Beda ASI dan Susu Formula


Kamis, 17 Desember 2015 - 03:07:42 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Beda ASI dan Susu Formula

Sang ibu yang me­nyu­sui juga akan mem­­peroleh man­faat dari pro­ses menyusui ini sendiri. Hanya ter­kadang dalam masa sekarang ini ada juga ibu yang memberikan susu formula. Lalu di­manakah beda ASI dengan susu for­mula ini...?

Susu formula ini adalah susu selain ASI yang juga biasa diberikan kepada bayi pada umumnya dan bahan dasar susu formula ini adalah dibuat dari susu sapi, atau pun kita me­ngenal akan susu kambing dan susu kedelai juga. Ini­lah yang dimaksud dengan pengertian susu formula.

Tentunya kandungan ASI berbeda dengan kan­dungan susu formula. Ka­rena pada dasarnya ASI memang diperuntukkan untuk sang bayi. Dan segala kandungan dalam air susu ibu adalah paling tepat dan pas buat sang bayi. Karena produk dari susu formula bisa menyebabkan anak bayi alergi susu sapi yang merupakan dasar pem­bua­tan susu formula. Selain itu manfaat ASI untuk bayi juga jangan kita ke­sam­pingkan dengan membe­rikan susu formula.

Meskipun susu formula tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan “kandungan ASI” tentunya tidak akan sama dengan ASI (Air Susu Ibu) yang sesungguhnya. Per­bedaan ASI dan susu botol atau susu formula ini pada air susu ibu dalam hal ini sang ibu menyusui bisa memproduksi susu yang benar-benar diperun­tuk­kan untuk khusus bayi.

Dan juga merupakan susu yang telah berevolusi untuk bisa menyesuaikan pertumbuhan dan per­kem­bangan bayi dan anak-anak keturunan manusia.

Sedangkan susu for­mula yang berasal dari mamalia lain tentu ber­beda, dan walau sempurna bagi keturunannya, ten­tunya tidak bisa disamakan dengan pemberian ASI oleh seorang ibu kepada anak-anaknya. Ini juga me­rupakan salah satu beda susu formula dan ASI dari sekian banyak perbedaan dalam segi kandungannya.

Ada beberapa kan­du­ngan dalam ASI yang tidak terdapat secara sempurna pada susu formula. Dian­tara perbedaan kandungan ASI dengan susu formula adalah dalam bentuk kan­dungan yang berupa se­bagai berikut :

1. Protein Susu. Dalam hal ini kandungan ASI dalam bentuk protein akan banyak bermanfaat dalam pembentukan struktur otak bayi sehingga dapat me­ningkatkan kecerdasan bayi secara alamiah.

2. Lemak dalam ASI. Jenis lemak yang terdapat dalam ASI ada dua jenis yaitu lemak linoleat dan asam alda li­no­leat yang nantinya akan diproses oleh tubuh bayi menjadi AA dan DHA yang do­minan membantu pertum­buhan otak bayi dengan lebih baik dan sehat.

3. Oligosakarida. Zat ini bermanfaat sebagai prebiotik dan ter­kandung dalam air susu ibu. Man­faat lainnya akan oligosakarida ini adalah untuk meningkatkan jum­lah bakteri baik yang hidup di dalam pencernaan bayi secara alami.

4. Laktosa. Laktosa da­lam air susu ibu ini ber­manfaat dalam rangka mem­­­bangun system syaraf dan juga asupan energi bagi bayi dalam akti­fitas­nya. Laktosa akan dioleh oleh tubuh menjadi ga­laktosa dan glukosa se­bagai bahan utama per­tumbuhan syaraf.

Walaupun dalam susu formula atau susu botol lainnya juga mengandung akan hal tersebut diatas, hanya saja kadarnya yang berbeda, Dan yang pasti ASI adalah yang terbaik bagi sang bayi dan kese­hatannya juga.  (h/prt)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM