29 Pengusaha Restoran Terima Reward Pajak


Jumat, 18 Desember 2015 - 02:52:53 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Reward itu, adalah ben­­tuk apresiasi pemko untuk memaksimalkan pen­dapatan  daerah dari sektor pajak restoran, sekaligus sebagai upaya memotivasi objek pajak serupa, untuk senantiasa membayarkan pajak tersebut,” kata kabid Pendapatan Dinas Pen­da­patan Pengelolaan Keu­angan dan Asset Daerah (DPPKAD) Kota Sawah­lunto Afridarman Kepada Haluan Kamis (17/12).

Ia menambahkan, dari 60 objek pajak restoran yang ada, hanya 28 objek pajak restoran yang menerima reward, yang dinilai aktif dan koorporatif dalam mem­bayarkan kewajiban sebagaimana yang diatur dalam Perda Nomor 1 tahun 2014, tentang Perda Kota Sawahlunto Nomor 1 tahun 2011 tentang pajak dae­rah. Reward itu lanjutnya, be­rupa kipas angin, magic com dan kulkas show case.

Adapun kriteria pem­berian reward bagi objek restoran itu diantaranya setoran Rp 50 ribu sampai dengan Rp 100 ribu, re­wardnya berupa satu unit kipas angin yang diberikan kepada 22 objek pajak, se­toran Rp 110 ribu sampai Rp 200 ribu perbulan, men­dapat magic com kepada 2 objek pajak, serta setoran Rp 210 ribu keatas per­bulan, mendapat kulkas show case yang diberikan kepada 4 objek pajak.

“Selain reward, kita te­rus memberikan sosialisasi dan menjalin komunikasi dengan objek pajak yang ada, dengan melakukan per­temuan dan sharing setiap tiga bulan sekali, sehingga akan lebih memaksimalkan pendapatan daerah melalui pajak restoran ini,” katanya.

Dikemukannya,target pendapatan daerah dari sektor pajak restoran tahun 2015 ini sebesar Rp 579, 86 juta.

Sementara terealisasi hingga akhir November ini sebesar Rp 408,16 juta atau sekitar 71 persen.” Untuk itu melalui pemberian re­ward dan juga melakukan komunikasi kepada seluruh objek pajak ini, kedepannya penerimaan pajak dari sek­tor tersebut akan lebih mak­simal, termasuk akan mun­cul potensi objek pajak ba­ru,” harapnya.

Sementara itu salah se­o­rang pemilik restoran yang menerima reward be­rupa show case, H Yurizal sangat mengapresiasi lang­kah yang dilakukan oleh pemko ter­sebut, ia ber­harap hal ini akan me­motivasi objek pa­jak lain­nya, untuk se­nan­tiasa me­ngeluarkan kewaji­bannya, yakni berupa pajak res­toran, sesuai dengan usa­ha yang digeluti. (h/mg-rki)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 16 September 2016 - 03:06:28 WIB
    PT JOE PENTHA WISATA

    Paket Umrah 17 Hari Rp29,5 Juta

    Paket Umrah 17 Hari Rp29,5 Juta PADANG, HALUAN—Meski baru beroperasi satu tahun di Kota Padang, namun PT. Joe Pentha Wisata telah mengirim ratusan jemaah umrah. Hal ini membuktikan bahwa kualitas dari PT. Joe Pentha Wisata tak perlu diragukan lagi..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM