation) di mana Indonesia kini sebagai Ketuanya.

“Dari IORA kita sepa­kat agar semua pihak men­jadikan kawasan Kaut China Selatan supaya stabil, aman, nyaman dan menghentikan semua aktivitas yang me­lang­­gar hukum inter­na­sio­nal. China tampaknya me­ma­tuhi hal tersebut,” tekan­nya lagi.

Indonesia sendiri tidak ter­libat dalam persoalan claim di laut China Selatan, ja­di berharap sekali China bi­sa penuh meng­im­ple­men­ta­sikan keputusan IORA ter­sebut dengan baik agar meng­hentikan kegiatan ti­dak se­suai hukum inter­na­sio­nal.

Pertemuan 2+2 dise­pakati bersama untuk di­adakan tiap dua tahun sekali dan berikutnya akan dila­kukan tahun 2017 kemung­kinan di Indonesia. (h/trn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 04 Juli 2018 - 11:41:42 WIB

    Tragedi 25 Menit, Jepang Tersingkir Secara Dramatis

    Tragedi 25 Menit, Jepang Tersingkir Secara Dramatis MOSKOW, HARIANHALUAN.COM-Pelatih Jepang, Akira Nishino, menyebut kekalahan 2-3 yang dialami timnya dari Belgia pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 sebagai tragedi. Jepang memang hampir saja lolos ke babak 8 besar setel.
  • Selasa, 03 Juli 2018 - 07:52:26 WIB

    Dramatis, Jepang Dikalahkan Belgia 2-3

    Dramatis, Jepang Dikalahkan Belgia 2-3 MOSKOW, HARIANHALUAN.COM-Timnas Jepang mengalami kekalahan dramatis 2-3 dari Belgia pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Selasa dini hari (3/7)..
  • Senin, 14 Mei 2018 - 16:49:22 WIB

    Bom di Indonesia, Menlu Jepang Prihatin dan Sampaikan Belasungkawa

    Bom di Indonesia, Menlu Jepang Prihatin dan Sampaikan Belasungkawa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM--Aksi teror yang mengguncang beberapa lokasi di Kota Surabaya menjadi perhatian dunia. Ucapan belasungkawa pun dan datang dari berbagai negara, salah satunya Jepang..
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:15:54 WIB
    KUNJUNGI PEARL HARBOR

    PM Jepang Bersumpah Tak Akan Lagi Sulut Perang

    PM Jepang Bersumpah Tak Akan Lagi Sulut Perang HONOLULU, HALUAN — Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, dan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengunjungi monumen peringatan USS Arizona di Pearl Harbor untuk mengenang mereka yang gugur dalam serangan Jepang.
  • Senin, 19 Desember 2016 - 01:20:27 WIB
    WABAH FLU BURUNG

    Jepang Musnahkan Ratusan Ribu Unggas

    TOKYO, HALUAN—Wabah flu burung diduga semakin menyebar di berbagai pen­juru wilayah Jepang. Pasal­nya, otoritas Jepang kembali memusnahkan ratusan ribu unggas di wilayah Hokkaido..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM