KPU Jadwalkan Penetapan Walikota Terpilih 22 Desember


Jumat, 18 Desember 2015 - 02:51:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi
KPU Jadwalkan Penetapan Walikota Terpilih 22 Desember KPUD Kota Solok menggelar rekapitulasi suara tingkat Kota Solok di gedung Kubuang 13, Rabu (16/12). (ERI)

Zoro memperoleh 14.887 suara disusul pa­sang­an Ismael Koto-Jon Hendra (Iko Jh) 10.057 suara dan pasangan Irzal Ilyas-Alfauzi Bote (Sahabat Imam) 6.843 suara.

Insya Allah sesuai deng­an tahapan kita akan tetap­kan pasangan Zul Elfian-Reinier sebagai pemenang pada tanggal 22 Desember 2015 di gedung Kubuang 13. Tentu saja dengan catatan tidak ada gugatan yang di­aju­kan oleh pasangan calon lainnya kepada Mahkamah Konstitusi,” ujar Budi San­tosa, Rabu (16/12).

Untuk memastikan ada tidak adanya gugatan ter­sebut, pihak KPU mem­berikan ruang dan waktu kepada pasangan calon wali­kota dan wakil walikota lainnya untuk mengajukan gugatan hasil pemilihan kepada Mahkamah Kons­titusi dalam tempo 3 kali 24 jam. Mulai dari 18-21 De­sember 2015.

Gugatan ini dibolehkan dengan dasar  ketentuan UU Nomor 8 tahun 2015, Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2015, Keputusan KPU Kota Solok Nomor 5 dan Nomor 33 tahun 2015, Peraturan Mahkamah Kon­stitusi RI Nomor 1, 2, dan 3 tahun 2015 serta Nomor 7 tahun 2015.      

Budi Santosa mem­pre­diksi, pemenang Pilkada Kota Solok tak akan be­ru­bah. Karena sebelum di­tetap­kan, Ketua KPU Kota Solok meminta kepada ma­sing-masing saksi yang hadir untuk memberikan tang­gapan terhadap rekapitulasi hasil. Saksi yang hadir men­ya­takan dapat menerima hasil rekapitulasi yang di­lak­sakan oleh KPU Kota Solok dan tidak ada yang keberatan.

Panwaslu Kota Solok juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan tang­gapan terhadap proses pe­lak­sanakan rekapitulasi hasil.

Pada kesempatan itu, Budi Santosa juga mengu­capkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pe­me­rint­ah Kota Solok, Muspida Kota Solok, Kepala SKPD se-Kota Solok, Pimpinan Ormas di Kota Solok, Ketua KAN, LKAAM, Bundo Ka­n­duang, PPK, PPS, KPPS, Panwaslu Kota Solok be­serta jajaran, serta pihak terkait lainnya yang telah membantu mendukung suk­ses­nya penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta Pemilihan Wali­kota dan Wakil Walikota Solok tahun 2015.

“Istimewa kami ucap­kan terimakasih kepada pasangan calon dan seluruh tim kam­panye serta tim pendukung yang telah me­wujud­kan pe­milihan badun­sanak, aman, damai dan berkualitas,” kata Budi Santosa.

Ditambahkannya, pe­lak­sanaan Pilkada di Ko­ta Solok boleh dikatakan suk­ses. Buktinya partisipasi pemilih di Kota Solok men­capai hampir 72 persen. Kemudian semua pasangan calon juga konsekuen de­ngan komitmennya, yaitu komitmen untuk siap me­nang dan siap kalah.

“Sampai hari ini belum ada riak yang akan menjadi cikal bakal terjadinya per­selisihan. Belum ada pa­sangan calon atau tim sukses yang menggugat hasil Pil­kada secara resmi. Dan  yang paling istimewa hari ini 16 Desember 2015, ada­lah ge­nap 45 tahun usia Kota Solok yang kita cintai. Hari ini sejarah mencatat bahwa ka­do istimewa ulang tahun Kota Solok adalah suksesnya pelaksanaan Pil­kada,” ujar Budi Santosa. (h/eri)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Maret 2017 - 11:59:28 WIB

    Didugat, KPU Payakumbuh Tunggu Surat Resmi

    Didugat, KPU Payakumbuh Tunggu Surat Resmi PAYAKUMBUH, HALUAN – Menanggapi permohonan gugatan pelaksanaan dan hasil rekapitulasi suara suara Pilkada Kota Payakumbuh yang diajukan oleh tim sukses Paslon no urut 3, Suwandel Muchtar – Fitrial Bachri (W-Fi) ke Mahkama.
  • Jumat, 06 Januari 2017 - 17:59:19 WIB

    Satu Jabatan Komisioner KPU Bukittinggi Masih Kosong

    BUKITTINGGI, HALUAN – Untuk mengisi kekosongan jabatan Komisioner KPU Bukittinggi yang ditinggalkan Tanti Endang Lestari. KPU Bukittinggi mengatakan tidak bisa memastikan kapan akan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) un.
  • Senin, 21 November 2016 - 00:12:50 WIB

    KPUD Gencarkan Sosialisasi pada Pemilih Pemula

    PADANG PANJANG, HALUAN—Meskipun Kota Padang Panjang tidak mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di tahun 2017 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Padang Panjang tetap menggencarkan berbagai sosiali.
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 03:30:39 WIB

    KPU Sawahlunto Gelar Jumat Mengaji

    KPU Sawahlunto Gelar Jumat Mengaji SAWAHLUNTO, HALUAN —Jika Pe­merin­tah Sawahlunto menso­siali­sasikan program magrib me­ngaji, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawah­lunto justru menggelar jumat mengaji..
  • Jumat, 04 Maret 2016 - 02:25:29 WIB

    KPU Beri Penghargaan Penyelenggaraan Pilkada

    SOLOK, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok memberikan penghargaan dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat serta pemilihan walikota dan wakil walikota solok tahun 2015 Senin ma.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM