Pemangku Adat Tanah Datar Diberikan Pelatihan


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:16:22 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Hal itu dikatakan Pj Bu­pati Tanah Datar Sudirman Gani saat membuka ke­giatan pelatihan ABS-SBK  bagi pemangku adat se-Kabupaten Tanah Datar, di Aula Dinas Budparpora setempat, Selasa (15/12).

Menurut Sudirman Ga­ni satu hal yang menjadi catatan bagi pemerintah daerah bagaimana pe­nge­tahuan dasar dan nilai-nilai adat itu perlu dilestarikan.

‘’Kegiatan ini me­ngi­ngat-ingatkan kembali p­e­nge­tahuan dasar dan nilai-nilai adat bagi nimik mamak pe­mangku adat, untuk meng­hindari hilangnya adat dan budaya kita seiring per­kem­bangan zaman, maka per­hatian terhadap keles­ta­rian­nya harus dengan mak­simal kita berikan,” ujar Sudirman Gani.

Dikatakan, pembinaan yang dilakukan melalui dinas terkait, ada kegiatan atau program pada SKPD lain yang juga sebagai ben­tuk upaya dalam mele­s­tarikan adat tersebut.

“Di samping itu di­bu­tuhkan peran ninik mamak yang lebih aktif dalam mem­bimbing anak kemenakan agar memiliki kecintaan ter­hadap adat dan budayanya sendiri,” imbuhnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri para ninik mamak ini, Sudirman Gani mene­kan­kan, ninik mamak pun per­lu mempersiapkan gene­rasi untuk pewaris pe­mang­ku fungsional dengan mu­syawarah dan melalui lang­kah-langkah konkret ber­kelanjutan.

Dengan demikian, akan dihasilkan generasi yang mumpuni dalam men­jalan­kan fungsi-fungsi adat, se­kaligus generasi yang peduli dengan kelestarian adat budaya, katanya .

Tampil sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut,  Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar M Sa­yuti Dt Rajo Penghulu dan Ketua LKAAM Tanah Da­tar Irsal Verry Idrus, Dt Lelo Sampono.

M Sayuti dalam pela­tihan tersebut menberikan makalah dengan juduk me­ngoptimalkan fungsi dan pera­nan limbago adat di­nagari untuk men­sejah­tera­kan anak kamanakan.

Sedangkan Irsal Verry Idrus tampil dengan judul makalah kedudukan dan peranan ABS-SBK dalam kehidupan masyarakat Mi­nangkabau, agenda ter­se­but merupakan agenda ru­tin yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan Pari­wisata dan Pemuda Olahraga Tanah Datar. (h/fma)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM