Kemenag Pasaman Kawal PPIU Ilegal


Jumat, 18 Desember 2015 - 02:48:44 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Jika ditemukan peru­sahaan yang ilegal, maka pihak Kemenag Pasaman tidak segan-segannya mem­perkarakan ke pihak ke­polisian. Hal tersebut di­katakan Kepala Seksi Penye­lenggara Haji dan Umrah Tohar Mukti.

“Ini pesan dari Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Muhajirin Yanis beberapa waktu lalu, bahwa Ke­men­terian Agama akan mengin­tensifkan sistem penga­wa­san langsung secara rutin pada seluruh bandara ke­berangkatan. Sebelum sam­pai bandara, tentu kita kawal ketat kegiatannya didaerah,” terangnya.

Ia meminta kepada pihak PPIU untuk taat atu­ran sebagai konsensus ber­sama, seperti melaporkan jadwal keberangkatan, tiba dan pulang serta lapor di tanah air maupun di Arab Saudi.

“Kemenag yang digawangi Subdit Pem­binaan Umrah Direktorat Jenderal Pe­nyelenggaraan Haji dan Umrah akan mela­kukan pengawasan rutin di setiap bandara pembe­rang­katan. Ini untuk memastikan bahwa jemaah umrah diberangkatkan oleh biro pejalanan yang berizin (PPIU), tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Abdel Haq, m­e­minta Kasi PHU untuk mengingatkan masyarakat yang ingin pergi umrah, terlebih dahulu memastikan PPIU yang jelas apakah memiliki izin. Jangan samp­ai tertipu dengan harga murah dan melaporkan segera kepada kepolisian apabila menemukan PPIU beroperasi secara ilegal.

“Di Pasaman, data PPIU yang baru diterima hanya lima dan data tersebut juga telah diketahui oleh pihak Polres Pasaman yakni PT Mahardika Putra Mahkota (MPM), Airo Hajj, Armina Reka Perdana, Nadzif Salwa dan PT Humaira,” umumnya.

Abdel Haq  turut me­ngingatkan agar masyarakat lebih dahulu memastikan dan mencatat Lima Pasti Umrah sebelum mendaftar. Hal itu dinilainya agar tidak terjebak dari tindakan kriminal penipuan dan gagal untuk berangkat ibadah umrah.

Diuraikannya sebelum mendaftar harus pastikan travelnya apakah memiliki izin resmi atau tidak, lalu pastikan jadwal kebe­rang­katan dan kepulangannya dan maskapai penerbangan serta rute penerbangannya, harga dan paket yang la­yanan yang ditawarkannya dengan memastikan hak-hak sebagai calon jemaah terpenuhi seperti konsumsi, transportasi, manasik umrah dan asuransi. (h/col)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 Februari 2018 - 09:47:58 WIB

    Kakan Kemenag Imbau Mubalig Serukan Anti Valentine

    Kakan Kemenag Imbau Mubalig Serukan Anti Valentine AROSUKA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, Alizar meminta kepada seluruh unsur yang berada di bawah jajaran Kementerian Agama agar menyerukan kepada masarakat, untuk tidak merayakan hari Val.
  • Kamis, 24 November 2016 - 00:34:00 WIB

    Kemenag dan BPJS Kesehatan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

    Kemenag dan  BPJS Kesehatan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim BUKITTINGGI, HALUAN —Ke­men­terian Agama Kota Bukittinggi bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Kota Bukittinggi menggelar kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim di MAN 1 Model Bu­kittinggi, Rabu(23/11)..
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 04:55:02 WIB

    Kemenag Kabupaten Solok Santuni 40 Anak Yatim

    Arosuka, Haluan — Keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok menggelar buka puasa bersama di Aula Hubbul Wathan Kantor Kemenag Kab. Solok, Jumat (24/6). Selain untuk menjalin silaturrahmi bagi seluruh keluarga .
  • Jumat, 03 Juni 2016 - 04:01:09 WIB
    Penentuan Awal Puasa

    Kemenag Pasaman Imbau Masyarakat Ikut Pemerintah

    PASAMAN, HALUAN — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman, Abdel Haq meng­harapkan seluruh masyarakat di daerah itu serentak memulai awal Ramadan..
  • Kamis, 26 Mei 2016 - 04:52:28 WIB

    22 Santri RA Al-Ikhlas DWP Kemenag Pasbar Diwisuda

    22 Santri RA Al-Ikhlas DWP Kemenag Pasbar Diwisuda PASBAR, HALUAN — Se­banyak 22 orang santri Rau­dhatul Adfal (RA) Al-Ikhlas DWP (Dharma Wanita Per­satuan) Unit Kementerian Agama Pasaman Barat, R­abu (25/5) mengikuti wi­suda. Tanda tamatnya me­reka dari lembaga pen­.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM