Penyuluh Pertanian Belajar Tanam Padi ke Jawa Barat


Jumat, 18 Desember 2015 - 02:49:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Studi banding tenaga fungsional sub sektor tanaman pangan itu dilaksanakan menyusul adanya program pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan produksi padi sehingga Indonesia tidak lagi mengimpor beras. Rombongan sebanyak 9 orang itu dipimpin Kepala Bidang Penyuluhan Si Is, SP.

Keberangkatan selama lima hari dari tanggal 16-20 Desember itu merupakan gelombang II, karena gelombang I sudah berangkat bulan Juni lalu dengan sasaran Balai Penelitian Tanaman Sayuran di Rembang, Bandung.

Kepala Bidang Penyuluhan Si Is kepada Haluan mengatakan, tujuan studi banding tenaga fungsional itu selain menambah ilmu di sektor tanaman pangan hortikultura juga merupakan reward baginya karena pada musim tanam Februari-Mei lalu, Kota Solok berhasil meningkatkan produksi padi 20 persen melalui teknologi jajar legowo. Atas keberhasilan itu Kota Solok mendapat penghargaan dari Kementerian Pertanian yang diserahkan pada hari pangan sedunia di Kota Padang.

Melalui studi banding itu, penyuluh pertanian di Kota Solok bisa lebih memahami tentang budidaya tanaman padi dan temuan-temuan lainnya dalam meningkatkan produksi padi di Kota Solok. Pada balai besar tanaman padi itu bermacam perlakuan sudah dilaksanakan yang hasilnya sangat memuaskan.

Perlakuan itu selain pada benih, cara tanam dan jarak tanam, juga menggunakan caplak untuk mengatur jarak tanam. Melalui caplak itu (alat untuk menggaris) petani lebih mudah dalam mengatur jarak tanam, cara tanam tanpa harus memakai tali rafia. Caplak sudah bisa mengatur jarak dalam barisan dan jarak antar barisan sehingga pertanaman padi terlihat lebih rapi.

Selain mengunjungi Balai Besar Tanaman Padi, rombongan juga mengunjungi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) model yang sudah maju di Jawa Barat. Bagai­mana mengelola balai dan pengalokasian anggaran dipelajari di BPP yang dikunjungi. (h/alf)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 10:42:02 WIB

    Padang Pariaman Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian Nagari

    Padang Pariaman Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian Nagari PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman sampai saat ini masih kekurangan tenaga penyuluh. .
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:12:23 WIB

    BPBD Beri Penyuluhan Bencana Pada IRT

    BPBD Beri Penyuluhan Bencana Pada IRT BATUSANGKAR, HALUAN — Anggota Pemadam Ke­bakaran (Damkar) BPBD Ka­bu­paten Tanah Datar mela­kukan sosialisasi kepada kaum Ibu Rumah Tangga (IRT) di wilayah Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Senin (3/10)..
  • Kamis, 08 September 2016 - 01:44:54 WIB

    Kejati Beri Penyuluhan Hukum Pada Siswa SMA

    Kejati Beri Penyuluhan Hukum Pada Siswa SMA TANAH DATAR, HALUAN — Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat menggelar agenda pe­nerangan hukum kepada sekitar 450 orang siswa SLTA se-Tanah Datar. Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar, Wido­do Supriyadi, dihadapan para siswa.
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:20:05 WIB

    Wabup :Tunjukkan Profesionalisme Penyuluh Pertanian

    Wabup :Tunjukkan Profesionalisme Penyuluh Pertanian Tanah Datar, Haluan — Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma membuka secara resmi acara Musyawarah Daerah (Mus­da) ke I Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), Selasa (02/08) di Aula Gedung Islamic Center, .
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 03:38:39 WIB

    Penyuluh Pertanian Minta Kenaikan Tunjangan

    Penyuluh Pertanian Minta Kenaikan Tunjangan SOLOK, HALUAN — Pe­nyuluh Pertanian se-Kota Solok mendesak Badan Ko­ordinasi Penyuluhan Perta­nian (Bakorluh) Provinsi Sumatera Barat untuk bisa me­naikan tunjangan ke­sejahteraannya yang diang­garkan melalui Anggaran.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: redak[email protected]
APP HARIANHALUAN.COM