Nagari Air Hitam Mulai Lirik Bisnis Pupuk Organik


Rabu, 16 Desember 2015 - 03:32:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Camat Silaut Samwil mengatakan, masyarakat Kecamatan Si­la­ut mayoritas bergerak dalam sektor per­ke­bunan dan pertanian. Salah satu upaya yang dila­kukan untuk menggenjot hasil produksi adalah de­ng­an mengunakan pupuk orga­nik sehingga kesuburan la­han tetap terjaga.

Kondisi ini ak­an mem­be­ri­kan dampak positif ter­hadap pertumbuhan pe­re­konomian masyarakat, ka­rena bila tanahnya subur tentu hasil produksi akan meningkat.

Produksi pupuk organik tersebut  dikelola oleh Le­m­baga Pupuk Granular Air Hi­tam Bangkit. Pembuatan pu­puk ini juga terbantu deng­an adanya peternakan sapi yang dimiliki masya­rakat setempat.

“Kotoran ternak pe­li­hara­an masyarakat tersebut dapat menjadi komoditi nagari, se­tidak­nya ber­man­fa­­at terhadap ekonomi tam­ba­han bagi badan usaha mi­lik nagari,” terang Samwil.

Menurut Samwil, pupuk organik  tersebut saat ini  dalam proses  uji sampel  Labor BPTP Sukarami di Solok. Diharapkan  nanti  produksi pupuk organik ini  dapat membantu  me­ri­ngan­kan beban petani.

“Pasalnya kondisi saat ini harga pupuk pabrik ma­hal di pasaran, maka solusi yang tepat dalam me­ngatasi­nya, para petani bisa meng­u­na­kan pupuk organik, se­lain harga­nya murah juga dapat men­jaga tanah tidak rusak dan tetap subur,” urai Samwil.

Sementara itu, dalam upaya  peningkatan produk unggulan pada lahan gam­but  di Kecamatan Silaut selain sawit, kini masyarakat membudidayakan  berbagai jenis tanaman yang meng­hasilkan berupa mangga, salak, rambutan, ke­­leng­keng, lansek dan berbagai jenis tanaman lainnya. Hasil produksi  perkebunan ini  diharapkan  mendongkrak pertumbuhan pere­ko­no­mi­an masyarakat, setidaknya lahan yang ada bisa di­mam­faat­kan dengan tanaman produktif  yang  men­da­tang­kan hasil.

Budidaya  produk ung­gulan nagari ter­se­but me­m­butuhkan tenaga pen­dam­ping dari dinas terkait, te­ru­tama  dalam pemanfaatan tanah yang cocok untuk  dataran pasca sawit. Bila setiap nagari memiliki pro­duk unggulan  secara oto­matis pertumbuhan eko­nomi ma­sya­rakat akan se­makin meng­geliat dan pem­bangunan akan semakin ber­kem­bang. (h/mjn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 November 2018 - 11:44:08 WIB

    Tiap Nagari di Pessel Terima ADD Hingga Rp1 Miliar

    Tiap Nagari di Pessel Terima ADD Hingga Rp1 Miliar PESSEL, HARIANHALUAN.COM - 182 Nagari di 15 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019 akan menerima kucuran Anggaran Dana Desa (ADD) yang saat ini sedang dalam penyusunan besaran dana desa untuk masing-masing nagari. .
  • Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:58:46 WIB

    Magrib Mengaji di Agam Sejalan Dengan Gerakan Nagari Madani

    Magrib Mengaji di Agam Sejalan Dengan Gerakan Nagari Madani AGAM, HARIANHALUAN.COM --Kegiatan Magrib Mengaji di Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, membangkitkan semangat generasi menuju masyarakat yang madani..
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:35:48 WIB

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat adat Malalo Tigo Jurai yang semakin tersadarkan dengan potensi alam Malalo dengan bantuan oleh LSM Qibar, INSIST, dan HUMA yang kemudian berjuang bersama untuk terwujudnya Hutan Ada.
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:25:57 WIB

    TMMD ke 103 di Pessel. Bupati Hendrajoni: Kerja Nyata Dalam Pembangunan Nagari

    TMMD ke 103 di Pessel. Bupati Hendrajoni: Kerja Nyata Dalam Pembangunan Nagari PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Program TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD) Reguler ke-103 tahun 2018 di wilayah Kodim 0311/Pessel, secara resmi dibuka ditandai dengan upacara yang dipimpin oleh Bupati Pesisir Selatan Hendr.
  • Selasa, 04 September 2018 - 16:37:55 WIB

    Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata

    Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Puluhan praktisi dan pemerhati pariwisata yang berhimpun dalam tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Terpadu (TP3T) Kabupaten Solok melakukan pertemuan untuk mewujudkan program kepariwisataan p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM