50 Pemuda Ansor Ikuti PKD Diklatsar


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:14:17 WIB

Ansor harus menyiapkan pemimpin masa depan, meng­gantikan generasi yang menjadi pemimpin sekarang. Hal itu, dikatakan Ketua Pimpinan Wila­yah Gerakan Pemuda Ansor Sumbar, Rahmat Tuanku Sulai­man, MM, Selasa (15/12) ketika membuka PKD dan Diklatsar Banser Cabang GP Ansor Pa­dang Pariaman, di BPKB Ra­wang, Pariaman.

Dia menjelaskan, Ansor se­jati­nya bukan hanya untuk NU ke depan, tapi juga untuk bangsa Indonesia. Masa depan Indo­nesia juga terletak pada posisi NU, sedangkan masa depan NU terletak di tangah Ansor. Jika kepemimpinan Ansor ke depan baik, tentu Indonesia juga akan lebih baik pula.

“Kader Ansor tidak saja dila­tihkan intelektualnya, tapi juga dilatih fisiknya melalui Pen­didikan dan Latihan Dasar (Di­klatsar) Barisan Ansor Ser­ba­guna. Karena, seorang pemimpin tidak saja cerdas dan kuat in­telektualnya, tapi juga kuat fisiknya,” kata Rahmat, alumni Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan.

Selain itu, katanya, ini sesuai dengan target Ansor tidak hanya kuat berzikir, bershalawat kepa­da Nabi Muhammad SAW, tapi juga memiliki kekuatan kerja, sehingga terwujud penguatan ekonominya.

“Kita menyadari masalah pengangguran banyak terjadi pada pemuda yang bermukim di pedesaan. Mereka kebanyakan Ansor yang butuh penguatan ekonomi,” kata Rahmat.

Terkait dengan bela negara yang belakangan sudah menjadi perhatian pemerintah, Ansor su­dah berbuat dan tegas me­nya­takan, bahwa NKRI itu harga mati. Sikap tegas tersebut dila­kukan Ansor, karena turut ber­juang mendirikan dan mem­pertahankan kemerdekaan Indo­nesia ini. “Ansor merasa prihatin, belakangan banyak muncul gera­kan yang ingin merobek-robek eksistensi NKRI ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor, Zeki Aliwardana menyebutkan, PKD dan Diklatsar Banser berlang­sung, Selasa (15/12) sampai Kamis (17/12) dengan men­datangkan instruktur dari PP GP Ansor, KH Abdul Khalim Anwar dan Asisten Pendidikan dan Latihan Satuan Koordinasi Na­sio­nal (Satkornas) Banser, M. Ilyas. Sedangkan dari PW GP Ansor instruktur yang mem­berikan materi Rusli Intan Sati, Armaidi Tanjung dan Hafnizon.

“PKD dan Diklatsar ini me­ru­pakan yang kedua kalinya diselenggarakan PC GP Ansor Padang Pariaman dengan tema “Membingkai Kebersamaan Da­lam Menjaga Keutuhan NKRI”. Peserta berasal dari kalangan pesantren, pemuda, mahasiswa dan utusan dari Padang Paria­man,” kata Zeki didampingi se­kretarisnya, Alva Anwar. (h/bus)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]