Ramlan Nurmatias

Harapan Baru Warga Bukittinggi


Senin, 14 Desember 2015 - 03:22:35 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Harapan Baru Warga Bukittinggi

Se­menjak masa ka­m­panye hingga usai Pilkada, Posko Ke­menangan Ram­lan-Irwandi di Jalan Soe­karno-Hatta kawasan Mang­gih Ke­ca­matan Man­diangin Koto Selayan (MKS) Bukit­tinggi, boleh dikatakan ti­dak per­nah sepi. Dari pagi hingga malam, posko itu selalu diramaikan oleh ber­bagai lapisan masyarakat.

Meski KPU belum me­ne­tapkan kemenangan Ram­­­­­­lan secara resmi, tapi hingga Jumat (11/12), pa­pan bunga ucapan selamat kepada Ramlan-Irwandi memenuhi lokasi Posko Ramlan-Irwandi. Seti­dak­nya ini membuktikan bah­wa kemenangan Ramlan-Irwandi sangat dinantikan berbagai kalangan ma­sya­rakat.

Ramlan Nurmatias me­ngaku, selama setahun bela­kangan ini, dia hanya me­miliki waktu istirahat sela­ma enam hingga tujuh jam. Sele­bihnya, dirinya harus me­layani masyarakat, baik yang datang ke posko, mau­pun bersilaturrahmi ke ru­mah warga, atau ke kam­pung-kampung warga.

“Warga yang datang ke posko ini kan punya tujuan khusus. Saya selaku tuan rumah, tidak mungkin dong menolak kedatangan tamu. Apalagi posko terbuka bagi ma­sya­rakat umum, dan siapapun boleh datang ke sini,” ujar Ramlan.

Ramlan juga menyebut jika kemenangan mereka adalah ke­menangan rakyat Bukittinggi. Wajar jika Ramlan berkata demi­kian, karena saat maju menjadi walikota, Ramlan maju sebagai calon perseorangan (indepen­den) yang didukung banyak warga. Bahkan puluhan ribu warga de­ngan sukarela mau me­ngum­pulkan Kartu Tanda Pen­duduk (KTP) dengan hara­pan Bukittinggi bisa dipimpin oleh orang yang dekat dan mengerti dengan keinginan ma­syarakat banyak.

“Saya dipilih masyarakat untuk menjadi walikota Bukit­tinggi, bukan menjadi walikota relawan. Jadi, apapun kepen­tingan masyarakat banyak, saya harus penuhi. Saya juga akan menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai pihak, apakah DPRD, stakeholder, pelaku pari­wisata dan unsur lainnya, dengan harapan bisa bersama-sama mem­­bangun Kota Bukittinggi,” kata Ramlan.

Ramlan juga berharap ma­syarakat kembali menjalankan rutinitasnya seperti biasa serta selalu menjalin kerukunan, agar tidak terjadi gesekan setelah Pilkada usai. Bahkan ia juga berencana untuk merangkul em­pat kandidat lainnya di Bukit­tinggi, dengan harapan bisa ber­sa­ma-sama membangun Kota Bukittinggi.

Meski Ramlan-Irwandi baru akan dilantik Februari 2016, namun Ramlan telah memetakan berbagai program yang akan menjadi prioritas nantinya. Ini bertujuan, agar setelah dilantik, Ramlan-Irwandi bisa langsung bekerja dan tidak lagi berkutat dalam pemetaan program.

Berbagai terobosan nantinya juga telah dipersiapkan oleh Ramlan-Irwandi untuk me­ngu­bah Kota Bukittinggi menuju lebih baik. Salah satunya adalah memilih Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berkom­peten di bidangnya, tanpa me­man­dang suku, agama, serta dari kampung asalnya.

Nantinya Ramlan juga mewa­jibkan SKPD untuk mengerti dan memahami visi dan misi Pe­merintah Kota Bukittinggi. Ini bertujuan, agar program yang dijalankan setiap SKPD tidak me­nyimpang dari rel yang telah dite­tapkan. Para SKPD pun juga akan diberi target capaian kerja, sehing­ga setiap pejabat tidak bisa main-main dalam menjalankan tugasnya.

Tak hanya itu, Ramlan juga membutuhkan staff yang tugasnya hanya mengumpulkan atau me­nampung setiap keluhan masya­rakat setiap harinya. Dari kelu­han itu nantinya akan di ditin­daklanjuti, dan akan memberikan solusi terbaik. Bo­leh dikatakan terobosan ini ja­rang ditemui di berbagai daerah lainnya.

Ramlan juga berjanji akan membenahi berbagai fasilitas publik, baik di tempat objek wisata maupun di tempat lain­nya, serta akan membuat banyak taman dan layanan wifi gratis yang bisa dinikmati warga mau­pun pengunjung di Bukittinggi.

“Ada dua target capaian pari­wisata, yakni memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga dan pengunjung di Bukittinggi. Mere­ka nyaman untuk ke WC karena bersih, mereka betah di Bukit­tinggi karena rasa aman dan nya­man, mereka nyaman belanja di pasar, dan dari segi lainnya,” jelas Ramlan.

Dalam program pem­ba­ngu­nan, Ramlan berencana tidak berpatok pada Anggaran Penda­patan Belanja Daerah (APBD), tapi juga akan merangkul pihak ketiga seperti investor. Tak hanya itu, Ramlan juga berencana untuk membangun kembali Islamic Center yang saat ini masih ter­bengkalai, agar Bukittinggi bisa menjadi kota religius.

Sesuai janjinya dalam kam­panye, dalam membangun Kota Bukittinggi, Ramlan tidak akan melayani pesanan dari seseorang atau kelompok tertentu dalam berbagai proyek pembangunan. Menurutnya, pembangunan akan lebih optimal, jika dikerjakan oleh yang berkompeten, bukan dari pesanan seseorang. ***

 

Oleh:
HASWANDI



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Agustus 2018 - 18:20:43 WIB

    Syafri, Perjalanan Tanpa Kaki yang Penuh Harapan

    Syafri, Perjalanan Tanpa Kaki yang Penuh Harapan Seorang lelaki senja tengah mengayuh sepeda di Kawasan Jati Kota Padang. Tangan sepeda buatan membantunya menyusuri dan tiap sudut Kota Padang. Syafri nama lelaki itu. Meski hidup dalam keterbatasan fisik, ia tetap menikmati .
  • Rabu, 14 Maret 2018 - 09:49:18 WIB

    Tumor Ganas Menghancurkan Harapan Mardiyusni

    Tumor Ganas Menghancurkan Harapan Mardiyusni Sudahlah jatuh, tertimpa tangga. Itulah nasib yang dialami Mardiyusni (48) atau biasa disapa Yus. Ibu beranak dua ini hanya bisa pasrah menanggung penyakit tumor ganas yang dideritanya sejak tahun 2014 lalu. Berobat ke dokter.
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 04:10:11 WIB

    Harapan dan Mimpi Baru

    Gerbong kabinet Joko Widodo (Jokowi) akhirnya sampai ke stasiun kedua untuk dilakukan perombakan. Selaku lokomotif, Jokowi-JK ingin menarik gerbong yang tentunya juga punya daya dorong untuk mencapai tujuannya. Beberapa peng.
  • Jumat, 15 April 2016 - 03:14:33 WIB

    Harapan Baru Nelayan Sumbar

    Sebuah harapan baru bagi kehidupan nelayan Sumbar terbersit ketika Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pu­jiastuti pasca meresmikan monumen Mer­pati Per.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM