Tanah Datar Dikunjungi Rombongan dari Kementerian BUMN


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:17:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Rombongan yang berjumlah 20 orang ini berasal dari Provinsi Bali dengan 17 siswa berprestasi se Provinsi Bali, dua orang guru berprestasi dan stu orang dari Dinas Budpar, diterima langsung oleh Pj. Bupati di Aula Eksekutif Kantor Bupati, Selasa (15/12).

Amri Setiawan dari PT. Semen Padang selaku ketua rombongan mengatakan bahwa program ini merupakan CSR (Corporate Social Responsibility) BUMN termasuk CSR PT. Semen Padang, dengan mengajak siswa beprestasi berkeliling nusantara. Dalam hal ini untuk Provinsi Sumatera Barat dikunjungi oleh Siswa Berprestasi Provinsi Bali.

Lebih lanjut Amri Setiawan sampaikan program ini serentak seluruh Indonesia selama 14 hari mulai tanggal 11 hingga 24 Desember mendatang. Rombongan siswa asal Provinsi Bali telah beberapa hari di Ranah Minang dan telah mengikuti beberapa agenda diantaranya menyaksikan proses produksi semen di pabrik semen Indarung Padang, menyaksikan sekaligus mencoba membuat batik Tanah Liek khas ranah Minang dan kunjungan wisata ke kawasan wisata Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan.

Untuk dua hari ke depan, rombongan akan berada di Kabupaten Luhak Nan Tuo yang dikenal sebagai pusat adat budaya Minangkabau, banyak tempat dan situs budaya yang berada di Tanah Datar serta tentunya menikmati berbagai macam kuliner khas daerah seperti lamang tapai, karupuak jangek, dakak-dakak Simabua, kacang simabua dan lainnya.

Pj. Bupati Tanah Datar Sudirman Gani, saat menyambut kedatangan itu mengucapkan selamat datang kepada rombongan yang akan berada di Tanah Datar Luhak Nan Tuo selama 2 hari ke depan. Pemerintah Daerah siap memfasilitasi kunjungan kehormatan ini, mengingat kegiatan ini sangat strategis bagi pengembangan pariwisata di Sumatera Barat khususnya Kabupaten Tanah Datar.

“Harapan saya selama di Sumatera Barat khsususnya Tanah Datar, memberi kesan baik dan menyenangkan selama di sini dan bisa berbagi cerita kepada teman dan saudara di kampung halaman, betapa indah alam dan ramahnnya warga Tanah Datar, program ini diharapkan menumbuhkan rasa cinta tanah air siswa dengan menyaksikan langsung kekayaan alam nusantara dan memetik nilai-nilai positif dari budaya setempat,” sebut Sudirman kepada rombongan siswa.

Sementara itu Putu Febry Krisna Pertiwi peserta program “Siswa Mengenal Nusantara” kepada Haluan mengatakan kekaguman alam dan budaya minangkabau. “Saya sangat terkesan dengan indahnya Wisata Mandeh, pemandangannya sangat indah, air jernih sehingga karang-karang terlihat jelas menghiasi dasar laut yang terhampar,” ungkap Putu siswa kelas XII SMA 2 Amblapura Kabupaten Karang Asem Bali yang baru pertama kali ke Sumatera Barat.

“Saya lihat alam Sumatera Barat mirip dengan Bali, sama indahnya dengan Bali, yang masih kurang belum bagus sarana dan prasarana mendukung pariwisata, kalau dibenahi dengan sungguh-sungguh akan menjadi potensi ekonomi yang laur biasa,” tutur Putu

Menurut informasi yang diperoleh, rombongan ini akan diajak melihat bukti Tanah Datar pernah jadi pusat pemerintahan Minangkabau masa lalu sehingga adat dan budaya minangkabau berkembang dari daerah yang digelari pusek jalo pumpunan ikan dengan berkunjung ke Istano Basa Pagaruyung. (h/fma)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Oktober 2018 - 10:21:26 WIB
    DUKUNG PEMBERANTASAN NARKOBA

    Zohirin: Pemko Sawahlunto Sediakan Tanah untuk Pusat Rehabilitasi

    Zohirin: Pemko Sawahlunto Sediakan Tanah untuk Pusat Rehabilitasi SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM-Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti mengungkapkan, Pemko Sawahlunto sangat serius untuk berpartisipasi dalam memerangi narkoba. Pemko menyediakan tanah seluas 15 hektare untuk pembangunan Pus.
  • Jumat, 21 September 2018 - 14:37:54 WIB

    Polres Tanah Datar Gelar Aksi Peduli

    Polres Tanah Datar Gelar Aksi Peduli TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM -- Dalam momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas (Lantas), Polres Tanah Datar menggelar aksi pedui kepada pekerja tukang angkat di pasar Batusangkar, Kamis (20/9)..
  • Rabu, 07 Maret 2018 - 17:22:55 WIB

    Di Tanah Datar, Satlantas Bagi-bagi Bunga dan Coklat

    Di Tanah Datar, Satlantas Bagi-bagi Bunga dan Coklat TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Dihari ketiga Operasi Keselamatan Singgalang 2018, Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Datar melaksanakan pembagian bunga, coklat dan stiker tertib berlalu lintas kepada pengendara, Rabu (7/3)..
  • Jumat, 12 Januari 2018 - 10:18:29 WIB

    Tanah Datar Bakal Punya Kampung Religi

    Tanah Datar Bakal Punya Kampung Religi TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Memasuki tahun 2018 Masehi, pemerintahan Kecamatan Lima Kaum, langsung tancap gas dalam menjalankan program-program unggulannya. Salah satu programnya adalah Kamoung Religi yang sudah berjalan d.
  • Kamis, 11 Januari 2018 - 22:27:10 WIB

    Polres Tanah Datar Bantu Anak Penderita Hydrocephalus

    Polres Tanah Datar Bantu Anak Penderita Hydrocephalus TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Penderitaan salah seorang anak berusia dua tahun mendapat perhatian Kapolres Tanah Datar. Awalnya anak penderita Hydrocephalus tersebut dijumpai Kapolres, AKBP Bayuaji Yudha Prajas di Pasar Bat.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM