Liburan Hemat dan Menyenangkan


Rabu, 16 Desember 2015 - 03:27:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Liburan Hemat dan Menyenangkan

Walau sebenarnya, ada banyak destinasi liburan yang tidak terlampau jauh dari area tinggal yang dapat dijadikan alternatif, serta mempunyai panorama ti­dak kalah cantiknya, dan tentu dengan biaya yang lebih murah.

Selama ini yang menjadi kendala dalam liburan ha­nyalah biaya dan kurangnya perencanaan dari masing-masing orang. Padahal de­ngan perencanaan yang ma­tang tentu liburan akan menjadi menyenangkan dan hemat.Kunci utama liburan hemat dan menyenangkan sebenaranya ada tiga yakni, penentuan lokasi, ketelitian mempersiapkan biaya serta rencana rute liburan.

Dan simak beberapa tips ini :

1. Yang pasti, persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika Anda mempunyai rencana berlibur yang cu­kup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari inco­me bulanan Anda selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibu­tuh­kan.

2. Biasanya me­ngambil paket li­buran yang dise­diakan pihak tour travel bisa lebih murah. Namun jika Anda ingin ber­per­gian sen­diri, keta­hui dahulu seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ke­tinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat.

3. Untuk biaya trans­portasi dan akomodasi, sa­ngatlah baik jika Anda bisa mendapatkan paket pro­mosi. Bahkan jika ada, ru­mah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dija­dikan tempat menginap. Anda dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.

4. Cermatlah dalam memilih tempat rekreasi. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.

5. Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus se­suai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika Anda memilih tempat yang tidak jauh dari tempat me­nginap atau tempat terakhir Anda sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula.

6. Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tem­pat belanja yang ramai di­kunjungi turis. Ber­buru oleh-oleh dan barang ke­ra­jinan ke pasar-pa­sar tra­disional bah­­kan langsung ke tempat pem­buatan/pab­rik­nya bisa menghemat uang Anda.

7. Jangan lupa, selalu membawa bekal seperti roti dan mi­numan air putih da­lam tas. Selain lebih sehat, Andapun terhindar dari jajan yang tidak perlu.

8. Bawalahuang saku sesuai dengan budget. Dan tetap catat semua penge­luaran Anda selama perja­lanan dari awal hingga akhir.

9. Jika Anda dan ke­luarga mempunyai flek­sibilitas waktu, pertim­bang­kanlah untuk berpergian pada masa “low season”. Anda bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa dida­patkan pada masa “high season”.

10. Jika budget Anda saat ini tidak me­mung­kin­kan untuk berpergian jauh, liburan didalam kota bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Banyak al­ternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak-anak terutama di Jakarta dan sekitarnya. Bahkan ru­mahpun bisa menjadi tem­pat liburan yang menye­nangkan bagi keluarga. Bu­atlah acara/kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan keluarga di ru­mah. Yang penting, berpikir kreatif dan merasa bahagia menjadi kunci untuk dapat menikmati masa liburan.

Nah, itu dia tips liburan hemat dan pastinya me­nyenangkan. (h/blg)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM