Duta Besar Amerika Serikat Apresiasi Konservasi Penyu


Rabu, 16 Desember 2015 - 03:38:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Duta Besar Amerika Serikat Apresiasi Konservasi Penyu General Services Officer Perwakilan Kedubes AS Jakarta, Mr. Lawrence P. Lane (tengah) sedang melepas penyu didampingi Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar (kanan) di UPT Konservasi Penyu Kota Pariaman di Desa Apar. (IST)

Demikian disampaikan General Services Officer Perwakilan Kedubes AS Jakarta, Mr. Lawrence P. Lane, saat berkunjung ke UPT Konservasi Penyu di Desa Apar, Senin (14/12). Menurutnya, keindahan pan­­­tai dan pulau yang ter­pampang di barisan pantai Pariaman sangat indah. Ta­naman cemara laut yang tertata dengan indah, menja­dikan suasana lingkungan bertambah asri.

“Saya takjub dengan kei­ndahan yang tersaji di sini dan dengan pengalaman melepas penyu ke laut lepas, akan menjadi kenangan ter­sendiri,” katanya.

Wakil Walikota Paria­man, Genius Umar me­nga­takan, Kota Pariaman telah dikaruniai akan ke­in­­dahan pantai, pulau dan isi laut yang ter­kandung di dalamnya. “Kita harus bersyukur dan menjaga kelestarian dari alam yang diciptakan oleh yang maha kuasa,” ujarnya.

Salah satu cara me­lestarikan lingkungan de­ngan tetap mengacu pada Visi Kota Pariaman untuk menjadikan Kota Pa­ria­man sebagai kota tujuan wisata dan ekonomi krea­tif yang berwawasan ling­kungan, budaya dan aga­ma, yaitu dengan mem­buat konsep Ecotourism (wisata berbasis ling­kungan).

Saat ini, di konservasi penyu yang ada di Kota Pariaman telah mem­bu­dida­yakan masyarakat untuk me­nukarkan telur penyu yang mereka temui, untuk diantar ke konservasi penyu guna dilestarikan dan dikem­bali­kan ke habitatnya. Ada tiga jenis penyu yang hampir pu­nah yang ada di lestarikan di tempat ini, seperti penyu lekang, penyu sisik dan penyu hijau.  Selain penyu, Kota Pa­riaman juga mempunyai hu­tan mangrove alami yang terdapat di kawasan kon­ser­vasi dan Pemko Pariaman berupaya untuk tetap mera­wat dan melestarikanya de­ngan menambah penanaman mangrove di sekitarnya.

“Dengan konsep Eco­tou­rism yang diterapkan, diha­rapkan peran semua stake­holder untuk terus melakukan kreasi dan inovasi yang dapat menunjang konsep ini,” kata Genius.

Sementara Kepala UPT Konservasi Penyu Kota Pariaman, Cithra Aditur Bahari menjelaskan, tentang kegiatan yang telah dila­kukan untuk menjaga keles­tarian penyu yang ada di Kota Pariaman, kawasan konservasi telah banyak didatangi, baik para peneliti lokal maupun internasional, seperti National Geo­gra­phic, peneliti dari Jepang, Korea, Irlandia, Jerman dan Belanda.

“Termasuk studi ma­gang mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berkunjung ke konservasi penyu Kota Pariaman setiap tahunnya semakin meningkat, se­hing­ga kawasan konservasi pe­nyu Kota Pariaman semakin dikenal masyarakat luas dan mancanegara,” terangnya.

Perwakilan Kedubes AS Jakarta, Mr. Lawrence P. Lane didampingi staf yang bertugas di Kedubes AS di Jakarta asal Indonesia, Fatty Trianasari, diajak Wakil Walikota didampingi Sek­retaris BPBD Kota Paria­man Kardinal, melihat Pan­tai Gandoriah dengan pe­mandangan pulau yang ada di depannya.

Mr. Lawrence P. Lane yang baru pertama kali ber­kunjung ke Kota Pariaman sangat tertarik dengan keu­nikan dan potensi pa­riwisata yang ada di Kota Pariaman. Diharapkan konsep Eco­tourism yang diterapkan Pe­merintah Kota Pariaman terus berkelanjutan, sehing­ga menjadi magnet bagi ca­lon wisatawan yang akan ber­kunjung ke Kota Pa­riaman. (h/tri)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 06 Juli 2018 - 17:01:50 WIB

    Disparpora Agam Tantang Remaja Ikut Uda dan Uni Duta Wisata

    Disparpora Agam Tantang Remaja Ikut Uda dan Uni Duta Wisata AGAM, HARIANHALUAN.COM-- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Agam (Disparpora) menantang generasi muda untuk ikut serta menunjukkan kemampuan dalam ajang pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Agam tahun 2018.
  • Kamis, 21 April 2016 - 02:09:22 WIB

    Tiga Pasang Duta GenRe Wakili Bukittinggi ke Provinsi

    Tiga Pasang Duta GenRe  Wakili Bukittinggi ke Provinsi BUKITTINGGI, HALUAN — Tiga pasang Mahasiswa Generasi Berencana (Gen­Re) mewakili kota Bukit­tinggi pada lomba pemilihan Duta Mahasiswa Genre ting­kat Propinsi, yang akan dilaksanakan pada 21-23 April besok..
  • Jumat, 26 Februari 2016 - 02:23:42 WIB

    SMAN 2 Jadi Duta Kota Solok

    SOLOK, HALUAN — SMA N 2 Kota Solok ditetapkan sebagai duta Kota Solok dalam penilaian Usaha Ke­sehatan Sekolah (UKS) dan Per­pustakaan untuk tingkat Sumatera Barat. Sekolah itu berhasil me­nyisihkan beberapa sekolah lain.
  • Rabu, 17 Februari 2016 - 03:14:25 WIB

    Vitamin A untuk Baduta Dicanangkan

    Vitamin A untuk Baduta Dicanangkan PARIAMAN, HALUAN — Walikota Pariaman Mukhlis R, meneteskan kapsul vitamin A kepada seorang baduta (bayi di bawah dua tahun) pada pencanangan pemberian vitamin A pada baduta, kamis (11/2) di Kelurahan Jalan Kereta Api, Kecam.
  • Jumat, 04 Desember 2015 - 03:22:05 WIB
    Pemilihan Guru Berprestasi

    Pasaman Kirim Duta Pendidik ke Tingkat Nasional

    PASAMAN, HALUAN—Para pendidik di Pasaman menjadi finalis seleksi pemilihan guru berprestasi dan tutor paket C tahun 2015. Atas prestasi tersebut, mereka berhak mewakili Sumatera Barat ke tingkat nasional. Hasil yang diraih.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM