KLH Targetkan Semua Sekolah Menjadi Adiwiyata


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:24:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi
KLH Targetkan Semua Sekolah Menjadi Adiwiyata Tim Penilaian Adiwiyata Nasional foto bersama dengan Kepala KLH Kota Bukittinggi, Mardison, Kepala sekolah dan guru SDN 06 Parit Rantang, Pengawas TK/SD ABTB dan Tim Penilai Adiwiyata Kota Bukittinggi. (RUDI GATOT)

“Alhamdulillah untuk tahun 2015 ini, sebanyak tiga sekolah berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Na­sional dari Kementrian Ling­kungan Hidup dan Ke­hu­tanan (KLHK) RI. Tiga seko­lah tersebut yakni, SDN 06 Parit Antang, MTs Negeri 2 dan MAN 2 Bukittinggi,” ujar Kepala KLH Kota Bu­kit­ting­gi Mardison, Rabu (16/12).

Dikatakaannya, pro­gram Adiwiyata di Bukit­tinggi dimulai pada tahun 2010 silam. Dan dalam da­lam kurun waktu 4 tahun belakangan secara berturut turut sejumlah sekolah se­perti SD, SMP dan SLTA berhasil meraih Adiwiyata tingkat nasional.

Dengan rincian tahun 2012 sebanyak 2 sekolah, 2013 sebanyak 3 sekolah ditambah satu sekolah me­raih Adiwiyata Mandiri, 2014 sebanyak 2 sekolah dan 2015 sebanyak 3 sekolah. Belum lagi sejumlah sekolah yang meraih penghargaan Adiwi­yata di tingkat Propinsi.

“Kita bersyukur karna tahun ini ada peningkatan sekolah yang meraih peng­hargaan Adiwiyata tingkat nasional. Sebab tahun lalu kita hanya meraih dua seko­lah yakni SDN 04 Birugo dan SDS Islam Exellent. ungkap Mardison yang juga didampingi Kasi APDAL KLH, Donny Boy F. Daran.

Menurut Mardison, ke­ber­hasilan yang dicapai ini berkat binaan tim Pembina adiwiyata tingkat Kota Bu­kit­tinggi beserta instansi lintas sektoral terkaid, teru­tama KLH sebagai Leading sector. Disamping itu juga berkat dukungan yang dibe­ri­kan masyarakat sekitar sekolah komite sekolah, para guru dan murid.

Adapun komponen Adi­wiyata yang harus dijalankan oleh sekolah untuk Adiwi­yata itu diantaranya adalah, kebijakan berwawasan ling­ku­ngan, pelaksanaan kuri­ku­lum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan ber­basis partisipatif dan penge­lolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Dengan tujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dsan berbudaya ling­ku­ngan, serta mewujudkan warga sekolah yang ber­tanggung jawab dalam upa­ya perlindungan dan penge­lolaan lingkungan hidup  melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

“Kita berharap tahun berikutnya akan meningkat lagi sekolah yang meraih penghargaan adiwiyata. Kar­na Adiwiyata dapat me­ningkatkan prilaku masya­rakat peduli lingkungan,” harap Mardison.

Dirinya menambahkan, dijadwalkan Jumat (18/12) besok, Pemko Bukittinggi akan menyerahkan piagam penghargaan Adiwiyata ter­se­but beserta reward kepada tiga sekolah tersebut, yang diserah­kan langsung oleh Pj Walikota Abdul Gafar pada pelantikan Saka Kalpataru peduli lingku­ngan di balai­kota. (h/tot)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Januari 2017 - 20:38:20 WIB

    KLHK Bantu Rp2 Miliar Untuk Penyelamatan Danau Maninjau

    KLHK Bantu Rp2 Miliar Untuk Penyelamatan Danau Maninjau AGAM, HALUAN- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada tahun 2017 akan mengalokasikan dana sebesar Rp2 miliar dalam membantu penyelamatan Danau Maninjau. .
  • Kamis, 18 Februari 2016 - 04:13:31 WIB

    KLH Pangkas Dahan Pohon Tua

    BATUSANGKAR,HALUAN — Kantor Lingkungan Hi­dup (KLH) Kabupaten Ta­nah Datar, melakukan pe­mangkasan ranting atau dahan pohon tua yang ber­ada di tempat umum Kota Batusangkar, pasca terja­dinya pohon tumbang di Kompleks .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM