STAIN Batusangkar

Terima Bantuan 4.000 Bibit Tanaman dari Pemkab


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:19:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Terima Bantuan 4.000 Bibit Tanaman dari Pemkab Kapolres Tanahdatar, AKBP Irfa Asrul Hanafi, SIK melakukan penanaman pohon, disaksikan Kapolsek Lima Kaum, Iptu Abdul Kadir Jailani dan Camat Lima Kaum Yusnen, Selasa (15/12). (FERI MAULANA)

Dikesempatan itu, Bu­pati Tanah Datar Sudirman Ga­ni menyerahkan 4 ribu bi­bit tanaman secara lang­sung kepada Ketua STAIN Batusangkar Kasmuri, ge­rakan penanaman ini di­la­tarbelakangi oleh perubahan iklim secara global yang dampaknya adalah ter­gang­gunya ekosistem, kon­disi cuaca ekstrim, terganggunya sistem tata air DAS, dan ancaman terjadinya bencana alam serta terganggunya ketahanan pangan nasional.

Ketua STAIN Batu­sang­kar Kasmuri, atas nama ke­luarga besar STIAN Ba­tusangkar menyampaikan rasa hormat dan terima ka­sih kepada bupati Tanah Datar beserta jajarannya yang telah berkenan me­ngang­katkan dan men­ja­dikan STAIN Batusangkar tempat penyelenggaraan acara hari Pencanangan menanam pohon Indonesia tahun 2015.

Dikatakan, per­kem­ba­ngan yang pesat kemajuan yang telah dicapai STAIN Batusangkar hingga hari ini yakni bertambahnya jumlah mahasiswa tahun demi ta­hun dan sudah mulai mem­ba­ngun Kampus II STAIN Ba­tusangkar di Nagari Pa­ram­bahan, ini pertanda STAIN Batusangkar perlu per­hatian kita semua untuk mening­katkan dunia pendidikan di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Tanah Datar

Sementara itu, Pj Bupa­ti Tanah Datar Sudirman Gani menyampaikan pen­ca­na­ngan ini bertujuan mem­bang­kitkan semangat, mo­tivasi dan mem­bu­dayakan kepada kita semua un­tuk menanam dan me­me­lihara pohon di­ling­kungan kita. Hal ini sejalan dengan sem­boyan “A­yo krja, tanam dan peli­hara pohon untuk hidup yng lebih baik”

Gerakan penanaman po­hon ini merupakan per­wu­judan dari gerakan gotong royong dengan semangat kerja tanpa lelah dan pamrih demi terciptanya ekosistem yang dapat menjaga ke­les­tarian lingkungan. Eko­sistem yang baik dari hasil gerakan penanaman pohon akan berperan sebagai pe­nga­tur tata air yang men­jamin kuantitas, kua­litas dan kontiniutas aliran air sebagai sumber air untuk lahan pertanian ataupun persedian air bersih bagi kita semua.

Lebih lanjut, ia me­nam­bahkan dengan ada­nnya semangat gotong royong dan kerja keras kita dalam ge­rakan penanaman dan pe­meliharaan pohon akan terbentuk  ekosistem yang baik disekitar kita yang pada akhirnya sektor lingkungan dan kehutanan dapat mem­berikan kontribusi yang baik bagi kita semua dimasa yang akan datang.

Sementara itu, kepala Dinas Pertanian, Perke­bu­nan dan Kehutanan Kabu­paten Tanah Datar Kha­i­ruddin juga menyampaikan dalam memperingati hari menanam pohon Indonesia, Dinas Pertanian, Perke­bunan dan Kehutanan Ka­bupaten Tanah Datar akan menyerahkan sekitar 4 ribu bibit tanaman kepada Civi­tas Akademika STAIN Ba­tusangkar berupa bibit ma­honi, petai, alpokat, matao, sirsak dan durian.

“Kegiatan ini bertujuan agar dapat menumbuh kem­bangkan minat dan ke­pe­dulian generasi muda ter­hadap lingkungan, me­num­buhkan perasaan cinta me­nanam, kemudian menjadi kebutuhan akan pentingnya tanaman, terciptanya ge­nerasi muda yang cinta ter­hadap lingkungan, sehingga lingkungan tempat mereka tinggal akan terjaga dan terpelihara dengan baik,” harapnya. (h/fma)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 November 2018 - 11:44:08 WIB

    Tiap Nagari di Pessel Terima ADD Hingga Rp1 Miliar

    Tiap Nagari di Pessel Terima ADD Hingga Rp1 Miliar PESSEL, HARIANHALUAN.COM - 182 Nagari di 15 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019 akan menerima kucuran Anggaran Dana Desa (ADD) yang saat ini sedang dalam penyusunan besaran dana desa untuk masing-masing nagari. .
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:38:12 WIB

    Petani Kopi Hiliran Gumanti Terima Bantuan Traktor

    Petani Kopi Hiliran Gumanti Terima Bantuan Traktor AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Mendorong peningkatan produksi kopi di Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, pemerintah daerah setempat menyerahkan bantuan traktor untuk kelompok tani kopi, guna membantu pengolahan tanah .
  • Jumat, 12 Oktober 2018 - 15:49:14 WIB

    Proposal Jalan Tembus Kambang-Muara Labuh Diterima Presiden

    Proposal Jalan Tembus Kambang-Muara Labuh Diterima Presiden PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, mengatakan, proposal pengajuan jalan tembus Kambang-Muara Labuh, akhirnya mendapat respon positif oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo..
  • Kamis, 11 Oktober 2018 - 13:43:14 WIB

    Bantu Korban Gempa dan Tsunami Palu, IMAPPKA Terima Penghargaan

    Bantu Korban Gempa dan Tsunami Palu, IMAPPKA Terima Penghargaan PASBAR, HARIANHALUAN.COM– Ikatan Mahasiswa, Pelajar dan Pemuda Kajai (IMAPPKA) Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terima penghargaan kemanusian dari Care For Humanity (CFH) Cabang Padang. .
  • Rabu, 10 Oktober 2018 - 20:40:04 WIB

    Berhasil Selesaikan Konflik Perbatasan, AKBP Dony Setiawan Terima Pengharagaan

    Berhasil Selesaikan Konflik Perbatasan, AKBP Dony Setiawan Terima Pengharagaan SOLOK, HARIANHALUAN.COM-- Dinilai berhasil oleh masyarakat menyelesaikan konflik perbatasan antara nagari Saningbaka dengan Nagari Muoropingai, Kapolres Solok Kota,AKBP  Dony Stiawan dianugrahi piagam penghargaan oleh Yaya.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM