Menjauhkan Anak dari Narkoba


Selasa, 15 Desember 2015 - 02:34:55 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Semua istilah ini, baik “narkoba” atau napza, me­ngacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko kecanduan bagi peng­gunanya. Menurut pakar kesehatan narkoba sebe­narnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hen­dak dioparasi atau obat-obatan untuk penyakit ter­tentu. Namun kini presepsi itu disalah gunakan akibat pemakaian yang telah di luar batas dosis.

Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari ok­num-oknum yang tidak ber­tanggung jawab. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mang­sa didaerah sekolah, dis­kotik, tempat pelacuran, dan tempat-tempat perkum­pu­lan genk.

 Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua, ormas, pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela. Upaya pemberantas nar­koba pun sudah sering dila­kukan, namun masih sedikit kemungkinan untuk meng­hindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun ba­nyak yang terjerumus nar­koba.

Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak yaitu dari pendidikan kelu­arga. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan me­n­didik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba. Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa di­cegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah men­dapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak ber­tang­gung jawab.

Misalnya saja dari ban­dar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah, diskotik, tempat pelacuran, dan tempat-tem­pat perkumpulan genk. Ten­tu saja hal ini bisa membuat para orang tua, ormas, pe­merintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela. Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan, namun masih sedikit ke­mungkinan untuk meng­hindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun ba­nyak yang terjerumus nar­koba. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak yaitu dari pendidikan kelu­arga. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan men­didik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba.

Cara Mengatasi Nar­koba

- Tidak mudah ter­pe­ngaruh pada orang asing

- Orang tua diharapkan dapat mendidik anak-anak­nya tentang bahaya Narkoba

- Menghindari Pergau­lan Bebas. (h/yos)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM