Dana Kemitraan Triwulan IV/ 2015

Telkom Sumbar Kucurkan Rp1,958 Miliar


Jumat, 18 Desember 2015 - 02:54:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Telkom Sumbar Kucurkan Rp1,958 Miliar GENERAL Manager Telkom Witel Sumbar Muskab Muzakar berfoto bersama usai menye­rahkan dana kemitraan, Kamis (17/12) di Kantor Telkom Padang Baru.

General Manager Tel­kom Witel Sumbar Muskab Muzakar menye­rahkan da­na kemitraan tersebut se­cara simbolis, Kamis (17/12) di Kantor Telkom Padang Baru, bersamaan dengan kegiatan pembekalan yang dihadiri seluruh mitra baru.

Dari Rp1,958 miliar itu, mitra binaan dari Padang yang terbanyak yakni 34 mitra dengan kucuran dana Rp991 juta. Diikuti Dhar­masraya 10 mitra binaan Rp265 Juta, Tanah Datar 12 mitra Rp200 Juta, Pesisir Selatan empat mitra Rp125 Juta, Sawahlunto tujuh mit­ra Rp130 Juta, Agam tiga mitra Rp107 Juta, Pariaman dua mitra Rp60 Juta, dan Payakumbuh satu mitra Rp­35 Juta.

Dengan demikian sejak tahun 2002 hingga sekarang, Telkom Sumbar telah me­nyalurkan dana kemitraan sebesar Rp53,799 miliar kepada 2.374 mitra binaan.

Menurut Muskab yang saat itu juga bersama Azwir, Kepala Bidang Prog­ram Kemitraan dan Bina Ling­kungan (PKBL) Telkom Sumbar, sesuai dengan Per­men BUMN No.08/2013 Tentang Program Ke­mit­raan, maka BUMN yang ada wajib melaku­kannya.

Dana kemitraan ter­se­but disebut juga pinjaman lunak, karena bunga pin­jaman sangat rendah  6 persen dengan jangka pin­jaman selama dua tahun yang meli­puti ber­bagai jenis usaha seperti indutri, perdagangan, peter­nakan, perikanan, jasa dan lainnya.

“Program kemitraan ini adalah dana bergulir. Arti­nya hasil pengembalian da­na ini akan digulirkan lagi bagi UKM lain yang mem­butuhkan. Oleh karenanya para mitraan diharapkan serius mengembangkan usa­hanya dan rutin melakukan pembayaran cicilan,” ujar Muskab.

Dikatakannya, per­so­alan yang paling krusial untuk mengentaskan atau mening­katkan kese­jah­te­raan masya­rakat adalah kurangnya keter­ampilan dan terbatasnya permodalan untuk mengem­bangkan usa­ha.

Telkom sebagai perusa­haan telekomunikasi merah-putih yang menyadari tang­gung jawab sosialnya dan peran Good Corporate Citi­zenship (GCG), melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

“Harapan kita, semakin tinggi kesadaran dari mitra binaan untuk me­ngem­bali­kan pinjaman,maka semakin banyak pula dana yang disa­lurkan kembali. Sehingga akan semakin bertambah pula kesempatan mitra bi­naan baru untuk mem­per­oleh pinjaman ka­rena ini sifatnya bergulir,” ujar Mus­kab lagi.

Ditambahkannya, prog­ram kemitraan dilakukan dengan maksud guna me­ning­katkan kemam­puan usaha kecil agar tangguh dan mandiri. Sedangkan Program Bina Lingkungan ditujukan untuk pem­berda­yaan kondisi sosial ma­syara­kat.

Bentuk program Bina Lingkungan, diantaranya untuk bantuan bencana alam, pendidikan, pelatihan, peningkatan kesehatan ma­syarakat, pengembangan prasarana umum dan sarana ibadah. Sampai saat ini Tel­kom Sumbar sudah menya­lurkan dana bina lingkungan sebesar Rp6,7 miliar.

“Kegiatan PKBL itu me­rupakan upaya konkret Tel­kom Sumbar yang meru­pakan satu-satunya operator telekomunikasi merah  pu­tih, yang ingin maju ber­sama dengan masyarakat beserta lingkungannya di Sumbar,” tutupnya.(h/ita)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 01 Juni 2018 - 18:52:56 WIB

    Telkomsel Resmikan TSO Brand Padang

    Telkomsel Resmikan TSO Brand Padang Telkomsel Smart Office (TSO) berlokasi Jalan Khatib Sulaiman, Padang. TSO ini merupakan kantor perwakilan Telkomsel untuk Branch Padang. Suasana digital terlihat mulai dari akses intranet dan internet tanpa kabel, tersedianya.
  • Kamis, 31 Mei 2018 - 15:16:31 WIB

    Tingkatkan Pelayanan Pelanggan, Telkomsel Resmikan TSO Branch Padang

    Tingkatkan Pelayanan Pelanggan, Telkomsel Resmikan TSO Branch Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM– Seiring dengan transformasi perusahaan menjadi perusahaan telco digital kelas dunia, Telkomsel meluncurkan Telkomsel Smart Office (TSO) di branch Padang. .
  • Senin, 21 Mei 2018 - 21:19:35 WIB

    Semarak HUT ke-23, Telkomsel Berikan Hadiah Miliaran ke Pelanggan

    Semarak HUT ke-23, Telkomsel Berikan Hadiah Miliaran ke Pelanggan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Telkomsel ke-23 yang jatuh pada tanggal 26 Mei, sekaligus menyambut datangnya bulan Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018, Telkomsel meluncurkan .
  • Senin, 16 April 2018 - 17:54:44 WIB

    Dian 'Panglima IndiHome' Naik Kelas, PT.Telkom Targetkan 5 juta Pelanggan

    Dian 'Panglima IndiHome' Naik Kelas, PT.Telkom Targetkan 5 juta Pelanggan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM—PT. Telkom saat ini mencatat, pelanggan IndiHome telah mencapai 3 juta pelanggan. Hal ini cukup mengembirakkan bagi perusahaan milik negara tersebut..
  • Senin, 02 April 2018 - 00:31:17 WIB

    Telkomsel dan Tribe Sajikan Tayangan Orisinil Secara Eksklusif

    Telkomsel dan Tribe Sajikan Tayangan Orisinil Secara Eksklusif Untuk menyaksikan tayangan eksklusif ini, pelanggan Telkomsel hanya perlu mengunduh aplikasi Tribe dengan terlebih dahulu mengaktifkan paket data bulanan melalui menu akses *363# atau aplikasi My Telkomsel dari smartphone. Ke.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM