Waspadai Banjir

BPBD Kota Solok Siagakan Relawan


Jumat, 18 Desember 2015 - 02:50:35 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kepala BPBD Kota So­lok Ori Affilo di Solok, Kamis (17/12) mengatakan, saat ini sedang terjadi pe­ra­lihan musim dari musim kemarau ke musim hujan. Peralihan musim ini sering kali berdampak kepada alam dan lingkungan, te­ru­tama yang berkaitan dengan bencana. Mengingat se­ma­kin tingginya curah hujan pada bulan Desember ini, diperlukan  ketersediaan dan kesiapan petugas, te­ru­tama relawan.

“Kita baru saja melewati musim kemarau yang pan­jang. Selama kemarau teks­tur tanah menjadi rapuh dan tanah rapuh itu bila disirami hujan dengan intensitas ting­gi sangat berpotensi menga­ki­batkan tanah longsor,” kata Ori Affilo.

Lebih jauh Ori Affilo mengatakan, sejak me­ma­suki Bulan November inten­sitas hujan di Kota Solok mulai tinggi, dan di­per­kirakan pada bulan De­sem­ber ini akan terjadi puncak hujan yang tinggi.

Tingginya intensitas hu­jan itu berpotensi men­ye­bab­kan air Batang Lembang meluap dan mengakibatkan banjir di sepanjang aliran sungai itu.

“Untuk itu disamping menyiapkan relawan, kita juga mengimbau penduduk yang bermukim di se­pan­jang aliran sungai Batang Lembang untuk selalu was­pada,” ucap Ori.

Dikatakan Ori Affilo, relawan yang telah dilatih beberapa waktu lalu itu sudah  diturunkan untuk untuk melakukan pemetaan dan melaporkan daerah yang berpotensi terjadi ben­cana terutama longsor dan banjir.

Mereka juga sudah di­instruk­sikan  agar segera mengambil tindakan jika terjadi bencana, seperti me­nge­vakuasi dan pertolongan darurat. Agar jumlah kor­ban dan kerugian dapat di­minimalisir.

Untuk wilayah Kota So­l­ok, kata Ori Affilo, daerah berpotensi banjir adalah  Kelurahan KTK, Ke­lu­ra­han Sembilan Korong, Ke­lurahan Aro Empat Ko­rong  di Kecamatan Lubuk Sikarah, Kelurahan Koto Panjang di Kecamatan Tan­ju­a­ng Harapan. Semua da­erah ini selalu menjadi lang­ganan banjir ketika Batang Lembang meluap.

Sementara, Ketua DP­RD Kota Solok Yutris Can, mengingatkan, Pemko So­lok terutama pihak ke­ca­matan, untuk terus mela­kukan pemantauan dan ma­p­ping daerah rawan. Agar saat terjadi bencana banjir atau longsor, maka langkah dan upaya penanganan ce­pat dilakukan.

 ”Jangan sampai setelah terjadi bencana baru kita krasak krusuk. Oleh karena itu bersiagalah sebelum ben­­cana itu datang, agar risiko korban bisa diminimalisir,” kata Yutriscan. (h/eri)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 November 2018 - 17:59:09 WIB

    Dana Tanggap Darurat Tak Ada di BPBD Pariaman

    Dana Tanggap Darurat Tak Ada di BPBD Pariaman PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dana Tanggap Darurat di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman tak ada. Sebab, secara prinsip dana tersebut dipegang oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pariaman. Hal ini disam.
  • Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:56:31 WIB

    BPBD Bukittinggi Hantarkan Bantuan Kemanusiaan ke Pasaman dan Pasbar

    BPBD Bukittinggi Hantarkan Bantuan Kemanusiaan ke Pasaman dan Pasbar BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi bersama tim pengelola bantuan bencana, hantarkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp74 Juta untuk korban banjir di Pasaman dan Pasaman Bara.
  • Senin, 14 Mei 2018 - 20:47:17 WIB

    BPBD Agam Turunkan Tim Penyelamat di Pantai Tiku

    BPBD Agam Turunkan Tim Penyelamat di Pantai Tiku AGAM, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam siapkan tim kesiapsiagaan selama Pesta Nelayan berlangsung di sepanjang pantai Tiku. Sedikitnya satu unit perahu karet diturnkan sebagai alat monitor s.
  • Selasa, 08 Mei 2018 - 11:40:03 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi SDM relawan dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi korban bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok menggelar Pelatiha.
  • Rabu, 14 Maret 2018 - 10:12:37 WIB

    Siaga Bencana, BPBD Agam Pastikan Kesiapan Satgas

    Siaga Bencana, BPBD Agam Pastikan Kesiapan Satgas AGAM, HARIANHALUAN.COM - Kalaksa BPBD Agam memastikan Pusdalops PB dan Satgas BPBD terus dalam kondisi performa yang bagus. Sebab mereka harus siap saat terjadi hal yang perlu penanganan seperti bencana dan sebagainya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM