Pacu Jawi Dukung Pariwisata Tanah Datar


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:18:39 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pacu Jawi Dukung Pariwisata Tanah Datar PACU Jawi di Nagari Tabek baru-baru ini semakin ramai dan banyak peminatnya. (YULDAVERI)

Olahraga Pacu Jawi ke­giatan yang unik dan me­narik  kini menjadi iconnya pariwisata di Kabupaten Tanah Datar merupakan alek anak nagari yang men­jadi budaya daerah, d­i­cip­takan oleh nenek moyang masyarakat Tanah Datar di empat kecamatan dalam Kabupaten Tanah Datar.

Lebih dari  50 orang fotografer  dan wartawan Televisi dan Cetak dari berbagai negara dan dalam negeri mengunjungi setiap kegiatan Pacu jawi yang dilaksanakan di Tanah Da­tar seakan-akan berlomba untuk mendapatkan foto-foto Pacu jawi terbaik untuk pubkikasi.

Di Nagari Tabek, keca­matan Pariangan, sabtu ke­maren puluhan ribu peng­gemar olahraga Pacu Jawi dan lebih dari 50 orang fotografer dan wartawan TV dari berbagai negara me­ngunjungi kegiatan yang kini hangat dipublikasikan diberbagai media.

Kepala Dinas Bud­par­pora, yang diwakili Ka­bid Olahraga, Desriwan kepada haluan, sabtu kemaren di Tabek mengemukakan bah­wa kegiatan Pacu jawi yang dulu hanya diketahui sekitar masyarakat penggemar da­lam kabupaten Tanah Datar, tapi kini sudah berkembang peminat acara ini juga tidak sedikit dari luar negeri.

Menurutnya, hal ini me­rupakan langkah maju da­lam berbagai aspek me­nyang­kut peningkatan eko­nomi masyarakat, karena dengan semakin banyak peminat Pacu Jawi di Tanah Datar, jelas dagangan ma­syarakat akan meningkat pendapatannya dan dari sektor Pariwisata. “Karena banyak penguinjung wisata di Tanah Datar tidak hanya karena objek wisatanya akan tetapi ditambah dengan keterkenalan kegiatan Pacu Jawi keseluruh dunia,” ung­kap Desriwan. (h/ydv)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 Februari 2018 - 09:37:55 WIB

    Alek Pacu Kuda Payakumbuh 2018 'Balabo'

    Alek Pacu Kuda Payakumbuh 2018 'Balabo' PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pelaksanan Alek Pacu Kuda Payakumbuh Open Race dan Tradisional 2018 usai sudah. Iven tahunan yang digelar 4-5 Februari di Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang itu sukses meraih puluhan ribu kunjun.
  • Ahad, 02 Juli 2017 - 10:06:28 WIB

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah DHARMASRAYA, HALUAN – Dharmasraya,khususnya Jorong Sungai Kilangan Nagari Sungai Mandeh, Kecamatan Pulau Punjung punya alek tradisional menyambut Idul Fitri kali ini. Anak nagari setempat, menggelar lomba pacu biduak (sampa.
  • Selasa, 25 April 2017 - 01:33:37 WIB

    Pacu Jawi Tanah Datar Akan Dipatenkan

    Pacu Jawi Tanah Datar Akan Dipatenkan BATUSANGKAR, HALUAN - Alek Nagari Pacu Jawi di Kabupaten Tanah Datar merupakan peninggalan sejarah dari nenek moyang yang kini terus berkembang secara turun temurun dan semakin diminati banyak wasatawan..
  • Ahad, 29 Januari 2017 - 21:13:17 WIB

    Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen

    Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen TANAH DATAR, HALUAN – Tradisi pacu jawi menjadi agenda rutin wisata yang digelar setiap selesai panen padi di empat kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Pemkab dan masyarakat terus berupaya meningkatkan angka kunjungan wisat.
  • Jumat, 26 Agustus 2016 - 03:33:42 WIB

    Wawako Ikuti Kejuaran Pacu Rakik

    Wawako Ikuti Kejuaran Pacu Rakik SOLOK, HALUAN —Wa­kil Walikota Solok, Reinier mengikuti kejuaraan pacu rakik trdaisional Koto Pan­jang Cup di Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok , Sabtu (20/8)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM