Terpilih Jadi Bupati Solok

Gusmal Akan Rangkul Semua Kalangan


Rabu, 16 Desember 2015 - 04:23:23 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Gusmal Akan Rangkul Semua Kalangan

Karena da­lam ke­kalahan, se­ja­tinya bu­kan selalu ber­arti kalah, masih bisa menang, masih bisa mencapai keadaan yang diharapkan. Tetapi hal uta­ma bangkit dari kekalahan adalah tekad dan kemauan dalam diri, dan juga kere­laan menerima kenyataan bahwa yang diharapkan tidak selamanya bisa men­jadi kenyataan.

H. Gusmal, S.E., M.M (lahir di Koto Gadang Gu­guak, Gunuang Talang, So­lok, Sumatera Barat, 22 Juni 1954; umur 61 tahun)

Belajar dari kegagalan inilah, kemudian H Gusmal SE MM mencoba bangkit dari keterpurukannya. Per­ja­lanan waktu 5 tahun bela­kangan yang dilaluinya ber­sama keluarga menjadi ba­gian dari dinamika hidup yang mesti dijalani dengan sabar dan tawakkal. “Bagi saya dan keluarga, hinaan dan cacian sudah seperti air mandi pembasuh badan. Makanya saya nikmati saja dengan sabar. Karena Allah tidak akan memberi ujian di luar kemampuan ummat­nya, itulah kunci kehidu­pan,” kata Gusmal menja­wab Ha­luan di balik tele­pon geng­gamnya, Senin (14/12).  

Sikap sabar itupun di­tun­jukkan pria kelahiaran Koto Gadang Guguak, Gu­nung Talang Solok 22 Juni 1954 ini, kala memasuki kancah Pilkada Kabupaten Solok 2015. Kesabaran man­tan Bupati Solok 2005-2010, kembali diuji dengan banyaknya hujatan dan sele­baran gelap yang menyudutkan dirinya dan keluarga. Namun hal itu tetap ditanggapi dengan sabar. Bahkan mantan kepala Bappeda dan Ke­pala DPPKA Kab. Solok ini me­minta timnya untuk tidak ter­pancing menanggapi isu itu, karena berujung kepada keributan.

Kesabaran itupun akhirnya berbuah manis, meski KPU belum menetapkan secara resmi pasangan Gusmal-Yulfadri Nur­din sebagai pemenang Pilkada, namun dari hasil rekapitulasi melalui proses quick count dan real count melalui scan data C1 KPU, hasilnya juga telah diketa­hui. Pasangan Gusmal-Yulfadri unggul setelah menggaet 46,32 persen suara pemilih di daerah penghasil beras itu.

Terkait kemenangannya, Gus­­mal kembali mungucap syu­kur dan berterima kasih atas du­ku­ngan yang diberikan masya­rakat. Menurutnya amanah suara dan dukungan masyarakat adalah anugerah dari Allah yang harus dijaga dan perjuangkannya kala menjadi Bupati Solok 2016-2021. “Ini semua berkat izin Allah, kalau tanpa izinnya tak mungkin kita meraih suara ter­banyak,” kata Gusmal.

Pihaknya sampai menyebut­kan demikian lantaran, selama masa kampanye partisipasi rela­wan yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat sangat luar biasa. Betapa tidak, karena dari segi pendanaan dalam setiap kegiatan, pihaknya mengaku lebih banyak didukung oleh para relawan dan simpatisan yang tergabung dalam tim Koalisi Solok Bersatu di bawah koordi­nasi Septrismen dan Israr Jalinus.

“Kawan-kawan relawan yang menanggung segala biaya dari kegiatan yang dilaksanakan di berbagai nagari. Ini yang patut kita apresiasi, mereka telah rela berkorban materi, waktu, bahkan perasaan,” kata Gusmal sang pamong.

Kendati demikian, pria yang terkenal humanis dan murah senyum ini berharap kepada pendukung dan relawannya un­tuk tidak merasa jumawa dan larut dengan euforia kemena­ngan. Pihaknya mengimbau agar para relawan dan masyarakat Kab. Solok  tetap menjaga kon­dusifitas dan tetap pada prinsip yg telah disepakati bersama dengan santun, beretika dan bermartabat. “Pilkada telah usai, mari kita kembali berangkulan, singkirkan perbedaan untuk membangun Kabupaten Solok yang lebih baik di masa men­datang” tegas Gusmal.

Terpilihnya Gusmal-Yul­fa­dri, telah menjawab kerinduan masyarakat terhadap tokoh yang sangat familiar  di mata mas­yarakat. Terutama rindu kepada warna kepemimpinan mantan Bupati Solok periode 2005-2010, H Gusmal Dt. Rajo Lelo. “ Ke­rinduan kami kepada pak Gus­mal, memunculkan harapan agar beliau kembali berkantor di Arosuka, “ kata ketua Harian Tim Koalisi Solok bersatu Israr Jalinus.

Menurut Israr, kerinduan bagi warga bukan  perkara seder­hana, paling tidak menumbuhkan fanatisme  terhadap orang yang memang sejak lama sudah diido­lakan. Padahal juga tidak sese­derhana harapan warga, ketika mantan ketua LKAAM Kabu­paten Solok itu maju lagi sebagai calon bupati Solok.” Kita ingin melihat kelanjutan program tiga pilar pembangunan yang sempat terhenti. Bahkan nanti, dengan kolektivitas potensi, tiga pilar akan dikembangkan menjadi  empat pilar pembangunan,” pa­par  Israr.

Soal kenapa tiga pilar dikem­bangkan menjadi empat pilar, Gusmal memaparkan posisi prioritas pembangunan  dikem­bangkan sesuai kondisi hari ini.  Bila 5 tahun pertama (2005-2010), program pembangunan kabupaten Solok fokus pada bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan, nanti sektor ekonomi kerakyatan di­tem­patkan di posisi utama. “ Sebenarnya sejajar juga posisinya, cuma bidang ekonomi lebih diberi porsi,  diberi penekanan dan fokus. Karena itu, bersama empat pilar, Insya Allah kita bersama lagi, “kata mantan Sekda Kabupaten Solok ini.

Sebanding dengan pemba­ngunan ekonomi kerakyatan, Kesehatan dan Pendidikan,  Gusmal sekaligus hendak me­ngembangkan semangat partisi­patif dalam menggerakkan po­tensi kabupaten Solok. Setiap elemen masyarakat, ucap dia,  dilibatkan dalam menyusun dan menggerakkan program 4 pilar pembangunan. “Para relawan kami nantinya akan kita jadikan relawan penggerak pembanguna Kabupaten Solok, termasuk juga relawan yang ada di tim Pak Desra dan pak Agus Syahdeman, semuanya akan kita rangkul,” bebernya.

Tentulah bukan tanpa analisa, kenapa suami Desnadevi ini menegaskan soal pembangunan  harus jelas dan terarah. Gusmal memahami benar soal ini, karena itu setiap program harus ada judul untuk penegasan kegiatan pem­bangunan. ”Dengan demikian upaya untuk mewujudkan cita-cita  menjadi Kabupaten terbaik dari yang baik seperti amanat RPJP Kab. Solok akan kita wu­jud­kan bersama-sama,” tegas Gusmal. **

 

Laporan :
YUTIS WANDI



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM