AKBP H Hendrajoni SH MH

Mantan Polisi Itu Jadi Bupati Pesisir Selatan


Kamis, 17 Desember 2015 - 04:07:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Mantan Polisi Itu Jadi Bupati Pesisir Selatan

Apakah ingin mengajak suaminya AKBP Hendrajoni SH MH pulang kampung ke Pessel setelah sukses karirnya di kepolisian? Pertanyaan itu kini mulai terjawab setelah Hendrajoni meraih suara terbanyak di Pilkada Kabupaten Pessel 9 Desember 2015.

Ya,  di Pilkada Pessel Hendrajoni berpasangan dengan Rusma Yul Anwar. Pasangan ini berhasil unggul dari tiga calon lainnya. Hendrajoni-Rusma menang telak di 7 kecamatan dari 15 keca­matan di Pessel, meliputi Keca­matan Batang Kapas, Kecamatan IV Jurai, Kecamatan

IV Nagari Bayang Utara, Kecamatan Lengayang, Keca­matan Lingga Sari Baganti, Keca­matan Ranah Pesisir dan Keca­matan Sutera. Kemenangan ter­be­sar pasangan ini di Kecamatan Lengayang, dengan kemenangan mencapai 90 persen.  

Raihan suaranya jauh me­ninggalkan pasangan lainnya. Data yang diupload dari website KPU Sumbar, perolehan suara sebagai berikut;  Editiawarman - Bakri Bakar 59.237 (30,39%), Alirman Sori-Raswin 31.808 (16,32%), Hendrajoni-Rusma Yul Anwar 90.985 Suara (46, 68%) dan Bur­hanuddin-Novril Anas 12.903 (6,62%).

Keberhasilan tokoh kelahi­ran Kambang, 08 November 1961 ini tidak terlepas dari sikap konsistennya membangun sila­turrahmi sehingga bisa menya­tukan hati masyarakat. Di ber­bagai kesempatan Hendrajoni selalu mengumandangkan keber­samaan dalam membangun Pes­sel. Pessel hanya bisa dibangun dengan kebersamaan seluruh lapisan masyarakat.

Fadli Deni (38) salah satu warga Kambang menyebutkan, tokoh Hendrajoni mendapat tempat di hati masyarakat Pessel berkat kesederhanaannya dan bangunan silaturrahmi yang dijalin dengan ikhlas. Sebagai ninik mamak ia sangat perhatian pada kelestarian adat dan budaya Minangkabau.

“Sebagai masyarakat awam saya menilai, beliau sangat seder­hana dan berjiwa kepemimpinan yang baik. Mudah-mudahan ke depan beliau sukses memimpin Pesisir Selatan,” katanya.

Berdasarkan catatan Haluan, Hendrajoni adalah individu yang sukses meniti karier sebagai polisi, bahkan pernah menerima kenaikan pangkat luar biasa dari Mayor hingga AKBP hanya da­lam kisaran delapan bulan. Mes­ki sukses menapaki karier, putra kelahiran Lengayang 50 tahun silam ini senantiasa berbuat untuk kampung halaman.

Hendrajoni kepada Haluan beberapa waktu lalu juga mengi­sahkan perjalanan karirnya. Ia bergabung sebagai anggota Polri pada tahun 1984 yang silam. Kemudian setelah mengikuti pendidikan perwira Polri karir­nya melejit. Sejumlah posisi strategis semenjak tahun 1991 hingga jelang pencalonan bupati didudukinya. Terakhir ia ditugas­kan sebagai Tim Khusus Nar­koba Mabes Polri.

“Yang paling fenomenal saya alami adalah kenaikan pangkat luar biasa tahun 2005 dari Mayor ke AKBP. Kuncinya saya menja­lankan tugas dengan ikhlas, dan semenjak kecil ayah saya di Kam­bang Lengayang mendidik saya dengan disiplin dan kedisi­plinan itu menjadi modal utama kesuk­sesan. Rupanya keikhlasan dan kedi­sipilnan berbuah ma­nis,” katanya.

Hendra Joni selama pengab­diannya di Polri telah dianugrahi sejumlah tanda jasa diantaranya Bintang Bhayangkara Nararia dan tiga Satyalencana. Kemudian ia juga meraih sejumlah peng­hargaan dari Polri, dan pada tahun 2012 medapatkan Pin Emas dari Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono atas presta­sinya.

Suami Lisdawati Ansori ini juga sering mendapat tugas dan pelatihan keberbagai negara misalnya Singapura, Malaysia, Spanyol, Amerika, Bangkok, Turki, Belanda dan lainnya.

“Kemudian dalam kesibu­kan, saya tidak pernah lupa pada kampung halaman. Saya selalu menyediakan waktu untuk bersi­la­turrahmi dengan masyarakat Pesisir Selatan,” katanya.

Lalu Bulan Maret 2012 lalu oleh suku Sikumbang di Nagari Kambang dia dipercaya me­mangku gelar adat. Saat kecil oleh orang tuanya diberi nama Hendrajoni, setelah besar, tibalah saatnya mewarisi pusaka dari mamaknya dengan gelar Tuak Bando Basau.Segenap kaum suku Sikumbang sepakat menye­rah­kan pucuk pimpinan kaum pa­danya. Tidak hanya itu, gelar pusaka itu puncaknya dilewakan oleh Kerapatan Adat Nagari Kambang (KAN), Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan di Rumah Gadang Koto Baru.

Kemudian atas dorongan masyarakat Pesisir Selatan H Hendrajoni diminta untuk tampil pada Pilkada Pessel 2015. Karena derasnya dukungan yang datang, Hendrajoni tidak dapat menolak permintaan masyarakatnya. Dan akhirnya pada Pilkada 9 De­sember lalu ia mengantongi suara paling banyak. **

 

Laporan :
HARIDMAN KAMBANG
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 September 2018 - 14:47:42 WIB

    Mantan Napi Ungkap Resep Ganja Beracun Serangga

    Mantan Napi Ungkap Resep Ganja Beracun Serangga Ganja, dalam UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika termasuk golongan I. Dalam peredarannya, ganja yang paling banyak dipakai oleh orang yang ingin mencoba narkoba untuk pertama kalinya..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM